Selamat Datang di web www.biayakuliah.web.id. Temukan informasi yang anda butuhkan terutama mengenai biaya kuliah PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, Poltekkes, dan lain sebagainya, serta Informasi Beasiswa Kuliah. Anda dapat menemukan informasi tersebut dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia atau mencari dengan cara lainnya. Mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah dan beasiswa kuliah di web ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses selalu dari admin.

Biaya Kuliah ITS 2017/2018 (Institut Teknologi Sepuluh November)

Biaya Kuliah ITS 2017 -- Info Biaya Kuliah ITS, Biaya Pendidikan ITS, Biaya UKT ITS, Biaya SPP ITS, Biaya Studi ITS, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ITS, Biaya Kuliah Per Semester ITS, Rincian Biaya Kuliah Institut Teknologi Sepuluh November. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Biaya Kuliah ITS 2017/2018. Informasi ini disampaikan untuk anda yang ingin kuliah di ITS dan dengan adanya informasi ini bisa memberikan sedikit gambaran awal. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang dikenal dengan sebutan ITS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Pada awalnya ITS didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957, kemudian terus berkembang dan saat ini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Pada saat ini, ITS menjadi salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia. Pada setiap tahun ajaran baru, banyak siswa-siswi yang mendaftar di ITS untuk menjadi calon mahasiswa baru ITS.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru ITS, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITS.

Pada setiap tahun ajaran baru, ITS membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur mandiri terdiri dari jalur PKM, UMDESAIN, dan Lintas Jalur S-1, serta penerimaan Program Pascasarjana.

Ketika anda telah mengikuti seleksi melalui salah satu jalur di atas, dan pada saat pengumuman anda dinyatakan lulus seleksi, maka anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang.

Pada saat melakukan pendaftaran ulang, banyak hal yang dilakukan berkaitan dengan pengisian data. salah satu hal yang dilakukan yaitu mengisi data-data penghasilan orang tua.

Lakukan pengisian data-data tersebut dengan benar dan jujur karena pengisian data-data tersebut berguna dalam penentuan besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa.

Sejak tahun 2013 lalu, ITS menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam pembayaran biaya kuliah untuk setiap mahasiswa.

Penentuan besar kecilnya UKT ditentukan sejak awal masuk kuliah yang didasarkan pada formulir pengisian data yang anda lakukan pada saat pendafaran ulang.

Setelah biaya kuliah ditentukan, maka peserta harus membayar biaya tersebut sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan. Pembayaran UKT hanya dilakukan setiap awal semester sampai selesai kuliah.

Dengan sistem UKT ini, maka tidak ada lagi pembayaran uang pangkal atau uang pembangunan pada saat awal semester 1. Semuanya cukup satu kali bayar yaitu membayar biaya UKT.

Biaya UKT di ITS diperuntukkan bagi mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk semua program studi di ITS kecuali Program Studi Double Degree Marine Engineering. Biaya pendidikan pada program Double Degree Marine Engineering sebesar Rp 19.700.000 pada semester pertama dan Rp 17.500.000 pada semester berikutnya.

Kelompok UKT di ITS dibedakan menjadi 7 kategori yang besarnya ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua mahasiswa.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa indek kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa tersebut ditentukan pada saat pendaftaran ulang yang diketahui dari hasil pengisian data-data.

Kategori UKT di ITS dapat anda lihat selengkapnya berikut ini :
Kategori Indeks Kemampuan Ekonomi Orang Tua Biaya UKT
1 0 – 1,59 Rp. 500.000,-
2 1,60 - 2,00 Rp. 1.000.000,-
3 2,01 - 3,00 Rp. 2.500.000,-
4 3,01 - 4,00 Rp. 4.000.000,-
5 4,01 - 5,00 Rp. 5.000.000,-
6 5,01 - 6,00 Rp. 6.000.000,-
7 6,01 – 7,00 Rp. 7.500.000,-
Berdasarkan keterangan pada tabel di atas, maka dapat diketahui bahwa jika penghasilan orang tua anda rendah, maka biaya UKT yang harus dibayar berada pada kategori kecil, sedangkan jika penghasilan orang tua anda besar, maka UKT yang harus dibayat juga besar.

Contoh : jika pada saat awal semeser 1 anda membayar UKT sebesar Rp. 4.000.0000,- , maka biaya UKT sampai selesai kuliah yang harus anda bayar setiap awal semeser adalah  Rp. 4.000.000,-.

Apabila anda merasa keberatan atau tidak sesuai dengan pembayaran UKT tersebut, maka anda bisa mengajukan penurunan biaya UKT dengan mengikuti prosedur yang ditentukan oleh ITS. Anda dapat menanyakan prosedur tersebut kepada bagian administrasi keuangan ITS.

Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Bidikmisi diajukan sejak awal bersamaan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jika anda dinyatakan lulus seleksi Bidikmisi, maka anda akan mendapatkan biaya Bidikmisi.

Dengan Bidikmisi ini, maka mahasiswa tersebut bisa kuliah secara gratis karena biaya kuliahnya telah ditanggung oleh pemerintah melalui penyaluran biaya Bidikmisi tersebut.

Baca selengkapnya : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Itulah rincian biaya kuliah ITS. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi ITS. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITS.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah ITS. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa membantu anda untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kuliah di ITS.

Admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang setiap hari selalu berkunjung. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.