Biaya Kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya 2024/2025

Biaya Kuliah UINSA Surabaya 2024 -- Info Biaya Kuliah UINSBY Surabaya, Biaya Pendidikan UIN Sunan Ampel Surabaya, UKT UIN Sunan Ampel Surabaya, Biaya SPP UINSA Surabaya, Biaya Studi UINSA Surabaya, Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UIN Surabaya, Biaya Kuliah Per Semester UINSA Surabaya, Rincian Biaya Kuliah UINSBY Surabaya. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mari simak infomasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UIN Sunan Ampel Surabaya adalah salah satu Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia yang tepatnya terletak di JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237.

Bagi anda yang ingin kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya, maka ada salah satu hal yang perlu anda ketahui yaitu Biaya Kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Biaya kuliah menjadi salah satu pertimbangan oleh seseorang ketika ingin kuliah di Perguruan Tinggi manapun. Dengan mengetahui besarnya biaya kuliah, maka seseorang bisa mempersiapkannya sejak sekarang.

Biaya Kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 96 Tahun 2013 tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Agama Negeri di lingkungan Kemenag.

Dengan kata lain bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam menentukan besarnya biaya kuliah mahasiswa baru.

Mungkin anda masih bingung apa itu UKT? Dalam bahasa yang sederhana UKT adalah besarnya biaya kuliah yang ditanggung oleh mahasiswa yang levelnya disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Jika penghasilan orang tua tinggi, maka UKT nya berada di level tinggi, dan jika penghasilan orang tua rendah, maka UKT nya berada pada level rendah.

UKT mahasiswa dibayar hanya pada tiap awal semester baru saja. Besarnya UKT sama sejak awal semester I hingga semester akhir.

UKT UIN Sunan Ampel Surabaya hanya berlaku bagi mahasiswa baru jenjang Sarjana yang diterima melalui jalur seleksi nasional yaitu jalur SNBP, SPAN-PTKIN, SNBT, dan UM-PTKIN. Sedangkan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur seleksi mandiri, besarnya biaya kuliah ditentukan sendiri oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dan biasanya akan lebih mahal.

Pengelompokan UKT UIN Sunan Ampel Surabaya :
  • UKT Kelompok I untuk mahasiswa dari keluarga berkemampuan rendah
  • UKT Kelompok II untuk mahasiswa dari keluarga berkemampuan rata-rata
  • UKT Kelompok III untuk mahasiswa dari keluarga berkemampuan tinggi

Keterangan : kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan dibidang ekonomi (penghasilan).

Dalam rangka penentuan level UKT, maka mahasiswa baru diharapkan menyerahkan berkas-berkas pendukung serta formulir isian tentang penghasilan orang tua. 

Anda harus jujur dalam mengisi data-data serta penyerahan berkas-berkas tersebut karena apabila dikemudian hari ditemukan kepalsuan, maka level UKT anda akan ditinjau ulang.

Dalam menentukan level UKT mahasiswa baru, panitia akan meninjau berkas-berkas persyaratan UKT mahasiswa baru seperti raport, ijazah dan prestasi-prestasi, kemudian kemampuan keagamaan dan yang terakhir verifikasi UKT berupa rekening listrik, gaji orang tua, rumah, tanggungan anak yang masih sekolah dan sebagainya.

Dengan demikian, diharapkan nantinya akan didapatkan level UKT tiap tiap mahasiswa yang adil sesuai dengan tingkat penghasilan orang tua masing-masing.

Untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi. Baca informasi lebih lanjut pada artikel Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi dan untuk informasi pendaftaran silahkan baca di web resmi UINSA. Sedangkan untuk mahasiswa asing, maka biaya kuliahnya ditentukan sendiri oleh UINSA.

Berikut ini admin berikan daftar rincian UKT mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rincian UKT UIN Sunan Ampel Surabaya

UKT Program Sarjana Jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN

Level UKT berikut berlaku untuk semua program studi jenjang Sarjana di UIN Sunan Ampel Surabaya. Besar kecilnya nominal UKT tergantung pilihan program studi. Berikut nominal UKT terendah hingga tertinggi pada tiap level UKT.
  • UKT I   = Rp. 0 - 400.000
  • UKT II  = Rp. 400.000 - 1.800.000
  • UKT III = Rp. 1.800.000 - 2.900.000

Biaya Kuliah Program Magister

Biaya kuliah terdiri dari : Biaya Pendaftaran dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Tidak ada biaya lain-lain.
  1. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Program  Magister (S2) Kelas Reguler sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) persemester sampai selesai studi / wisuda.
  2. Program Magister (S2) Kelas Khusus Rp. 6.500.000,- (Enam Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) persemester sampai selesai studi / wisuda.

Biaya Kuliah Program Doktor

Biaya kuliah terdiri dari : Biaya Pendaftaran dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Tidak ada biaya lain-lain.
  1. Program Doktor (S3) Kelas Reguler Rp. 11.250.000,- (Sebelas Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) persemester sampai selesai studi / wisuda.
  2. Program Doktor (S3) Kelas Khusus Rp. 12.750.000,- (Dua Belas Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) persemester sampai selesai studi / wisuda

Itulah rincian biaya kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca langsung di web resmi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Informasi beasiswa silahkan baca pada artikel berikut : Beasiswa Kuliah UINSA

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Biaya Kuliah UIN Sunan Ampel Surabaya. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan gambaran awal terutama untuk calon mahasiswa baru. Cukup sekian informasi dari admin dan mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah di web ini.