Biaya Kuliah USU 2024/2025 (Universitas Sumatera Utara)

Biaya Kuliah USU 2024 -- Info Biaya Kuliah USU, Biaya Pendidikan USU, Biaya UKT USU, Biaya SPP USU, Biaya Studi USU, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana USU, Biaya Kuliah Per Semester USU, Biaya Kuliah Universitas Sumatera Utara, USU. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Biaya Kuliah USU 2024/2025 (Universitas Sumatera Utara). Informasi ini ditujukan terutama bagi anda yang ingin kuliah di USU. Mari simak informasinya berikut ini. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

USU atau Universitas Sumatera Utara adalah salah satu Universitas Negeri yang ada di Sumatera Utara yang merupakan salah satu Univeristas tertua di Sumatera Utara yang telah didirikan sejak 4 Juni 1952 sebagai Yayasan Universitas Sumatera Utara yang kemudian terus mengalami perkembangan hingga seperti saat ini.

Bagi anda yang ingin kuliah di USU, maka anda bisa mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USU. Jalur-jalur tersebut yaitu : jalur SNBP, SNBT, serta jalur mandiri.

Melalui salah satu jalur di atas, maka anda bisa masuk ke USU dengan di awali dari proses pendaftaran, proses seleksi, dan akhirnya melihat pengumuman kelulusan.

Pada saat melakukan pendaftaran, calon mahasiswa diwajibkan melakukan form secara online dengan mengisi sejumlah data-data pendaftaran. Salah satu data pendaftaran yang harus di isi yang berkaitan dengan penentuan besarnya biaya pendidikan yaitu data penghasilan orang tua.

Sejak tahun 2013, USU telah menerapkan sistem pembayaran biaya pendidikan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan UKT ini, setiap mahasiswa yang cukup membayar biaya pendidikan satu kali pada tiap awal semester baru, tanpa perlu membayar uang pangkal / biaya gedung, biaya praktek/lab dll. Hal tersebut dapat memudahkan proses pembayar biaya pendidikan di USU.

Pembayaran UKT dimulai ketika mahasiswa baru dinyatakan lulus seleksi melalui jalur yang diikutinya. Pada saat itu, mahasiswa baru terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran sesuai dengan data yang di isi pada saat melakukan pendaftaran awal sebagai calon mahasiswa baru.

Data-data / berkas yang dikumpulkan khususnya mengenai penghasilan orang tua dari calon mahasiswa harus sesuai dengan data-data yang diisikan pada saat melakukan pendaftaran.

Apabila data-data / berkas yang dikumpulkan tidak sesuai dengan data-data yang di isi pada saat pendaftaran, maka mahasiswa baru tersebut akan mendapatkan sanksi dari panitia USU. Maka dari itu, anda harus jujur dan teliti dalam melakukan pengisian data pendaftaran sehingga data / berkas yang dikumpulkan bisa sesuai.

Perlu diketahui bahwa penetapan UKT di USU didasarkan pada penghasilan orang tua anda. Apabila jumlah penghasilan orang tua anda besar, maka UKT yang harus anda bayar berada pada level tinggi, sedangkan jika jumlah penghasilan orang tua anda kecil / rendah, maka UKT yang harus dibayar pada kelompok rendah / yang sesuai. Selain itu, UKT di USU berlaku untuk jalur seleksi masuk SNBP dan SNBT.

Berikut admin berikan besarnya UKT tiap Fakultas / Program Studi pada jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana yang ada di USU.

A. UKT Diploma dan Sarjana USU Jalur Seleksi Masuk SNBP / SNBT


Sumber gambar : http://dtm.usu.ac.id

B. UKT Diploma dan Sarjana USU Jalur Seleksi Mandiri

Untuk biaya kuliah USU jalur mandiri diatur tersendiri oleh pihak kampus USU. Berikut daftar biaya kuliah USU jalur mandiri.


Keterangan :
  • Nilai / besaran SPP berlaku untuk tiap semester
  • DKA dibayar hanya sekali saat masuk kuliah di semester 1

Sumber : https://penerimaan.usu.ac.id/

Penting!!!
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di USU
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin bagikan untuk anda tentang Biaya Kuliah USU (Universitas Sumatera Utara). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan terutama yang ingin kuliah di USU.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.