Selamat Datang di web www.biayakuliah.web.id. Temukan informasi yang anda butuhkan terutama mengenai biaya kuliah PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, Poltekkes, dan lain sebagainya, serta Informasi Beasiswa Kuliah. Anda dapat menemukan informasi tersebut dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia atau mencari dengan cara lainnya. Mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah dan beasiswa kuliah di web ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses selalu dari admin.

Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi 2017/2018

Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi 2017 -- Info Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi, Beasiswa Bidikmisi, Biaya UKT Bidikmisi Diploma / Sarjana, Biaya Studi Jalur Bidikmisi, Biaya Pendidikan Jalur Bidikmisi, Biaya Kuliah Per Semester Jalur Bidikmisi, bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi 2017/2018. Informasi ini utamanya ditujukan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin mendapatkan Bidikmisi. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Biaya kuliah menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang ingin kuliah atau ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Bagi orang tua yang memiliki berpenghasilan besar, maka mahalnya biaya kuliah tidak akan menjadi masalah. Seberapapun mahalnya biaya kuliah, maka orang tua tersebut akan tetap mengijinkan anaknya untuk kuliah.

Sedangkan untuk orang tua yang memiliki penghasilan sedang atau kurang, maka mahalnya biaya kuliah menjadi kendala besar. Anaknya yang pada awalnya ingin kuliah dapat terkendala karena biaya kuliah yang tidak memadai.

Pemerintah melalui Ristek Dikti berusaha untuk menangani masalah atau kendala untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah. Pemerintah menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki minat yang kuat untuk kuliah di Perguruan Tinggi.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, semuanya dapat kuliah secara gratis sampai selesai dengan tepat waktu. Selain itu, penerima Bidikmisi juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Sebenarnya untuk mahasiswa penerima Bidikmisi tetap harus membayar biaya kuliah yang besarnya ditetapkan oleh masing-masing PTN atau PTS. Namun pada kenyataannya biaya kuliah tersebut telah dibayar oleh Pemerintah melalui biaya Bidikmisi.

Jika anda ingin mendapatkan Bidikmisi, maka anda harus melakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratannya terlebih dahulu.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  5. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  6. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk : SNMPTN, SBMPTN atau Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Jika anda bisa memenuhi persyaratan Bidikmisi tersebut, maka selanjutnya mendaftar Bidikmisi dengan tata cara seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Sekolah
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui alamat : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah
  2. Pada halaman yang telah dibuka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
    • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
    • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  3. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  4. Ditjen Belmawa akan memverifikasi pendaftaran dalam waktu sekitar 1 x 24 jam.
  5. Setelah diverifikasi, Sekolah bisa login ke alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan calon peserta Bidikmisi.
  6. Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  7. Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
  8. Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.

Tata Cara Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Siswa
  1. Buka alamat pendaftaran Bidikmisi siswa, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa
  2. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah diperoleh dari sekolah
  3. Kemudian peserta Bidikmisi mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri anda, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  5. Peserta yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTS, Bidikmisi UT,atau Bidikmisi ISI.

Itulah tata cara pendaftaran Bidikmisi yang dapat anda ikuti. Jika anda nanti dinyatakan lulus seleksi dan berhak mendapatkan Bidikmisi, maka anda bisa menggunakan biaya Bidikmisi tersebut untuk membayar biaya kuliah.

Informasi selengkapnya silahkan baca pada artikel Bidikmisi untuk Calon Mahasiswa Baru

Pada Perguruan Tinggi Negeri, biaya kuliah jalur reguler telah ditetapkan melalui Uang Kuliah Tunggal (UKT), dimana UKT tersebut dibayar satu kali setiap awal semester yang besarnya didasarkan pada penghasilan orang tua dari mahasiswa.

Untuk mahasiswa penerima Bidikmisi, biaya UKT anda telah dibayar oleh Pemerintah, sehingga anda tidak perlu lagi memikirkan mengenai biaya UKT.

Hal penting yang perlu anda pikirkan dan lakukan adalah menjalani kuliah dengan baik agar bisa selesai dengan tepat waktu. Mengapa demikian? karena biaya UKT ini hanya diberikan sampai 8 semester untuk jenjang Sarjana dan untuk jenjang Diploma III hanya sampai 6 semester. Jika selesai kuliah lebih dari semester tersebut, maka tidak ada lagi bantuan dari Pemerintah.

Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini yaitu jika anda lulus seleksi jalur Bidikmisi, maka anda bisa kuliah di Perguruan Tinggi dengan gratis karena biaya kuliah anda telah ditanggung oleh Pemerintah melalui biaya Bidikmisi.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tentang Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi yang telah admin rangkai untuk anda dapat memberikan pencerahan.

Admin mengucapkan terima kasih kepada anda pengunjung setia web biayakuliah.web.id yang setiap saat selalu berkunjung untuk membaca informasi. Mari kita belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi orang hebat di masa depan. Amin. Berikan (G+1) dan like untuk artikel ini.