Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost -- Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost Dalam Sebulan, Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung, Berapa Kisaran Biaya Hidup Di Bandung untuk Mahasiswa, Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Bandung Dalam Sebulan, Estimasi Biaya Hidup Di Bandung Untuk Anak Rantau Baru, Biaya Hidup Di Bandung ITB, Tips Hidup Di Bandung, Biaya Hidup Kuliah Di UPI Bandung, Biaya Hidup Di Bandung, Biaya Hidup Di Jakarta Vs Bandung Sebulan, Biaya Hidup Anak Rantau Di Bandung Dalam Sebulan.

https://www.biayakuliah.web.id/

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost sangat perlu diperhatikan ketika ingin melanjutkan study di kota Bandung. Karena banyak rincian biaya yang harus dikeluarkan.

Bandung merupakan kota terbesar yang ada di Jawa Barat yang mana telah menjadi Ibu kota Provinsi Jawa Barat. Bandung memiliki banyak julukan, seperti Kota Kembang dan Paris Van Java.

Terkenal dengan sebutan kota kembang, ternyata kota Bandung pada zaman dulu terdapat pepohonan serta bunga di kota ini. Begitu banyaknya kembang di kota ini, hingga kota Bandung disebut dengan kota Kembang saat ini.

Selain itu, kota Bandung juga terkenal dengan sebutan Paris Van Java, layaknya kota paris dengan keindahan bunga-bunga yang bermekaran. Karena bunga-bunga inilah, kota Bandung terlihat lebih menarik dari kota lainya.

Bukan hanya itu saja, kota Bandung juga terkenal dengan berdirinya banyak Mall yang membuat Anda dimanjakan dengan banyaknya pusat perbelanjaan. Tentunya sangat suka banget kan bagi kaum hawa?

Dengan susana yang enak, udara yang sejuk akan mampu membuat Anda betah untuk tinggal di kota Kembang ini. Oleh sebab itu, sangat cocok sekali jika kota Bandung dijadikan sebagai tujuan utama pendidikan dan juga pariwisata. Kota ini juga memiliki hawa yang sejuk yang mana mampu membuat para mahasiswa nyaman untuk belajar.

Nah, dengan banyaknya keindahan dan nuansa yang nyaman di kota Bandung, tentu sangat cocok untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kota ini.

Di kota Bandung, banyak sekali pilihan perguruan tinggi yang bisa dipilih untuk menempuh pendidikan lanjut, seperti ITB, UPI, UIN SGD Bandung, UNPAS, Poltekkes Bandung, Universitas Telkom, Universitas Islam Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Polman Bandung, dan lainnya.

Mengenai biaya hidup, di Bandung biaya hidupnya tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan Jakarta dan Surabaya. Meskipun terbilang murah, namun harus tetap diperhatikan pengeluaran serta pemasukan ketika belajar disini agar tidak membengkak dikemudian hari.

Di kota Bandung juga banyak penjual buku yang bisa menjadi bahan utama seorang mahasiswa. Jadi jika Anda melanjutkan study di kota Bandung ini, jangan khawatir kesulitan untuk menemukan bahan buku untuk belajar. Terdapat banyak kios-kios kecil yang menjual buku-buku.

Selain itu, Anda juga lebih mudah menemukan toko buku populer di Bandung seperti Toko Buku Gramedia Merdeka, Bandung Book Center, Toko Buku Diskon Togamas, Toko Buku Elvira, Toko Buku Merauke, Tobucil, Rumah Buku, dan lainnya.

Selain banyaknya perguruan tinggi dan toko buku, di kota Bandung juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi loh. Diantaranya ialah Dusun Bambu, Farmhouse, Gunung Tangkuban Parahu, The Lodge Mariabaya, dan lain sebagainya.

Nah, cocok banget kan?

Apalagi jika Anda merasa penat menuntut ilmu setiap hari, Anda bisa menghabiskan weekend Anda di beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama teman-teman. Dengan mengunjungi tempat wisata, otak serta badan Anda akan terlihat lebih fresh setelah satu minggu belajar di kampus. 

Bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung dan ingin melanjutkan study di kota Bandung, jangan khawatir mengenai tempat tinggal. Anda tetap bisa melanjutkan study disini karena di Kota Bandung ini terdapat banyak kost baik untuk wanita maupun pria.

Dengan demikian pengeluaran bulanan tinggal di kota Bandung bukan hanya untuk biaya kampus saja. Melainkan ada beberapa rincian biaya yang perlu diperhatikan untuk Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung sebagai Anak Kost. Adapun deretan biayanya antara lain:

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost

1. Biaya Tempat Tinggal Mahasiswa di Kota Bandung untuk Anak Kost

Rincian biaya yang pertama yaitu biaya tempat tinggal. Seperti yang kita ketahui bahwa tempat tinggal merupakan hal yang harus diperhatikan karena tempat tinggal merupakan hal yang paling penting ketika kita masih hidup.

Tempat tinggal merupakan salah satu tempat singgah untuk beristirahat setelah belajar di kampus. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikanlah lingkungan sekitar, kemanan, kenyamanan, dan juga harga perbulannya.

Di Bandung terdapat banyak sekali kost-kostan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih sarana prasana yang pas dan nyaman bagi Anda yang bisa Anda sesuaikan dengan kantong Anda.

Ada 2 tipe kos-kosan yang bisa Anda pilih, yaitu untuk kalangan menegah ke bawah dan ada pula untuk kalangan menengah ke atas. Jadi bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki saat ini.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan juga beragam. Ada yang memberikan fasilitas AC, ada juga memberikan fasilitas kipas angin. Nah harga kost-kostan yang ditawarkan tiap bulannya rata-rata Rp. 600.000,-.

Kost-kostan dengan harga Rp. 600.000,- biasanya kost-kostan dengan kamar yang standart. Jika ingin kost-kostan dengan fasilitas yang lebih dari standart, harga berkisar Rp. 1.000.000,- ke atas perbulannya.

Selain harga bulanan yang ditawarkan pemilik kost-kostan di daerah Bandung, kost-kosan di kota ini juga menawarkan harga harian atau mingguan loh, jadi bagi Anda yang takut tidak kerasan dengan susana baru, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Dengan mencoba tinggal di kos-kosan dengan hitungan harian atau mingguan. Anda masih bisa menikmati fasilitas secara penuh meskipun hanya menyewa kos-kosan untuk sehari, dua hari dan bahkan satu minggu.

Jika Anda ingin tempat kos-kosan dengan fasilitas yang mewah sekelas bintang 5 juga ada kok. Namun Anda juga haru mengeluarkan biaya lebih banyak lagi jika dibandingkan dengan kos-kosan dengan harga yang standart.

Nah untuk menyewa kos-kosan dengan fasilitas mewah atau menyewa apartement, Anda bisa menyiapkan uang kurang lebih Rp. 4.000.000 juta hingga Rp. 6.000.000 perbulannya. Hunian ini tentunya mampu membuat Anda merasa nayaman setiap harinya.

Nah dengan pilihan tempat tinggal yang sudah saya jelaskan di atas, Anda bisa memilih tempat tinggal sementara ketika Anda belajar di kota Bandung. Jadi Anda bisa mempersiapkan budget nya terlebih dahulu.

Jadi Anda bisa berkonsultasi dengan orang tua atau keluarga untuk menentukan tempat tinggal sementara di kota Bandung dengan melihat kisaran biaya yang harus dikeluarkan.

2. Biaya Makan Mahasiswa Di Kota Bandung untuk Anak Kost

Rincian biaya hidup mahasiswa yang kedua yaitu biaya makan di kota Bandung. Selain biaya tempat tinggal, biaya makan sehari-hari juga penting loh. Jika isi perut terpenuhi, otomatis otak mampu menangkap pengetahuan lebih banyak.

Di Kota Bandung terdapat banyak orang yang menjual nasi, sayur, beserta lauknya. Di warung ada berbagai menu yang bisa dipilih dari harga Rp. 7.000,- hingga Rp. 40.000, tergantung lauk apa yang akan Anda pilih.

Jika setiap hari Anda beli di warung dengan menu lengkap nasi, sayur dan lauk, tentunya akan menghabiskan uang lebih banyak. Misalnya saja per porsi Rp. 15.000 dikalikan makan 3x dalam sehari, jadi satu bulan menjadi Rp. 15.000 x 3 x 30 hari = Rp. 1.350.000.

Biaya satu bulan untuk makan saja kurang lebih Rp. 1.350.000, itu belum terhitung untuk beli cemilan dan keperluan lainya seperti beli make up dan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, lulur, masker dan lain sebagainya.

Nah jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa memasak nasi sendiri di kos-kosan dan tinggal beli lauknya di warung. Porsi nasinya juga bisa lebih banyak jika Anda memasak sendiri dan tentunya perut akan terasa lebih kenyang.

Jika Anda belum bisa masak nasi sendiri, Anda bisa membawa rice cooker dan tinggal dicolokin saja. Namun, Anda harus izin ibu kost terlebih dahulu karena biasanya ada tambahan biaya jika Anda membawa rice cooker sendiri.

Nah, bagi Anda yang tidak mau ribet soal masak-memasak, Anda bisa memilih tempat kos-kosan yang menyediakan fasilitas makan juga. Jadi Anda tinggal membayar untuk kost dan makan di dalam satu tempat.

Nah dengan pilihan tempat kost tersebut, jadi sebelum Anda tinggal di kost-kostan, sebaiknya pahami terlebih dahulu semua biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan agar biaya yang akan Anda keluarkan tidak membengkak.

Jadi Anda bisa menyiapkan budget yang akan Anda butuhkan dan bisa berdiskusi dengan orang tua atau keluarga Anda.

Jika tingal di kota Bandung, belum afdhol rasanya jika belum mencicipi beberapa makanan khas Bandung ini. Gak ada salahnya kan jika ingin membeli cemilan juga selain makanan berat?

Nah berikut daftar makanan khas kota Bandung yang bisa Anda cicipi seperti Seblak, Nasi Tutug Oncom, Nasi Timbel, Karedok, Mie Kocok, Surabi, Ulukutek Leunca, Gehu Jeletot, Bandros, Pisang Bollen, Peuyeum, Gepuk, Wajit, Es Goyobod, Cuanki, dan Tahu Susu Lembang.

3. Biaya Transportasi Mahasiswa di Kota Bandung untuk Anak Kost

Rincian biaya hidup mahasiwa yang ketiga yaitu biaya transportasi di kota Bandung. Selain mengetahui biaya tempat tinggal dan biaya makan sebagai mahasiswa. Kali ini perlu dipahami juga untuk biaya transportasi yang harus dikeluarkan.

Nah perlu Anda ketahui di kota Bandung saat ini banyak jenis transportasi yang bisa Anda pilih seperti transportasi offline hingga transportasi online. 

Transportasi offline seperti ojek pangkalan, angkutan umum, taxi dan juga bis. Sedangkan transportasi online seperti gojek dan grab.

Transportasi online ini menyediakan ojek online berupa motor serta mobil. Jadi Anda juga bisa menentukan transportasi apa yang akan Anda pilih. Tentunya transportasi ojek online mobil lebih mahal dibanding ojek online motor. Tarifnya sesuai jarak tempuh yang dituju. Ketika anda melakukan pemesanan via aplikasi, maka akan tampil tarif ojek online yang harus anda bayar.

Kemenhub menyusun tarif ojek online berdasarkan zonasi:
  • Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850 - 2.300 per km dengan biaya minimal Rp. 7.000 - 10.000
  • Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp. 8.000 - 10.000
  • Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp. 2.100 - 2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000 - 10.000.

Nah, untuk transportasi offline berupa angkutan kota di Bandung biasanya mematok tarif kurang lebih Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 dan untuk Bis Damri biasanya mematok harga kurang lebih Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 tergantung tempat yang akan dituju.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang gemar sekali naik transportasi online ini. Jika naik transportasi online, tentunya akan merasa lebih prakstis, biayanya dapat diketahui sejak awal pemesanan serta lebih aman.

Selain itu, Anda tidak perlu menunggu lama-lama dipinggir jalan untuk menunggu angkutan umum atau bis lewat atau datang ke pangkalan ojek untuk mencari ojek motor. 

Jika Anda naik transportasi online, Anda tinggal duduk manis menunggu di dalam rumah / kost dan transportasi online akan datang dengan sendirinya usai Anda memesannya. Jadi tak perlu khawatir kepanasan di pinggir jalan.

Selain lebih menghemat tenaga, Anda juga akan lebih menghemat uang karena memang tarifnya lebih murah. Jika Anda ingin lebih murah lagi, Anda bisa membawa kendaraan sendiri dari rumah.

Nah, dari gambaran mengenai biaya trasportasi di kota bandung, anda dapat menentukan sendiri transportasi mana yang akan anda gunakan untuk bepergian. Apakah itu transportasi online, atau transportasi offline, atau membawa kendaraan sendiri.

4. Biaya Lain-lain Mahasiswa di Kota Bandung untuk Anak Kost

Rincian biaya yang keempat yaitu biaya lain-lain di kota Bandung. Selain ketiga biaya yang sudah saya sebutkan diatas, sebaiknya perlu diperhatikan juga biaya yang tak terduga seperti biaya lain-lain.

Adapun biaya lain-lain yang tak terduga seperti biaya kebutuhan sehari-hari ketika tinggal di kost misalnya untuk beli cemilan, biaya untuk tugas kuliah seperti ngeprint, biaya kumpul sama teman-teman seperti beli bakso, nongkrong, ngopi, dan hang out

Ada juga biaya untuk keperluan mandi dan make up seperti membeli sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, pembalut, minyak wangi, lulur,conditioner, handuk, celana dalam, bh, lipstik, bedak, pelembab, eyeliner, minyak wangi dan pensil alis.

Nah untuk keperluan biaya lain-lain yang dikeluarkan ini biasanya lebih banyak wanita jika dibandingkan pria karena jumlah kebutuhannya lebih banyak seperti contoh wanita make up, pria tidak memerlukan make up.

Jika Anda ingin lebih berhemat, sebaiknya belilah keperluan yang dibutuhkan saja. Mungkin kira-kira biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 500.000 untuk wanita dan Rp. 400.000 untuk pria tiap bulannya.

Biaya yang tak terduga sering terjadinya dikalangan anak muda atau remaja seperti saat ini. Namun semua itu tergantung gaya hidup Anda masing-masing.

Dari jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya makan, biaya transportation  dan biaya lain-lain kurang lebih Rp. 2.000.000 perbulannya, itu belum termasuk biaya kost.

Kalau ditambahi dengan biaya tempat Tinggal kurang lebih Rp. 2.600.000 hingga Rp. 3.000.000 dengan sewa kost yang standard. Namun jika Anda menyewa apartment, tentunya biaya nya lebih Mahal. Untuk total semua biaya nya dengan menyewa apartment bisa mencapai Rp. 10.000.000.

Jadi Anda bisa menentukan tempat kost yang sesuai budget yang Anda miliki saat ini. Nah, jika Anda ingin meringankan beban orang tua, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan kerja part time.

Adapun kerja part time yang bisa Anda lakukan seperti ngelesi, kerja di cafe, sales, ojek online seperti gojek atau grab yang hanya berbekal sepeda motor, menjadi penulis, translator, jualan online dan lain sebagainya.

Jadi Anda bisa memilih pekerja part time yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki dengan bekerja sambil kuliah yang tidak mengganggu aktivitas kuliah Anda. Anda bisa mencari informasi terkait pekerjaan part time ini di internet atau bisa tanya dengan teman-teman kuliah Anda.

Gaji yang didapatkan juga lumayan dan tentunya bisa membantu meringankan beban orang tua dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan kuliah Anda.

Yang paling terpenting yaitu pilihlah pekerjaan yang tidak terlalu membebani pada saat Anda kuliah agar pada saat kuliah Anda merasakan tenang dan nyaman.

Informasi Tambahan : Biaya Kuliah ITB , Biaya Kuliah UNPAD , Biaya Kuliah UPI , Biaya Kuliah UIN SGD Bandung , Biaya Kuliah Poltekkes Bandung , Biaya Kuliah UNIKOM

Itulah tadi sedikit pembahasan informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost yang bisa Anda perhatikan terlebih dahulu agar Anda bisa mengatur keuangan yang harus dikeluarkan untuk hal-hal yang penting sebagai mahasiswa yang belajar di kota Bandung.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua, khususnya bagi Anda yang ingin melanjutkan study di kota Kembang. Terima kasih dan ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya.