Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024/2025 untuk S1

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024 -- Pendaftaran Beasiswa Pertamina, Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Pertamina Beasiswa Sobat Bumi untuk S1, Beasiswa Pertamina Foundation, Syarat Pendaftaran Pertamina Beasiswa Sobat Bumi, Pertamina Foundation. Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024/2025 untuk S1. Informasi ini diperuntukkan terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sarjana (S1) di Perguruan Tinggi. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Beasiswa menjadi salah satu alternatif untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan mahasiswa. Ada banyak sekali macam-macam beasiswa, salah satunya adalah Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi adalah program beasiswa dari Pertamina Foundation yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sarjana (S1) di Perguruan Tinggi.
Baca juga : Beasiswa Kuliah di PTN dan PTS
Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan kepada mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa cerdas yang mempunyai kepedulian serta berkontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial kemasyarakatan.

Oleh karena itu, bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, maka harus melakukan hal positif berupa melestarikan lingkungan sekitar dan memberdayakan sosial masyarakat. Sedangkan untuk mahasiswa kurang mampu maka harus dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Beasiswa Pertamina dibedakan menjadi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia Tengah dan Indonesia Barat yang menjadi Mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Sedangkan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur diberikan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi di Indonesia Timur yang menjadi mitra Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Bagi mahasiswa yang ini mendapatkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

A. Bentuk Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa yang diberikan berupa bantuan biaya kuliah (UKT) maksimal Rp 5.000.000,00 / semester dan bantuan biaya hidup Rp. 500.000,00 / bulan. 

Selain itu, penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan untuk kegiatan Aksi Sobat Bumi dan mendapatkan Training Peningkatan Kapasitas yang dilakukan secara regular.

B. Syarat Pendaftaran Umum
  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain yang sah dan masih berlaku.
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa / mahasiswi aktif atau tidak dalam masa cuti dari Perguruan Tinggi Negeri mitra PF, dibuktikan dengan scan / foto Kartu Mahasiswa.
  3. Mahasiswa pada semester berikut :
    • Mahasiswa S1 Semester V (lima). 
    • Untuk mahasiswa Indonesia Timur yaitu mahasiswa S1 Semester III (tiga).
  4. IPK dengan ketentuan :
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 3.00 (skala 4,00), dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang / fakultas/ universitas).
    • Untuk mahasiswa Indonesia Timur, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 2.75 (skala 4,00), dibuktikan dengan scan / foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang / fakultas / universitas).
  5. Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan tindak kriminal lainnya, didukung dengan surat pernyataan bermaterai.
  6. Mengisi formulir pendaftaran online pada  beasiswa.pertaminafoundation.org.
  7. Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
  8. Melampirkan / mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan / dibutuhkan.

C. Syarat Pendaftaran Khusus
  1. Menulis dan mengirim karya tulis dalam bentuk essay, dengan ketentuan:
    • Ditulis dalam 4 halaman kertas ukuran quarto (A4) dengan jarak antar baris 1,5 spasi. Tulisan disertai dengan foto kegiatan minimal 2 buah foto. 
    • Tema tulisan "Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku"
    • Substansi essay mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal / teknologi rendah, berkontribusi positif terhadap lingkungan, mempunyai dampak meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  2. Tidak sedang menerima beasiswa dari organisasi lainnya (Mengirimkan surat pernyataan diri tidak sedang menerima beasiswa lain. Surat Keterangan Asli & copy dari  fakultas / jurusan / bagian akademik perihal tidak sedang menerima beasiswa dibawa pada saat seleksi wawancara).
  3. Aktif dalam organisasi/ aksi sosial atau lingkungan, dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat rekomendasi dari tokoh / pengurus / pelaku organisasi lingkungan hidup, dan atau organisasi sosial kemasyarakatan.
  4. Bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi agar melampirkan scan/ foto surat keterangan tidak mampu dari Desa/ Kelurahan.
  5. Melampirkan scan/ foto Kartu Keluarga (KK).

F. Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
  1. Buka alamat : beasiswa.pertaminafoundation.org
  2. Klik tombol tombol Regisrasi di bagian atas atau tombol Daftar di bagian paling bawah
  3. Selanjutnya isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar
  4. Jika telah mengisi formulir dengan lengkap dan benar, silahkan klik submit
  5. Selanjutnya tunggu konfirmasi melalui email anda yang isinya berupa username dan password
  6. Setelah itu, login ke Aplikasi Beasiswa Sobat Bumi dengan menggunakan username dan password
  7. Silahkan melengkapi formulir dan dokumen pendaftaran, merubah profil dan lain-lain sesuai kebutuhan
  8. Setelah mengisi lengkap data tersebut, klik tombol save
  9. Selanjutnya akan mendapat email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu Proses Wawancara beserta membawa berkas yang dibutuhkan

Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur pendaftaran dilakukan melalui alamat http://beasiswaiit.pertaminafoundation.org/ dengan tata cara yang mirip tata cara di atas.

G. Tahapan Seleksi

Penerimaan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi meliputi tiga tahap seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi dan seleksi wawancara.

H. Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran dibuka sekitar bulan Oktober hingga November. Untuk lebih jelasnya bisa di cek di web resmi.

I. Daftar PTN Mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Airlangga
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Universitas Mulawarman
  7. Institut Teknologi Kalimantan
  8. Universitas Sumatera Utara
  9. Universitas Syiah Kuala
  10. Universitas Sriwijaya
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  12. Institute Pertanian Bogor
  13. Universitas Diponegoro
  14. Universitas Brawijaya
  15. Universitas Hassanudin

Perguruan Tinggi Mitra Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur
  1. Universitas Cenderawasih
  2. Universitas Pattimura Ambon 
  3. Universitas Teknologi Sumbawa


Itulah informasi tentang Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Untuk informasi lain yang anda butuhkan bisa anda baca langsung di web Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Demikianlah informasi tentang Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk S1. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda dan admin mendoakan semoga anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih dan sampai baca juga informasi lainnya yang ada di web ini.