Biaya Kuliah UNS 2024/2025 (Universitas Sebelas Maret)

Biaya Kuliah UNS 2024 -- Info Biaya Kuliah UNS, Biaya Pendidikan UNS, Biaya UKT UNS, Biaya SPP UNS, Biaya Studi UNS, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNS, Biaya Kuliah Per Semester UNS, Rincian Biaya Kuliah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UNS 2024/2025 (Universitas Sebelas Maret). Informasi ini disampaikan sebagai gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di UNS. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UNS atau Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Ketika anda akan melanjutkan pendidikan ke UNS, tentunya anda perlu memperhatikan beberapa pertimbangan, diantaranya yaitu program studi dan biaya kuliah.

A. Program Studi UNS

Adanya program studi di Perguruan Tinggi menjadi salah satu pertimbangan ketika akan kuliah di Perguruan Tinggi tersebut. Namun ketika anda akan kuliah di UNS, anda tidak perlu berpikir panjang karena pilihan program studi anda ada disini.

UNS memiliki banyak sekali pilihan program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa ketika akan melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Program studinya cukup banyak, baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis, maupun jenjang Doktor.

Setelah anda mengetahui dan menentukan pilihan program studi di UNS. Maka anda sekarang perlu mengetahui berapa biaya kuliah yang harus dikeluarkan ketika kuliah di UNS dengan memilih program studi tersebut. Berikut informasinya.

B. Biaya Kuliah UNS

Biaya kuliah di UNS mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dimana biaya kuliah UNS telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Besarnya UKT didasarkan pada penghasilan orang tua. Jika penghasilan orang tua anda besar, maka UKT yang harus anda bayar berada pada kategori tinggi, sedangkan jika penghasilan orang tua anda kecil, maka UKT yang harus anda bayar juga berada pada kategori rendah.

Informasi besar kecilnya penghasilan orang tua anda didapatkan ketika anda melakukan pendaftaran ulang setelah anda dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur yang anda ikuti.

Untuk mahasiswa yang kuliah jenjang Sarjana atau Diploma yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

KIP Kuliah diusulkan sejak awal penerimaan mahasiswa baru. Anda harus diusulkan oleh pihak sekolah untuk mendafta KIP Kuliahi ini. Informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ana baca pada artikel Biaya Kuliah Jalur KIP Kuliah.

Jika anda nanti bisa mendapatkan KIP Kuliah, maka biaya UKT anda akan ditanggung oleh Pemerintah, sehingga anda tidak akan dikenakan biaya UKT selama kuliah. Bukan hanya itu, anda juga akan mendapatkan uang saku setiap bulan.

UKT UNS diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana yang besarnya dibedakan ke dalam beberapa kelompok mulai dari kelompok I hingga kelompok VIII. Untuk penerima KIP Kuliah UKT-nya berada ada kelompok tersendiri yang telah dibayarkan oleh Pemerintah selama masa studi normal.

Berikut ini admin berikan daftar UKT UNS jenjang Diploma dan Sarjana

UKT Jenjang Diploma UNS


Sumber gambar : http://spmb.uns.ac.id

UKT Jenjang Sarjana UNS


Sumber gambar : http://spmb.uns.ac.id

Itulah daftar biaya kuliah UNS dari jenjang Diploma dan Sarjana. Jika anda anda berniat kuliah di UNS, maka anda harus mempersiapkan biaya kuliah dengan besar sesuai keterangan di atas.

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan mengenai biaya kuliah UNS silahkan baca di website resminya. 
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNS
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UNS

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampakan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah UNS (Universitas Sebelas Maret). Semoga informasi ini dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya. Sekian dari admin, dan salam sukses selalu untuk kita semua.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.