Biaya Kuliah UNHAS 2024/2025 (Universitas Hasanuddin)

Biaya Kuliah UNHAS 2024 -- Info Biaya Kuliah UNHAS, Biaya Pendidikan UNHAS, Biaya UKT UNHAS, Biaya SPP UNHAS, Biaya Studi UNHAS, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNHAS, Biaya Kuliah Per Semester UNHAS, Rincian Biaya Kuliah Universitas Hasanuddin. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UNHAS 2024/2025 (Universitas Hasanuddin). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi gambaran awal bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNHAS. Mari simak informasinya.

http://www.biayakuliah.web.id/

UNHAS atau Universitas Hasanuddin adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Utara, yang merupakan Universitas tertua di Sulawesi yang didirikan pada 11 Juni 1956.

Alamat Kampus UNHAS : Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

UNHAS telah menyelenggarakan beberapa jenjang pendidikan yaitu jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNHAS, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNHAS.

Pendaftaran calon mahasiswa baru UNHAS dilakukan melalui jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri (PM-JNS), serta pendaftaran jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan memilih salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di atas.
Beasiswa Kuliah UNHAS
Ada keterkaitan antara jalur penerimaan mahasiswa baru dengan besarnya biaya kuliah, yaitu biaya kuliah mahasiswa baru untuk jalur mandiri jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya kuliah jalur SNBP atau SNBT.

Maka dari itu, sebaiknya anda berusaha agar bisa masuk ke UNHAS melalui jalur SNBP atau SNBT agar biaya kuliah yang harus dibayar nantinya tidak begitu mahal.

Biaya kuliah UNHAS sejak tahun 2013 telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana penentuan besarnya UKT didasarkan pada besarnya kemampuan atau penghasilan orang tua calon mahasiswa tersebut.

Penentuan besarnya UKT didasarkan pada data-data yang diisi oleh mahasiswa baru pada saat pendaftaran ulang setelah mahasiswa baru tersebut dinyatakan lulus seleksi masuk UNHAS. Mahasiswa baru tersebut mengisi sejumlah data, salah satunya data penghasilan orang tua.

Setelah mendapatkan informasi mengenai besarnya penghasilan orang tua mahasiswa baru tersebut, maka panitia seleksi mahasiswa baru UNHAS menentukan besarnya UKT yang harus dibayar. Kemudian mahasiswa baru tersebut membayar UKT di Bank yang telah ditunjuk.

Bagi anda yang calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

Pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan pada saat dengan pendaftaran calon mahasiswa baru. Apabila anda mendapatkan KIP Kuliah, maka biaya kuliah akan ditangung oleh Pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku.

Berikut akan diberikan data-data besarnya UKT tiap program studi yang ada di UNHAS. Sebagai catatan bahwa UKT jalur mandiri UNHAS (UKT PM-JNS) adalah UKT kelompok V.

Rincian UKT UNHAS


Sumber gambar : https://unhas.ac.id

Penting!!!

  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNHAS
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UNHAS
Demikianlah informasi tentang Biaya Kuliah UNHAS (Universitas Hasanuddin) yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut berguna terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNHAS. 

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk semua.