Biaya Kuliah PNJ 2024/2025 (Politeknik Negeri Jakarta)

Biaya Kuliah PNJ 2024 -- Info Biaya Kuliah PNJ, Biaya Pendidikan PNJ, Biaya UKT PNJ Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Biaya SPP PNJ, Biaya Studi PNJ, UKT PNJ, Biaya Kuliah Diploma III / Diploma IV PNJ, Biaya Kuliah Per Semester PNJ, Rincian Biaya Kuliah Politeknik Negeri Jakarta. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah PNJ 2024/2025 (Politeknik Negeri Jakarta). Informasi ini disampaikan terutama bagi calon mahasiswa baru PNJ. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Politeknik Negeri Jakarta atau yang sering disebut dengan PNJ adalah salah satu Politeknik Negeri ternama di Indonesia yang berada di Jakarta yaitu di areal kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah didirikan pada 20 September 1982.

Dengan visi tersebut, tentunya PNJ akan terus berupaya mengembangkan pendidikan dan sarana-sarana penunjang agar semakin maju dan akhirnya bisa mencapai visi yang diharapkan tersebut.

Bagi anda yang berkeinginan untuk kuliah di PNJ, maka silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti jalur seleksi mahasiswa baru yang dibuka oleh PNJ. Jalur-jalur tersebut yaitu :
  • Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Kerjasama, dan Jalur Mandiri

Setelah melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi, maka selanjutnya tinggal menunggu hasil seleksi (pengumuman kelulusan).

Ketika anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru PNJ.

Pada saat melakukan pendaftaran ulang, ada salah satu data penting yang harus anda isi dengan jujur, lengkap, dan benar. Data penting tersebut yaitu data penghasilan orang tua anda.

Mengapa data tersebut dikatakan penting? karena data tersebut akan dijadikan dasar penentuan besarnya biaya kuliah yang harus anda bayar setiap semester.

Perlu diketahui bahwa dalam menentukan besarnya kecilnya biaya kuliah, PNJ telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarnya didasarkan pada tingkat kemampuan orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

UKT di PNJ dibedakan menjadi VIII kelompok yaitu UKT I sampai UKT VIII. UKT I dan UKT II untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah dan juga mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Mahasiswa baru yang ingin mendapatkan UKT I atau UKT II harus mengajukan ke pihak kampus dengan menyerahkan persyaratan sesuai ketentuan. Kemudian pihak kampus akan melakukan pengumpulan data, melakukan wawancara, dan jika memungkinkan akan melakukan survey ke rumah anda.

Jika anda dapat memenuhi kriteria yang ditentukan oleh PNJ dan layak untuk mendapatkan UKT I atau UKT II, maka anda akan dinyatakan lulus seleksi dan anda akan mendapatkan UKT I atau UKT II.

Mahasiswa yang menerima UKT I atau UKT II kuliahnya gratis karena biaya UKT tersebut telah ditanggung oleh Pemerintah. Tapi ingatlah, anda harus bisa lulus kuliah dengan tepat waktu karena itulah salah satu ketentuannya.

Untuk UKT III sampai UKT VIII besarnya bervariasi tergantung dengan program studi pilihan anda. Berikut ini admin berikan informasi UKT PNJ selengkapnya. 

Rincian UKT PNJ


Sumber gambar : http://penerimaan.pnj.ac.id

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di PNJ
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Informasi Terkait : Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Biaya Kuliah PNJ (Politeknik Negeri Jakarta). Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran awal terutama bagi calon mahasiswa baru PNJ.

Terima kasih atas kunjungan anda dan mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi biaya kulih disini. Cukup sekian dan salam sukses.