Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2024/2025

Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2024 -- Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud, Beasiswa Mahasiswa Asing, Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan / Pagelaran, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi mahasiswa, pegawai, masyarakat, dan lain-lain sesuai ketentuan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Kesulitan ekonomi terkadang bisa menghalangi seseorang untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Maka dari itu, diperlukan suatu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beasiswa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan ekonomi yang di alami oleh seseorang untuk menempuh atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan adanya beasiswa, diharapkan dapat meringankan beban kuliah dan beban hidup selama menempuh pendidikan sehingga bisa lebih berprestasi.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Meraih Insan Cerdas dan Kompetitif yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia seperti guru, pegiat sosial, seniman, siswa / mahasiswa berprestasi dan atlet peraih medali.

Prioritas utama Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini diberikan bagi kalangan Mahasiswa Berprestasi untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada banyak sekali Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang akan diberikan bagi putra-putri Indonesia, yaitu :
  1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi
  2. Beasiswa Pegawai Kemendikbud
  3. Beasiswa Mahasiswa Asing
  4. Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga
  5. Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran

Dari kelima macam Beasiswa Unggulan Kemendikbud di atas, silahkan anda pilih salah satu saja yang sesuai dengan prestasi yang anda miliki atau sesuai aktivitas dan kreativitas yang anda lakukan.

Berikut ini admin berikan penjelasan dari masing-masing Beasiswa Unggulan Kemendikbud di atas. Ayo simak dengan baik.

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Program Beasiswa Unggulan dalam negeri dan luar negeri (Beasiswa Masyarakat Berprestasi) merupakan upaya Kemendikbud dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik untuk guru, pegiat sosial, seniman, siswa / mahasiswa berprestasi, dan atlet peraih medali olimpiade Internasional, Juara tingkat nasional dan internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olah raga, guru berprestasi dalam berbagai bidang, pegawai / karyawan yang berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan direkomendasikan oleh atasannya, serta pegiat sosial.

Prioritas utama program Beasiswa Masyarakat Berprestasi diperuntukan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan atau Doktor (S3) pada perguruan tinggi minimum terakreditasi B dan program studi terakreditasi A.

2. Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Tujuan dari Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah untuk Pembinaan Karir Pegawai dalam rangka menyiapkan profesional untuk menjadi lokomotif kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.

3. Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa Mahasiswa Asing ditujukan untuk Mahasiswa jenjang pendidikan Magister (S2) dan Doctoral (S3) di Indonesia dan bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia pada bidang pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya.

4. Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga

Program Beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga adalah program beasiswa kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga yang bertujuan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Peningkatan Kualitas dan Profesionalitas Guru.

Program Beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga diperuntukan bagi Guru untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Magister (S2) pada Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanuddin dengan program studi terakreditasi A pada Fakultas Ekonomi.

5. Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran

Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran diberikan kepada peneliti, penulis, pencipta, seniman / budayawan,  wartawan, olahragawan, tokoh serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai aktivitas dan kreativitas yang dilaksanakan. 

6. Beasiswa Unggulan 3T 

Beasiswa Unggulan 3T merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa yang berasal dari daerah 3T sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019. (Daftar Daerah 3T).

Beasiswa Unggulan 3T dipergunakan untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan/atau Doktor (S3) pada perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.


Itulah penjelasan singkat mengenai macam-macam Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang dikutip dari website resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Untuk penjelasan secara rinci dari masing-masing beasiswa di atas bisa langsung dibaca di website resmi.

Selanjutnya pahami alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud berikut ini.

Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Untuk yang belum memiliki akun :
  • Buka alamat : beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  • Klik tombol Daftar Online
  • Kemudian akan masuk ke halaman baru : buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  • Klik tombol Registrasi
  • Kemudian isi data pendaftaran secara lengkap dan benar
  • Jika sudah mengisi data, lalu klik tombol Register
  • Tunggu konfirmasi selanjutnya melalui email anda.

Untuk yang telah memiliki akun (email dan password) :
  • Buka alamat : buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  • Klik tombol Login
  • Silahkan masukkan alamat email dan password anda
  • Kemudian lengkapi data pendaftaran anda
  • Ikuti petunjuk berikutnya sesuai yang diperintahkan

Itulah alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. Terima kasih telah membac artikel ini. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.