Biaya Kuliah UNIMED 2024/2025 (Universitas Negeri Medan)

Biaya Kuliah UNIMED 2024 -- Info Biaya Kuliah UNIMED, Biaya Pendidikan UNIMED, Biaya UKT UNIMED, Biaya SPP UNIMED, Biaya Studi UNIMED, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNIMED, Biaya Kuliah Per Semester UNIMED, Biaya Kuliah Universitas Negeri Medan. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UNIMED 2024/2025 (Universitas Negeri Medan). Informasi ini disampaikan sebagai gambaran awal bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNIMED. Mari sima informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UNIMED atau Universitas Negeri Medan adalah Universitas Negeri yang terletak di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia, tepatnya berada di Jl. Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung. Universitas Negeri Medan (UNIMED) talh didirikan pada tanggal 23 Juni 1963.

Pada setiap tahun ajaran baru, UNIMED selalu melakukan penerimaan mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan melalui jalur nasional yaitu SNBP dan SNBT, dan juga jalur mandiri yag dikenal dengan SPMB UNIMED.

Jika anda ingin kuliah di UNIMED, maka anda harus mengikuti jalur-jalur tersebut dan harus bisa lulus seleksi. Ketika anda dinyatakan lulus seleksi masuk UNIMED, maka selanjutnya anda harus melakukan pendaftaran ulang.

Pada saat melakukan pendaftaran ulang, banyak sekali data-data yang harus anda isi. Salah satu data penting yang harus anda isi dengan jujur dan benar adalah data penghasilan orang tua anda.

Data penghasilan orang tua tersebut berguna sebagai dasar penentuan besarnya biaya kuliah dari masing-masing mahasiswa.

Sejak tahun ajaran 2013/2014 yang lalu, UNIMED telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam pembayaran biaya kuliah yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru S1 dan D-3 Reguler

Dalam UKT telah mencakup semua biaya mahasiswa selama 1 semester. Jadi dalam semester tersebut tidak ada lagi biaya lain yang dibebankan kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan di UNIMED.

Nominal UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa besarnya tetap. Misalnya pada semester 1, UKT yang anda bayar sebesar Rp. 1.600.000,-, maka UKT untuk tiap semester berikutnya besarnya yaitu Rp. 1.600.000,-.

Bagi anda yang merasa ada ktidak sesuaian pembayaran UKT, dalam hal ini anda membayar UKT terlalu besar, maka anda dapat mengajukan penurunan UKT dengan mengikuti prosedur yang berlaku. Informasi penurunan UKT ini dapat anda tanyakan langsung di bagian administrasi keuangan UNIMED.

Biaya Kuliah UNIMED Jalur SNBP dan SNBT

Kategori UKT

Besarnya tarif UKT UNIMED dibedakan menjadi 5 kategori yaitu :
  • Kategori tidak mampu Rp. 500.000,-, 
  • Kategori tidak mampu Rp. 750.000,-, 
  • Kategori cukup mampu Rp. 1.050.000,-
  • Kategori mampu Rp. 1.250.000,-
  • Kategori sangat mampu Rp. 1.600.000,-.

Kategori Pengklarifikasian


Sumber gambar : http://spmb.unimed.ac.id

Rencana Besaran UKT Tiap Kategori


Sumber gambar : http://spmb.unimed.ac.id

Biaya Kuliah Jalur Mandiri

Mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur mandiri maka biaya kuliahnya ditentukan seperti berikut ini :
  • Uang kuliah Rp. 5.500.000 s.d. Rp. 8.000.000 (tergantung prodi yang dipilih)
  • Uang penyertaan (pilihan Rp. 15.000.000 s.d. Rp. 40.000.000)
  • Untuk 4 prodi (Teknik Elektro, seni Pertunjukan, D3 Teknik Mesin dan D3 teknik Bangunan) tidak termasuk ketentuan biaya diatas, namun mengikuti ketentuan UKT Reguler.

Bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah. KIP Kuliah diusulkan sejak awal penerimaan mahasiswa baru. Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Baca selengkapnya : Biaya Kuliah Jalur KIP Kuliah

Jika nanti anda mendapatkan KIP Kuliah, maka biaya kuliah anda akan ditanggung oleh Pemerintah sehingga anda bisa kuliah secara gratis. Selain itu, anda juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Catatan :
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNIMED
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UNIMED

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah UNIMED (Universitas Negeri Medan). Mudah-mudah informasi ini dapat memberikan gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di UNIMED. Jika ada perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web UNIMED.

Admin mengucapkan terima kasih kepada para pecinta web biayakuliah.web.id ini yang selalu berkunjung setiap hari. Sekian info dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.