Beasiswa Kuliah UNHAS 2018/2019 (Universitas Hasanuddin)

Beasiswa Kuliah UNHAS 2018 -- Pendaftaran Beasiswa Kuliah UNHAS, Syarat dan Cara Daftar Beasiswa UNHAS, Daftar Beasiswa Kuliah UNHAS, Beasiswa Kuliah D3 / S1 di Universitas Hasanuddin, Persyaratan Beasiswa Kuliah UNHAS. Penawaran Beasiswa di UNHAS. 2020. 2021.

Kali ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Beasiswa Kuliah UNHAS 2018/2019 (Universitas Hasanuddin). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa atau mahasiswa UNHAS yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Universitas Hasanuddin atau yang dikenal dengan nama UNHAS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia yang berada di kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang didirikan pada 10 September 1956.

Bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di PTN, UNHAS adalah salah satu pilihan yang tepat. Disini kamu bisa mempelajari berbagai bidang ilmu seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

Jalur seleksi yang bisa diikuti untuk bisa masuk ke UNHAS yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur mandiri.

Ketika kamu dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru UNHAS, maka kamu diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang dengan menyerahkan berkas-berkas pendaftaran dan melakukan pembayaran biaya kuliah. Infomasi mengenai biaya kuliah UNHAS dapat dilihat pada artikel berikut
 Baca juga : Biaya Kuliah UNHAS 
Besarnya biaya kuliah UNHAS telah menggunakan sistem UKT yang besarnya ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua yang menanggung beban kuliah mahasiswa yang bersangkutan.

Untuk mahasiswa yang orang tuanya kaya, maka UKTnya berada pada level atas, sedangkan untuk mahasiswa yang orang tuanya sedang-sedang saja, maka UKTnya berada pada level sedang, dan untuk mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu, maka UKTnya berada pada level rendah atau bisa mengajukan Bidikmisi.
Baca juga : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi
Setelah mengetahui besarnya biaya kuliah di UNHAS, mungkin ada beberapa mahasiswa yang mengalami keberatan dengan biaya kuliah tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir!!!

UNHAS mengupayakan pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik, ektra kurikuler, serta yang kurang mampu dari segi ekonominya

Berbagai jenis beasiswa yang bersumber dari dana DIPA UNHAS, Dirjen Pendidikan Tinggi serta donatur baik swasta maupun BUMN, disalurkan kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria.

Adapun informasi lengkap mengenai Beasiswa Kuliah UNHAS dapat disimak di bawah ini.

A. Jenis Beasiswa UNHAS

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh UNHAS kepada para mahasiswanya. Mahasiswa dapat memilih salah satu sesuai persyaratan dan kondiri diri. Berikut daftar beasiswa di UNHAS:
  1. Beasiswa Bidik Misi Dikti
  2. Mahasiswa Unggulan Aktivis (BMU)
  3. Peningkatan Prestasi Ektra Kurikuler (PPE)
  4. PT. INCO
  5. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  6. PT. Thiess Contractors Indonesia
  7. Mahasiswa yang lulus pada seleksi penerimaan mahasiawa Baru Pusat (BMU-SPMB Pusat)
  8. Yayasan Toyota Astra
  9. Surya Citra Televisi (SCTV)
  10. Peningkatan Prestasi Mahasiswa Baru (PPA-MABA)
  11. Bank Indonesia (BI)
  12. Pertamina Energi Equity Sengkang
  13. PT. Medco
  14. Indosat / PT. Telkom
  15. Yayasan Amal Masyarakat Pertanian Indonesia (YAMPI)
  16. PT. Jarum
  17. Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM)
  18. Supersemar
  19. Ikatan Alumni Unhas (IKA-UNHAS)
  20. Bank Export
  21. Bank Niaga
  22. Bank Bukopin
  23. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  24. Bank Tabungan Negara (BTN)
  25. MARUKI
  26. Yayasan Kalbe
  27. PERAK
  28. Yayasan Salim
  29. MARU BENI
  30. JAPAN
  31. Yayasan Pertamina
  32. PT. Tabungan Pensiun (TASPEN)
  33. Eka Tjipta Sarjana
  34. Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)
  35. Bank BCA
  36. Komatsu
  37. Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM)

B. Persyaratan Umum Beasiswa

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan salah satu beasiswa di atas, maka harus melengkapi persyaratan umum berikut ini:
  1. Mahasiswa Aktif (terdaftar sebagai mahasiswa Unhas tidak sedang cuti)
  2. Mempunyai IPK minimal 2,75. (Transkrip Nilai)
  3. Keterangan penghasilan orangn tua 
  4. Foto copy kartu keluarga,kartu mahasiswa,dan bukti pembayaran SPP terakhir
  5. Fas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna)
  6. Rekomendasi dari Pembantu Dekan III Fakultas
  7. Keterangan tidak sedang menerima beasiswa ,dari Pembantu Dekan III Fakultas 
  8. Keterangan berkelakuan baik, dari Pembantu Dekan III Fakultas
  9. Mempunyai Rekening Tabungan yang disesuaikan dengan kartu mahasiswa
  10. Surat Keterangan Dokter (Bebas Narkoba).

C. Persyaratan Khusus Beasiswa

Selain memenuhi persyaratan umum di atas, mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan khusus untuk beberapa jenis beasiswa. Dari 37 jenis beasiswa di atas, ada 23 jenis yang hanya mempunyai persyaratan umum dan 14 jenis beasiswa lainnya disamping persyaratan umum juga mempunyai persyaratan khusus antara lain:
  1. Beasiswa PT. Tabungan Pensiun (TASPEN): Diperuntukan khusus kepada putra-putri Pegawai Negeri Sipil yang bergolongan I dan II
  2. Beasiswa Yayasan Amal Masyarakat Pertanian Indonesia (YAMPI): Mahasiswa exakta dan setelah selesai studynya wajib  menyerahkan thesis/skripsi dan foto 1 lembar 10 R
  3. Beasiswa Bank Indonesia (BI): Mahasiswa Fakultas Ekonomi - Hukum - Pertanian dan Kehutanan, Foto copy akte kelahiran/umur maximal 25  tahun, SKS telah dicapai  90 – 120 SKS
  4. Beasiswa PT. Jarum: Mengikuti psikotest ringkas oleh PT. Jarum dan aktif kegiatan organisasi kampus.
  5. Beasiswa PT. Medco: Mahasiswa Fakultas Teknik (jurusan geologi / mesin), Fakultas Ekonomi, Ikatan Dinas pada PT. Expan Nusantara (melalui seleksi)
  6. Beasiswa Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM ): Mahasiswa yang memiliki  Usaha.
  7. Beasiswa Yayasan Kalbe: Khusus Mahasiswa Kedokteran yang telah tugas akhir.
  8. Beasiswa PT. Thiess Contractors Indonesia: Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Isipol, FKM, Dapat berbahasa Inggris dan tertulis, Ikatan Dinas & Magang ke Perusahaan pada waktu libur
  9. Beasiswa Mahasiswa Unggulan Aktivis: Mahasiswa yang menjabat dalam organisasi mahasiswa, Memiliki sertifikat pendukung aktifis
  10. Beasiswa Peningkatan Prestasi  Extra Kurikuler (PPE): Mahasiswa yang mempunyai prestasi dalam bidang seni, olah raga, keilmuan baik lokal maupun Nasional bahkan Internasional dibuktikan dengan sertifikat / Surat Keputusan
  11. Beasiswa PT. Jarum: Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dibuktikan dengan sertifikat dan Surat Keputusan.
  12. Beasiswa Komatsu: Khusus Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin
  13. Beasiswa BAZNAS: Diperuntukkan untuk satu keluarga dimana di dalamnya belum ada yang sarjana dan dari keluarga Muslim. 

E. Jadwal Pengusulan Beasiswa

Jadwal pengusulan beasiswa tersebut di atas tergantung pada donatur, namun umumnya dilakukan pada awal tahun berjalan. Jadwal lengkap dapat dilihat di websi resmi Kemahasiswaan UNHAS.

F. Mekanisme Pengusulan Memperoleh Beasiswa

Berkas setiap mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan jenis beasiswa yang diminati, disampaikan ke Bagian Kemahasiswaan masing-masing Fakultas untuk selanjutnya secara kolektif dikirim ke Universitas Hasanuddin untuk diproses lanjut ke donatur / sumber pemberi dana.

Jika usulan beasiswa telah mendapat pengesahan / persetujuan dari donatur, maka selanjutnya adalah pencairan dana, dengan mentransfer ke rekening masing-masing mahasiswa tersebut.


Sumber : http://www.unhas.ac.id/tekpert/index.php/kemahasiswaan/beasiswa.html

Mari baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Beasiswa Kuliah UNHAS. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk kamu. Admin turut mendoakan semoga kamu bisa memperoleh salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh UNHAS. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini.