Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa Di Malaysia Dalam Rupiah

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa Di Malaysia Dalam Rupiah -- Biaya Kuliah Di Malaysia, Biaya Hidup Di Malaysia, Biaya Kuliah S1 S2 Di Malaysia, Biaya Kuliah di Malaysia Dalam Rupiah, Biaya Hidup di Malaysia Ala Mahasiswa, Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia, Biaya Hidup dan Kuliah di Luar Negeri, Beasiswa Kuliah di Malaysia, Biaya Hidup di Malaysia Dalam Rupiah, Universitas Terbaik di Malaysia, Perkiraan Biaya Pendidikan di Malaysia.

Artikel kali ini akan membahas tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa Di Malaysia Dalam Rupiah. Tujuan dibagikannya artikel ini adalah untuk memberikan gambaran seberapa besar biaya kuliah dan biaya hidup bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Untuk mengetahui seperti apa informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Negara Malaysia menjadi salah satu sasaran pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri. Jika berniat ingin melanjutkan perkuliahan, perlunya mempertimbangkan biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia dengan dirinci terlebih dahulu. Namun, faktanya biaya hidup antara Indonesia dengan Malaysia hampir sama sedangkan biaya kuliah lebih mahal.

A. Persyaratan Umum Daftar Kuliah Di Malaysia

Banyak pelajar ingin melanjutkan kuliah di Malaysia karena budayanya hampir mirip dengan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri serta merupakan negara tetangga. Adapun syarat yang harus dipenuhi sebelum memilih kuliah di Malaysia yaitu pastikan sudah memenuhi dari sisi akademis dan mampu berbahasa inggris.

Syarat-syarat yang umum diantaranya fotocopy sertifikat dan transkip nilai berlegalisir, fotocopy paspor yang masih berlaku, fotocopy kartu identitas, rincian akomodasi jika dibutuhkan, pas foto berwarna dan lain-lain tergantung masing-masing kampus. Formulir pendaftaran bisa diunduh dari universitas yang dipilih. Lalu dokumen-dokumen yang sudah lengkap dikirim langsung ke institusi.

Jika pendaftaran diurus oleh representative kampus biasanya akan dikenakan biaya jasa. Jika pendaftaran diterima, institusi akan memberitahu lewat surat penerimaan dan informasi lengkap waktu mulai kuliah maupun tagihan kuliah. Kemudian proses pembayaran dilunasi. Tahap selanjutnya meminta permohonan visa untuk mahasiswa baru.

B. Cara Mendaftar Kuliah Di Malaysia

Banyak yang bertanya bagaimana cara mendaftar kuliah di luar negeri ? Saat ini ada banyak agen pendidikan siap membantu. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan jika ingin melanjutkan kuliah di Malaysia. Pertama bisa mencari informasi sendiri melalui web universitas terkait. Kedua bisa melalui konsultan pendidikan luar negeri yang bisa membantu pendaftaran hingga keberangkatan.

Pilihan yang mudah yaitu melalui agen pendidikan luar negeri. Semua akan diuruskan jadi sudah tidak disibukkan lagi. Yang perlu disiapkan hanya dokumen yang diminta agen. Pastikan memilih agen yang kredibel serta bisa menjalankan pendaftaran dengan benar. Jika tidak mengerjakan dengan baik akan menghambat proses pendaftaran dan informasi kuliah juga tidak jelas.

Bacaan Terkait : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri

C. Biaya Kuliah, Biaya Hidup, dan Akomodasi Masing-Masing Universitas Di Malaysia

Saat ini melanjutkan kuliah menjadi keinginan generasi muda sekarang. Gelar sarjana sudah biasa pada kehidupan sekarang. Bahkan minat untuk kuliah di negara orang juga sudah meningkat. Contohnya saja Indonesia yang mulai tertarik kuliah di Malaysia.

Untuk itu perlunya mengetahui biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia untuk bisa dipersiapkan terlebih dahulu berdasarkan pada 13 urutan kampus terbaik.

1. Universiti Malaya (UM)

Universiti Malaya merupakan salah satu kampus terbaik di Malaysia yang didirikan sejak tahun 1949 dan sebagai perguruan tinggi yang mendapat dana pemerintah. Kampus UM merupakan kampus tertua letaknya di barat daya dari Ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Lokasinya strategis cukup dengan naik angkutan umum saja.

Universitas Malaya memiliki 12 fakultas, 3 pusat dan 2 akademisi yang telah mendapat status otonomi oleh departemen pendidikan tinggi. Kualitas sistem pengajaran universitas dengan pembelajaran kelas dunia yang komprehensif.

Universitas ini menyediakan program yang inovatif, praktikal dan relevan pada masing-masing tingkatan. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia khususnya kuliah di Universiti Malaya yaitu untuk biaya kuliah rata-rata per tahun sekitar RM40.290, rata-rata biaya hidup di kampus ini RM13.840 sedangkan biaya akodomodasinya sekitar RM4.000

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Universitas ini merupakan kampus berbasis pertanian didirikan pada tahun 1970. UPM menyediakan berbagai disiplin ilmu yang telah diperluas seperti teknik, ilmu kedokteran, sains murni, ekonomi, pendidikan, bahasa dan komunikasi. Universitas ini memiliki 17 fakultas terdiri dari sarjana dan pascasarjana.

Biaya hidup dan biaya kuliah mahasiswa di Malaysia yang kuliah di Universiti Putra Malaysia (UMP) rata-rata per tahun yaitu untuk biaya kuliah S1 mencapai RM15.540, S2 RM40.000 sedangkan biaya akodomasi kampus sekitar RM7200. Dan biaya hidup mencapai RM12.600. UPM telah menyediakan pendidikan dengan kualitas terbaik di lingkungan dengan pembelajaran yang dinamis.

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universiti Kebangsaan Malaysia mulai berdiri pada tahun 1970. Lembaga akademisi ini lahir atas aspirasi rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan bahasa melayu. Perkembangan UKM cukup pesat kini sudah memiliki 13 fakultas serta 13 lembaga penelitian unggulan pendidikan. UKM juga dikembangkan untuk membina masyarakat agar menghasilkan lulusan yang berkompeten.

Universitas Kebangsaan Malaysia ini menerima status universitas riset yang menjadi daya tarik tersendiri mahasiswa seluruh dunia yang fokus pada penelitiannya. UKM berlokasi di Bangi wilayah Sengalor Darul Ehsan. Biaya kuliah di kampus ini rata-rata per tahun untuk S1 RM9.200, S2 RM13990 sedangkan biaya hidup mencapai RM12.000 dengan biaya akomodasi RM575.

4. Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia ada mulai tahun 1969 merupakan universitas tertua di Malaysia. Universitas ini telah dikenal baik dalam negeri maupun dunia internasional. USM menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang saat ini telah mencapai sebanyak 111 akademik penuh waktu dan 72 program ditawarkan jarak jauh atau paruh waktu.

Tujuan dari universitas ini mampu mengembangkan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan alam, ilmu terapan, ilmu kedokteran dan kesehatan, farmasi. Biaya kuliah dan biaya hidup di Malaysia jika kuliah di Universitas Sains Malaysia (USM) rata-rata per tahun mencapai biaya kuliah S1 RM13.350, S2 RM11.250. Kemudian mengenai biaya hidup dan biaya akomodasi mencapai RM17.733 dan RM5.375.

5. Universiti Teknologi Malaysia

Universitas Teknologi Malaysia mendorong inovasi dan lulusan terbaik.  Lokasinya terletak di Johor Baru pada wilayah selatan Iskandar Malaysia. Kampus ini bergerak di bidang ekonomi. Menyediakan program sarjana dan pascasarjana di bidang teknik, teknik bio medis, ICT, bio sains, lingkungan perkotaan dan geo informasi.

Di UTM terdapat 10 tempat tinggal yang dapat menampung banyak mahasiswa. Terdapat mahasiswa yang reguler dan paruh waktu. Kehidupan mahasiswa dalam angka rata-rata per tahun untuk biaya kuliahnya mencapai RM19.400, biaya hidup RM15.000 dan biaya akomodasi kampus sekitar RM7300.

6. Universiti Teknologi Petronas

Universitas Teknologi Petronas didirikan pada tahun 1997 yang telah berkembang dan merupakan salah satu universitas swasta yang terkemuka di Malaysia. UTP menawarkan program rekayasa, teknologi dan sains yang relevan di bidang industri program sarjana dan pascasarjana. Kampus ini merupakan satu-satunya kuliah swasta yang mendapat peringkat bintang 6.

UTP selalu memastikan fasilitas pengajaran yang sesuai dan berkompeten. Kampus ini menyediakan akomodasi mahasiswa baik dalam kampus maupun luar kampus. Kamar yang disediakan dari kampus memiliki dua tempat tidur.

Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia yang kuliah di UTP dalam angka rata-rata biaya kuliah S1 RM21.770, S2 atau S3 RM 7.870 sedangkan biaya hidup RM13.840 dan biaya akomodasi sekitar RM5.375.

7. Universiti Utara Malaysia

Universiti Utara Malaysia berdiri sejak tahun 1974 berlokasi di Buit Kayu Hitam berada pada perbatasan antara Malaysia-Thailand. Kampus ini mengajarkan di bidang manajemen dan pendidikan serta teknologi informasi.

Ada beberapa fakultas meliputi fakultas seni dan sains maupun bisnis dan hukum. Perguruan tinggi ini menyediakan program sarjana maupun pasca sarjana. Universitas ini memiliki tujuan menjadi pusat unggulan pendidikan manajemen.

Kampus yang terletak di perbatasan Thailand jika ditempuh dari Kuala Lumpur berjarak sekitar 400 kilometer. Di kampus ini tersedia akomodasi penginapan bagi mahasiswa yang tertarik di dalam kampus.

Terkait biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia karena letaknya diperbatasan Thailand rata-rata biaya kuliah S1 RM5.530, S2/S3 RM4.800, Kejuruan RM13.000 sedangkan biaya hidup RM7.800 dan akomodasi kampus RM1.800.

8. Universiti Teknologi MARA

Kampus utama Universiti Teknologi MARA berada di Shah Alam Wilayah Selangor. Kampus ini memiliki cabang terdiri dari 15 cabang tersebar rata di beberapa wilayah Malaysia. Perguruan tinggi ini memiliki banyak program dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu kedokteran, bisnis dan manajemen, sains, humanoria, ilmu sosial dan teknik.

Universitas ini telah berkembang dengan program persiapan sarjana, sarjana dan pasca sarjana terdiri dari 24 fakultas. Tingkat biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia terdiri dari biaya kuliahnya RM19.200, sewa akomodasi rata-rata RM5.375 sedangkan biaya hidupnya sekitar RM13.840.

9. Taylor'sUniversity

Taylor’sUniversity berdiri sejak tahun 1969 merupakan salah satu kampus swasta di Malaysia yang cukup berpotensi. Kampus ini bekerja sama dengan kampus-kampus terkenal bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu. Selain itu, saat lulus mahasiswa dari universitas ini akan mendapat dua sertifikat sekaligus yaitu dari Taylor’sUniversity dan universitas partnernya.

Taylor’sUniversity terletak di Subang Jaya, Wilayah Selangor, Malaysia. Lokasinya terjangkau dan mudah ditempuh baik menggunakan transportasi umum maupun MRT. Universitas ini menyediakan akomodasi bagi mahasiswa yaitu UResidence dan My PlaceAppartement.

Untuk UResidence bangunannya 6 tingkat memiliki kamar dengan fasilitas lengkap. Sedangkan My PlaceAppartement memiliki 5 tingkat berbentuk apartemen memiliki 224 unit dengan 3 tipe kamar. Untuk rata-rata biaya hidup RM13.840 dan akomodasinya sekitar RM16.560.

10. International Islamic Universiti Malaysia (IIUM)

International Islamic Universiti Malaysia (IIUM) sejak tahun 1983. Universitas ini mengutamakan pada pengetahuan islam berdasarkan nilai kemanusiaan. Perguruan tinggi ini memiliki dua kampus yang terletak di Kuala Lumpur dan Kuantan. Bahasa yang digunakan untuk sistem mengajar dan administrasi menggunakan bahasa inggris. Setiap kampus IIUM menyediakan berbagai fasilitas lengkap.

Universitas ini menyediakan akomodasi 100% khusus untuk program pasca  sarjana. Selain itu juga untuk mahasiswa non Malaysia. Akomodasi yang disediakan terdiri dari kamar single yang biasanya untuk mahasiswa pasca sarjana. Ada juga kamar berbagi empat dan kamar elite. 

Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia yang kuliah di IIUM rata-rata biaya per tahun meliputi S1 RM110400, S2/S3 RM9.610, kejuruan RM12.500. Lalu untuk akomodasi kampus RM6.120 dan biaya hidup RM13.840.

11. Multimedia Universiti

Multimedia Univerisiti (MMU) merupakan perguruan tinggi yang diatur oleh Univeristi Telkom Sdn Bhd. Universitas ini salah satu perguruan swasta bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan perguruan tinggi swasta. Kampus ini terletak di Bear Hill (Bukit Beruang) terdapat fakultas bisnis dan hukum.

Perguruan tinggi ini menyediakan akomodasi dalam dan luar kampus. Yang di dalam kampus terdapat tipe A sampai D. Sedangkan akomodasi luar kampus yaitu Pangsapuri Bukit Beruang dan IxoraApartement. Akomodasi dalam dan luar kampus dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

12. UCSI University

UCSI merupakan lembaga pendidikan tinggi memiliki tiga kampus di Kuala Lumpur, Trengganu, Sarawak. Kampus ini memiliki 9 fakultas dari berbagai ilmu mulai kedokteran, keperawatan, farmasi hingga program akademik multimedia, seni liberal dan musik. Universitas ini memiliki fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan setiap mahasiswanya.

UCSI University menyediakan akomodasi bagi mahasiswa yang ingin tinggal tinggal di kampus bernama Balai Perumahan yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Fasilitas yang disediakan lengkap serta terdapat area komunal bisa dijadikan tempat kumpul.

Ada juga akomodasi luar kampus bernama Angkasa Cando letaknya dekat dengan kampus. Rata-rata biaya kuliah per tahun di UCSI University yaitu S1 RM18.790, S2 RM25.160. Sewa akomodasi rata-rata RM5.375, biaya hidup sekitar RM13.840.

13. Managementand Science University

Managementand Science University (MSU) fokus pada ilmu kedokteran, kesehatan, keperawatan, farmasi, bisnis, manajemen dan teknik. Program yang ditawarkan standar lokal dan internasional. MSU memberikan program mulai dari diploma, sarjana, pascasarjana dan disiplin penelitian. Kampus ini dilengkapi dengan pengajaran yang inovatif dan kreatif.

MSU terletak di wilayah Alam Syah, Selangor - Malaysia. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia jika kuliah di Managementand Science University dalam rata-rata angka per tahun diantaranya biaya kuliah S2/S3 RM18.200. Sewa akomodasi kampus RM5.375, biaya hidup rata-rata RM13.840.

D. Rincian Biaya Hidup Kuliah di Malaysia Dalam Rupiah

Bagi warga Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia tentunya terlebih dahulu melihat biaya kuliah dan biaya mahasiswa di Malaysia. Berikut akan dirinci berdasarkan tolok ukur secara umum walaupun setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing

1. Biaya Sewa Tempat Tinggal

Pada artikel tentang biaya hidup dan biaya kuliah mahasiswa di Malaysia ini terdapat beberapa sewa tempat tinggal yang bisa dijadikan pilihan yaitu landedhouse, apartemen maupun sewa kamar sendiri. 

Harga sewa tempat tinggal juga bervariasi tergantung pada fasilitas jika semakin lengkap juga akan semakin mahal. Selain itu, juga berdasarkan pada wilayah tertentu. Biaya hidup yang bisa disiapkan sekitar mulai 1 juta hingga 2 juta.

2. Ongkos Transportasi

Mahasiswa yang tinggal di dekat kampus mungkin tidak dikenakan biaya. Namun, untuk ongkos transportasi di Malaysia bisa menghabiskan sekitar Rp 90.000,-  hingga Rp 150.000,- per bulan. Alat transportasi yang bisa dipilih yaitu bis, MRT atau kereta untuk perjalanan. Ada juga kampus yang menyediakan shuttle bus untuk antar jemput mahasiswa.

3. Biaya Makan

Malaysia merupakan negara multikultur yang memiliki menu makanan yang cukup murah dibanding negara lain.  Tempat makan yang disediakan variasi mulai dari foodcourt, kantin maupun makanan india. Di kantin kampus makanan yang tersedia lebih murah lagi atau masak sendiri jauh lebih terjangkau.

4. Biaya Pakaian

Salah satu biaya hidup di Malaysia yaitu membeli pakaian jika dibutuhkan. Namun, harganya jauh lebih mahal dibanding Indonesia. Contohnya saja membeli celana jeans bisa mencapai seharga 900 ribu. Misalnya lagi jika beli sepatu pantofel dengan harga sekitar 900 ribuan.

5. Biaya Lain-lain

Total biaya hidup tergantung gaya hidup masing-masing individu. Namun, perlu menyiapkan biaya lain-lain yang termasuk dalam kategori biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Malaysia. Beberapa anggaran yang perlu disiapkan yaitu biaya untuk membeli buku, biaya berobat, alat tulis maupun biaya tak terduga.

Catatan : Nominal biaya yang dituliskan di atas merupakan perkiraan yang bersumber dari website resmi dan website lainnya yang terpercaya. Tentunya nominal tersebut bisa saja berubah.

Baca Juga :

Itulah ulasan terkait Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa Di Malaysia Dalam Rupiah yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah di negeri tetangga ini. Rincian mengenai biaya hanya di ulas rata-rata per tahun karena untuk biaya kuliah tergantung fakultas yang diambil sedangkan biaya hidup tergantung pola hidup masing-masing orang yang berbeda.