Daftar Beasiswa 2018/2019 untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen

Daftar Beasiswa untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen 2018  -- Daftar Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa & Mahasiswa D3, D4, S1, S2, S3. Daftar Beasiswa Untuk Pelajar (Siswa) SD, SMP, SMA, sederajat, Daftar Beasiswa Untuk Calon Dosen dan Dosen, Beasiswa Dalam Negeri dan Beasiswa Luar Negeri, Syarat & Cara Daftar Beasiswa Secara Online, Beasiswa Kuliah. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Daftar Beasiswa 2018/2019 untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen. Informasi ini ditujukan bagi para pelajar, calon mahasiswa, ataupun mahasiswa lama yang telah berada di beberapa semester. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


Salah salah bentuk kepedulian pemerintah, perusahaan, dan pihak kampus dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia dan memudahkan para calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi yaitu dengan memberikan beasiswa. Selain itu, diberi pula apreasisi bagi mahasiswa / pelajar berprestasi dengan memberikan beasiswa prestasi. Dan juga untuk calon  Dosen diberi pula beasiswa untuk meringankan beban biaya kuliah dan biaya hidup selama menempuh pendidikan.

Banyak sekali jenis-jenis beasiswa yang bisa dipilih oleh pelajar, calon mahasiswa, mahasiswa, calon dosen, dan dosen yang ingin dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Dengan adanya beasiswa ini, maka diharapkan dapat meringankan beban biaya kuliah dan biaya hidup selama menempuh pendidikan. Selain itu, dengan mendapatkan beasiswa ini pula, pelajar / mahasiswa / dosen bisa semakin berprestasi lebih baik lagi.

Nah, berikut ini admin berikan ringkasan Daftar Beasiswa Untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen . Silahkan disimak dan lanjutkan bacaan pada artikel yang disarankan.

1. Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau disingkat dengan nama LPDP adalah lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan,

Beberapa di antara prioritas yang menjadi fokus LPDP antara lain; teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.

Jenis-jenis Beasiswa LPDP :

a. Beasiswa Magister dan Doktor

Beasiswa Magister dan Doktor adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

Sasaran Bidang Ilmu Program Magister dan Doktoral, sesuai prioritasnya, adalah sebagai berikut:
  • Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Pertanian, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Pendidikan, Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa.

Bacaan Lanjutan : Beasiswa Magister dan Doktor

b. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi diberikan bagi putra-putri Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa dalam berbagai kompetisi ditingkat Internasional tetapi tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kelompok masyarakat berprestasi yang berasal dari keluarga miskin termasuk juga lulusan penerima Bidikmisi.

Sasaran dari BPI Afirmasi :
  • Masyarakat yang berasal dari daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal.
  • Masyarakat yang sedang mengabdikan diri pada institusi pemerintahan di daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal.
  • Alumni penerima beasiswa Bidikmisi.
  • Masyarakat berprestasi dari keluarga miskin.
  • Individu yang berprestasi dalam bidang Olimpiade Sains, Teknologi, Olah Raga dan Seni/ Budaya di tingkat Nasional maupun Internasional.

c. Beasiswa Dokter Spesialis

Beasiswa Dokter Spesialis adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program spesialis di Perguruan Tinggi di dalam negeri.

Sasaran bidang ilmu Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, sesuai prioritasnya adalah sebagai berikut:
  • Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan),
  • Spesialis Anak,
  • Spesialis Penyakit Dalam,
  • Spesialis Anastesiologi,
  • Spesialis Bedah,
  • Spesiais Radiologi,
  • Patologi Klinik,
  • Rehabilitasi Medik.

d. Beasiswa Lanjutan

Beasiswa Lanjutan adalah beasiswa yang diberikan kepada Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) yang telah lulus dari program Magister untuk melanjutkan ke jenjang Doktoral melalui pembiayaan LPDP tanpa melalui proses seleksi secara reguler dan mengikuti Persiapan Keberangkatan (PK).

Sasaran pendaftar Beasiswa Lanjutan adalah para dosen, peneliti, aparatur sipil negara, TNI, Polri, dan Profesional untuk penguatan institusi serta fresh graduate yang memiliki penelitian yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan pembangunan Indonesia.

e. Beasiswa Tesis Disertasi

Beasiswa Tesis Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri.

Sasaran program :
  • Mahasiswa Magister yang tesisnya berbasis riset (research based) dan Doktoral dari Perguruan Tinggi dalam negeri atau Perguruan Tinggi luar negeri; dan
  • Topik penelitian termasuk dalam kategori riset unggulan dan / atau prioritas pemerintah namun tidak memiliki sumber pendanaan dalam menyelesaikan tesis dan disertasinya.

Bacaan lanjutan : Beasiswa Tesis dan Disertasi

2. Beasiswa Dikti

Beasiswa Dikti merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti. Beasiswa tersedia untuk Dosen, Calon Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Beberapa Beasiswa yang di selenggarakan oleh Dikti yaitu :
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri
  • Pendidikan Magiser Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul

Keterangan penting lainnya yang dibutuhkan dapat dibaca pada artikel Beasiswa Dikti

3. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation. Djarum Beasiswa Plus ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimum 3.00 pada semester III.

Informasi lainnya silahkan baca di artikel : Beasiswa Djarum Plus

4. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa ini diberikan oleh Tanoto Foundation sebagai wujud kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Beasiswa Tanoto Foundation ditujukan bagi mahasiswa S1 dan S2 yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri mitra Tanoto Foundation.

Bagi mahasiswa S1, usia maksimum 21 tahun pada saat pendaftaran dan memiliki IPK terakhir minimum 3.00 (skala 4.00). Sedangkan bagi mahasiswa S2, Usia maksimum 40 tahun pada saat pendaftaran dan memiliki IPK Program S1 minimum 3.25 (skala 4.00).

Infomasi lengkap dapat di baca di artikel : Beasiswa Tanoto Faundation

5. Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa Unggulan Kemdikbud ditujukan bagi insan Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi dalam dan / atau luar negeri sesuai dengan Permendikbud No. 95 Tahun 2013.

Beberapa jenis beasiswa unggulan kemdikbud diantaranya yaitu Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud, dan Beasiswa Mahasiswa Asing.

Informasi lebih lanjut baca di artikel : Beasiswa Unggulan Kemdikbud

6. Beasiswa DataPrint

Beasiswa DataPrint ditujukan bagi pelajar / mahasiswa aktif dari tingkat SMP / SMA hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3 / D4 / S1.

Transkrip nilai atau fotokopi raport merupakan berkas persyaratan beasiswa yang harus dikirimkan  / diserahkan pada panitia. Berkas tersebut harus dilegalisir dari kampus / sekolah.

Pastikan anda telah membeli produk DataPrint karena didalamnya ada kode kupon yang akan digunakan saat pengisian data pendaftaran beasiswa DataPrint.

Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel berikut : Beasiswa DataPrint

7. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Beasiswa BUDI ini diselenggarakan oleh Kementerian Ristek Dikti untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam ataupun luar negeri.

Beasiswa ini ada beberapa macam yaitu : Beasiswa Magister Dalam Negeri, Beasiswa Doktor Dalam Negeri, dan Beasiswa Doktor Luar Negeri. Informasi lebih lanjut silahkan baca di artikel Beasiswa BUDI

8. Beasiswa OSC Metro TV

Beasiswa OSC Mero TV  merupakan beasiswa untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi jenjang Sarjana (S1). Pemberian beasiswa dari awal masuk hingga lulus. Informasi lebih lanjut silahkan baca di Beasiswa OSC Metro TV.

9. Beasiswa PPA dan BBP PPA

Beasiswa PPA diberikan bagi mahasiswa berprestasi jenjang D3, D4, dan S1, sedangkan beasiswa BBP PPA (dulunya bernama beasiswa BBM) diberikan pada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi. Pemberian beasiswa dimulai dari semester II setelah mahasiswa memenuhi persyaratan. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel Beasiswa PPA dan BBP PPA.

10. Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi yang baik. Bantuan Bidikmisi akan diserahkan saat calon mahasiswa diterima di perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, ataupun politeknik negeri, dan lainnya melalui jalur seleksi yang dibuka.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel : Bidikmisi untuk Calon Mahasiswa

11. Beasiswa Mahaghora

Beasiswa Mahaghora adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh organisasi di bawah naungan PT Mahaghora. Beasiswa ini merupakan beasiswa kuliah gratis bagi yang kurang mampu dan berprestasi. Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel : Beasiswa Mahaghora

12. Beasiswa Kaltim Cemerlang

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar dari tingkat SD - SMA sederajat, dan untuk mahasiswa dari jenjang Diploma hingga Pascarjana, serta untuk Dosen. Informasi lebih lanjut silahkan baca di artikel Beasiswa Kaltim Cemerlang.

13. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa ini diselenggarakan oleh PT. Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation. Beasiswa ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan jenjang S1 di perguruan tinggi.

Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel : Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 

14. Beasiswa dari Bank

Bank-Bank yang ada di Indonesia juga turut memanjukan dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Beberapa Bank yang memberikan beasiswa diantaranya yaitu Beasiswa BNI, beasiswa BRI, beasiswa BCA, beasiswa Mandiri, dan lainnya.

15. Beasiswa dari Perusahaan

Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia juga turut memberikan beasiswa pada pelajar dan mahasiswa. Sebagai contohnya adalah PT. Pertamina,  PT Mahaghora, dan PT. Djarum. Selain itu, tentu saja masih banyak perusahaan lain yang turut memberikan beasiswa. Silahkan tanyakan langsung pada bagian kemahasiswaan di kampus anda.

16. Beasiswa dari Kampus

Pihak kampus juga turut memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Informasi mengenai beasiswa ini dapat ditanyakan di bagian kemahasiswaan di kampus anda.

17. Beasiswa Luar Negeri

Selain beasiswa luar negeri dari Dikti, Kemendikbud, dan LPDP, ada pula beasiswa luar negeri lainnya seperti tawaran beasiswa dari perguruan tinggi di luar negeri.

Misalnya perguruan tinggi di Luar Negeri menawarkan beasiswa bagi pelajar berprestasi di Indonesia untuk menempuh pendidikan disana. Beberapa diantara beasiswa luar yang terkenal yaitu beasiswa kuliah di Australia, jepang, Amerika, Jerman, dan lain-lain Informasi ini dapat ditanyakan pada pihak sekolah.


Itulah beberapa Daftar Beasiswa Untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen. Silahkan pilih beasiswa yang diinginkan tentunya disesuaikan dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.


Demikian informasi tentang Daftar Beasiswa Untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih dan semoga anda berhasil mendapatkan salah satu beasiswa di atas.