Biaya Kuliah UNSRI 2024/2025 (Universitas Sriwijaya)

Biaya Kuliah UNSRI 2024 -- Info Biaya Kuliah UNSRI, Biaya Pendidikan UNSRI, Biaya UKT UNSRI, Biaya SPP UNSRI, Biaya Studi UNSRI, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNSRI, Biaya Kuliah Per Semester UNSRI, Biaya Kuliah Universitas Sriwijaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UNSRI 2024/2025 (Universitas Sriwijaya). Informasi ini disampaikan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSRI. Mari simak permbahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Siapa yang tidak kenal UNSRI ? Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini merupakan Universitas Negeri paling ternama di Sumatera Selatan.

UNSRI memiliki kepanjangan nama Universitas Sriwijaya. Universitas ini telah didirikan pada tanggal 29 Oktober 1960. Moto dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah Ilmu Alat Pengabdian.

Universitas Sriwijaya (UNSRI) mempunyai dua lokasi kampus. Kampus utama terletak di Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Inderalaya, Sumatera Selatan, dan Kampus Utama Lainnya berada di Kota Palembang tepatnya di Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Kota Palembang, dan masih ada lokasi kampus lainnya yaitu di Jl. Ogan dan di KM. 5 Palembang.

Ketika anda ingin kuliah di UNSRI, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNSRI.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNSRI terdiri dari Nasional yaitu SNBP dan SNBT, serta jalur mandiri UNSRI yang dikenal dengan nama USM UNSRI.

Setelah anda mengikuti seleksi melalui salah satu jalur tersebut dan pada saa pengumuman anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda diharuskan melakukan registrasi ulang.

Pada saat registrasi ulang, masih banyak tahapan yang harus dilakukan. Salah satu tahapan pada saat registrasi ulang yang harus dilakukan yaitu mengisi formulir berupa data-data penghasilan orang tua anda.

Hal tersebut berguna dalam penentuan besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh anda sebagai mahasiswa baru.

Sejak tahun 2013 lalu, UNSRI telah menetapkan pembayaran biaya kuliah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT UNSRI diberlakukan bagi semua jenjang Pendidikan di UNSRI yang terdiri dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Besarnya biaya UKT UNSRI dibedakan melalui jalur masuknya. Jika anda lulus seleksi masuk UNSRI melalui jalur nasional (SNBP atau SNBT), maka anda akan kuliah di Inderalaya dan biaya UKT-nya akan lebih murah. Sedangkan jika anda lulus seleksi masuk UNSRI melalui jalur USM, maka anda akan kuliah di kampus Palembang dengan biaya UKT lebih mahal.

UKT dari setiap mahasiswa ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua dari masing-masing mahasiswa tersebut. Informasi besarnya penghasilan orang diperoleh saat mahasiswa yang bersangkutan melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan lulus seleksi masuk UNSRI.

Maka dari itu, pada saat melakukan pendaftaran ulang, anda harus mengisi data secara benar dan jujur karena akan berkaitan dengan penentuan besarnya UKT yang harus dibayar.

Dengan adanya UKT ini, maka tidak ada lagi bayaran uang pangkal atau uang bangunan. Anda cukup membayar biaya UKT karena di dalam UKT telah mencakup biaya-biaya lainnya.

Biaya UKT dibayar satu kali setiap awal semester. Misalnya pada saat semester 1, anda membayar UKT sebesar Rp. 2.400.000,- maka untuk semester berikutnya UKT yang harus dibayar juga sama yaitu Rp. 2.400.000,-. Besarnya UKT tersebut berlaku sampai selesai kuliah.

Apabila anda merasa keberatan dengan biaya UKT yang anda bayar tersebut, maka anda dapat mengajukan penurunan UKT dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Informasi mengenai prosedur penurunan UKT dapat anda tanyakan langsung pada bagian administrasi keuangan UNSRI.

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi. Bidikmisi diajukan sejak awal saat penerimaan mahasiswa baru.

Jika anda mendapatkan Bidikmisi, maka biaya UKT anda berada pada ketogori rendah. Pada kenyataannya, biaya UKT tersebut telah ditanggung oleh Pemerintah sehingga anda bisa kuliah secara gratis serta anda akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Baca juga : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Rincian Biaya Kuliah UNSRI Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah UNSRI jalur SNBP dan SNBT menggunakan sistem UKT. UKT untuk kedua jalur seleksi ini dibedakan menjadi 8 UKT yaitu dari UKT I sampai UKT VIII.

Setiap program studi di UNSRI memiliki nilai UKT terendah dan UKT tertinggi. UKT terendah adalah UKT I dan UKT tertinggi adalah UKT VIII. Berikut rincian informasinya :

UKT I dan UKT II

UKT diperuntukkan bagi mahasiswa penerima Bidikmisi. Sedangkan mahasiswa yang telah mendaftar Bidikmisi namun dinyatakan tidak lulus seleksi, maka UKT nya akan dimasukke ke dalam kategori UKT II. UKT I di UNSRI yaitu Rp. 500.000 , sama untuk semua program studi. Sedangkan UKT II yaitu Rp. 1.000.000 , sama untuk semua program studi.

UKT III

UKT III bervariasi tergantung program studi. UKT terendah pada UKT III ini yaitu Rp. 1,250,000 dan UKT tertinggi yaitu Rp. 4,550,000. UKT tertinggi tersebut ada pada progam studi Pendidikan Dokter.

UKT IV

UKT terendah pada UKT IV yaitu Rp. 1,500,000 dan UKT tertingginya yaitu Rp. 8,025,000. UKT tertinggi ada pada progam studi Pendidikan Dokter.

UKT V

UKT terendah pada kelompok UKT IV ini adalag Rp. 1,750,000 dan yang tertinggi yaitu Rp. 10,000,000. Sudah dipastikan UKT tertinggi tersebut adala UKT pada progam studi Pendidikan Dokter.

UKT VI

Pada UKT VI, nilai UKT nya juga bervariasi mulai dari Rp. 2,000,000 hingga Rp. 11,900,000 dimana UKT tertinggi tersebut selalu ada pada progam studi Pendidikan Dokter.

UKT VII

UKT progam studi Pendidikan Dokter pada UKT VII yaitu Rp. 15,950,000 yang merupakan UKT tertinggi pada UKT VII. UKT terendahnya yaitu Rp. 2,100,000.

UKT VIII

UKT VIII adalah UKT tertinggi yang ada di UNSRI. Pada UKT VIII, UKT progam studi Pendidikan Dokter mencapai Rp. 20.000,000 yang merupakan UKT tertinggi di UKT VIII. UKT termurah di UKT VIII yaitu Rp. 2,200,000.

Itulah rincian UKT UNSRI jalur SNBP dan SNBT. Program studi yang UKT-nya murah biasanya adalah program studi pada Fakultas MIPA dan FKIP.

Berikut ini admin tampilkan rincian UKT pada tiap program studi di UNSRI jalur SNBP dan SNBT.


Sumber gambar : www.unsri.ac.id

Rincian Biaya Kuliah UNSRI Jalur USM

UKT pada jalur USM ini tidak seperti pada UKT jalur SNBP dan SNBT. UKT pada jalur  SNBP dan SNBT terdiri dari UKT kelompok I hingga UKT kelompok VIII. Sedangkan UKT pada jalur USM hanya ada 1 kelompok saja. Jadi biaya UKT untuk mahasiswa dalam satu program studi disamaratakan.

Kelompok Saintek dari SLTA ke S1
  • UKT di Fakultas Teknik untuk Program Studi Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Geologi : Rp. 9.120.000,00
  • UKT di Fakultas Pertanian untuk Program Studi Agroekoteknologi, Agribisnis, Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, Peternakan, Agronomi, Proteksi Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hama Dan Penyakit Tanaman : Rp. 4.900.000,00
  • UKT di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Mesin : Rp. 5.520.000,00
  • UKT di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ilmu Kelautan : Rp. 2.250.000,00, kecuali program studi Farmasi yaitu Rp. 6.250.000,00
  • UKT di Fakultas Ilmu Komputer untuk Program Studi Teknik Informatika (Kelas Bilingual), Sistem Informasi (Kelas Bilingual), Sistem Komputer, Ilmu Kesehatan Masyarakat : Rp. 8.000.000,00
  • UKT Program Studi di Fakultas Kedokteran :
    1. UKT Program Studi Pendidikan Dokter (WNI) (1). BOP : Rp. 200.000.000 (Dibayar sekali pada saat masuk),  (2). Preklinik : Rp. 30.000.000 / semester, (3) Klinik : Rp. 45.000.000 / semester.
    2. UKT Program Studi Psikologi : Rp. 12.000.000,00
    3. UKT Program Studi Kedokteran Gigi : Rp. 13.200.000,00
    4. UKT Program Studi  Ilmu Keperawatan : Rp. 9.900.000,00
    5. UKT Program Studi Pendidikan Dokter (WNA) ditetapkan dengan Keputusan Rektor.

Kelompok Soshum dari SLTA ke S1
  • UKT di Fakultas Ekonomi untuk Program Studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, : Rp. 7.200.000,00
  • UKT di Fakultas Hukum untuk Program Studi Ilmu Hukum : Rp. 7.800.000,00
  • UKT di FKIP untuk Program Studi  Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd), Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini : Rp. 5.520.000,00
  • UKT di FISIP untuk Program Studi Administrasi Negara, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional : Rp. 6.480.000,00

Kelompok Saintek dari Diploma ke S1
  • UKT di Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat : Rp. 6.500.000,00
  • UKT di Fakultas Teknik untuk Program Studi  Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin : Rp. 9.500.000,00
  • UKT di Fakultas Kedokteran untuk Program Studi  Ilmu Keperawatan : Rp. 9.900.000,00
  • UKT di Fakultas Ilmu Komputer untuk Program Studi Sistem Informasi (Kelas Profesional): Rp. 8.500.000,00

Kelompok Soshum dari Diploma ke S1
  • UKT di Fakultas Ekonomi untuk Program Studi Manajemen, dan Akuntansi : Rp. 7.500.000,00

Kelompok Saintek dari SLTA ke Diploma
  • UKT di Fakultas Ilmu Komputer untuk Program Studi Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Komputer Jaringan Rp. 5.600.000,00

Kelompok Soshum dari SLTA ke Diploma
  • UKT di Fakultas Ekonomi untuk Program Studi Akuntansi, Kesekretariatan : Rp. 4.400.000,00
  • UKTdi Fakultas Ilmu Komputer untuk Program Studi Komputerisasi Akuntansi : Rp. 5.600.000,00

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNSRI
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Anda juga bisa membaca artikel lainnya :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Biaya Kuliah UNSRI (Universitas Sriwijaya). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan memberi pencerahan untuk anda terutama yang ingin kuliah di UNSRI.

Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada. Sekian informasi dari admin dan salam sukses.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.