Biaya Kuliah UNY 2024/2025 (Universitas Negeri Yogyakarta)

Biaya Kuliah UNY 2024 -- Info Biaya Kuliah UNY, Biaya Pendidikan UNY, Biaya UKT UNY, Biaya SPP UNY, Biaya Studi UNY, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNY, Biaya Kuliah Per Semester UNY, Biaya Kuliah Universitas Negeri Yogyakarta. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Biaya Kuliah UNY 2024/2025 (Universitas Negeri Yogyakarta). Informasi ini ditujukan utamanya bagi anda yang ingin kuliah di UNY. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Universitas ternama yang ada di Indonesia yang terletak di Kota Yogyakarta tepatnya di Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Pada setiap tahunnya, UNY selalu membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri UNY.

Jalur nasional yang dibuka yaitu SNBP dan SNBT yang bertujuan untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana. Sedangkan jalur mandiri yang dibuka yaitu jalur Seleksi Berbasis Prestasi S1 dan D3, Seleksi Ujian Tulis S1 dan D3, Seleksi Ujian Tulis S1 Kerjasama, Seleksi Program Kelanjutan Studi (PKS), dan Seleksi Program Pascasarjana UNY.

Melalui jalur-jalur yang dibuka UNY tersebut, maka anda bisa memilih salah satu jalur yang memiliki peluang paling besar untuk bisa lulus seleksi. Pilih salah satu dengan tepat.

Ketika anda telah mengikuti jalur seleksi tersebut, dan pada saat pengumuman anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang.

Pada saat pendaftaran ulang, anda akan diminta untuk mengisi banyak data. Sala satu data yang harus anda isi yaitu besarnya penghasilan orang tua / wali yang membiayai kuliah anda.

Isilah data-data tersebut dengan jujur dan benar karena data-data tersebut akan dijadikan sebagai dasar oleh UNY untuk menentukan besarnya biaya kuliah yang harus anda bayar oleh setiap mahasiswa.

Pembayaran biaya kuliah di UNY telah menerapkan sistem UKT dimana jumlah pembayaran biaya UKT ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua/wali serta program studi yang dipilih oleh mahasiswa.

Jalur masuk ke UNY sepeti yang telah disebutkan di atas tidak mempengaruhi besarnya biaya UKT mahasiswa. Jadi silahkan ikuti jalur mana saja yang diperkirakan dapat memberikan peluang besar untuk lulus karena UKT tidak dipengaruhi oleh jalur masuk tersebut.

Biaya UKT mahasiswa dibayar satu kali setiap awal semester yang besarnya tetap dari awal kuliah sampai selesai kuliah. Contoh : Jika pada semester 1 biaya UKT yang anda bayar sebesar Rp. 3.630.000,- , maka UKT pada semester berikutnya jumlahnya Rp. 3.630.000,-.

Bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang telah kita kenal dengan nama KIP Kuliah.

KIP Kuliah diusulkan sejak awal penerimaan mahasiswa baru. Informasi KIP Kuliah selengkapnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yaitu Biaya Kuliah Jalur KIP Kuliah

Jika anda mendapatkan KIP Kuliah, maka UKT anda akan ditanggung oleh Pemerintah selama masa studi normal. UKT KIP Kuliah adalah UKT kategori I.

Dengan adaya biaya UKT ini, maka tidak ada lagi pembayaran biaya uang pangkal atau uang bangunan. Semua biaya sudah dimasukkan dalam biaya UKT. Jadi cukup satu kali bayar yaitu membayar UKT.

Biaya UKT UNY dibedakan menjadi 3 kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari beberapa program studi. Berikut informasinya :

Kelompok A (Prodi Pendidikan, Bahasa/Sastra, Sosial, dan Ekonomi)
  • UKT Kategori I = Rp. 500.000,-
  • UKT Kategori II = Rp. 1.000.000,-
  • UKT Kategori III = 2.400.000,-
  • UKT Kategori IV = Rp. 3.145.000,-
  • UKT Kategori V = Rp. 3.630.000,-
  • UKT Kategori VI = Rp. 4.235.000,-
  • UKT Kategori VII = Rp. 4.940.000,-

Kelompok B ( Prodi MIPA, Olahraga, Seni, Geografi, dan PGSD)
  • UKT Kategori I = Rp. 500.000,-
  • UKT Kategori II = Rp. 1.000.000,-
  • UKT Kategori III = Rp. 2.400.000,-
  • UKT Kategori IV = Rp. 3.630.000,-
  • UKT Kategori V = Rp. 4.235.000,-
  • UKT Kategori VI = Rp. 4.840.000,-
  • UKT Kategori VII = Rp. 5.645.000,-

Kelompok C (Prodi Teknik)
  • UKT Kategori I = Rp. 500.000,-
  • UKT Kategori II = Rp. 1.000.000,-
  • UKT Kategori III = Rp. 2.400.000,-
  • UKT Kategori IV = Rp. 4.235.000,-
  • UKT Kategori V = Rp. 4.840.000,-
  • UKT Kategori VI = Rp. 5.445.000,-
  • UKT Kategori V = Rp. 6.350.000,-

Itulah UKT UNY yang harus anda bayar pada setiap semester. Apa bila anda merasa ketidaksesuaian dengan bayaran UKT atau dalam bahasa sederhananya bahwa anda membayar UKT terlalu besar, maka anda dapat mengajukan penurunan biaya UKT dengan mengikuti prosedur. Informasi prosedur penurunan UKT dapat anda tanyakan langsung di bagian administrasi keuangan UNY.

Catatan :
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNY
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UNY

Bacaan Lanjutan : Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta untuk Anak Kost

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Biaya Kuliah UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNY.

Admin mengucapkan terima kasih kepada para pegunjung setia yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada. Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin.

Mari bantu berbagi atau share informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.