Biaya Kuliah UNEJ 2024/2025 (Universitas Negeri Jember)

Biaya Kuliah UNEJ 2024 -- Info Biaya Kuliah UNEJ, Biaya Pendidikan UNEJ, Biaya UKT UNEJ, Biaya SPP UNEJ, Biaya Studi UNEJ, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNEJ, Biaya Kuliah Per Semester UNEJ, Biaya Kuliah Universitas Negeri Jember. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UNEJ 2024/2025 (Universitas Negeri Jember). Infomasi ini ditujukan terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNEJ. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UNEJ atau Universitas Negeri Jember adalah salah satu Universitas Negeri yang ada di Jawa Timur tepatnya berada di Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121.

Program-program pendidikan yang diselenggarakan oleh UNEJ terdiri dari program Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Program Profesi.

Bagi anda yang ingin kuliah, maka bisa kuliah UNEJ. Banyak pilihan program studi yang bisa dipiliha ketika kuliah di UNEJ. Jika salah satu program studi tersebut ada yang anda minati, maka silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNEJ.

UNEJ membuka 3 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program Diploma dan Sarjana yaitu jalur seleksi nasional yaitu SNBP dan SNBT, dan jalur mandiri yang dikenal dengan nama SBMPTBR.

Setelah anda melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi, maka selanjutnya tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

Bagi anda yang dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNEJ.

Pada saat melakukan pendaftaran ulang, salah satu data yang harus anda isi adalah data penghasilan orang tua anda dimana data tersebut akan dijadikan dasar penentuan besarnya pembayaran biaya kuliah UNEJ.

Pembayaran biaya kuliah UNEJ saat ini menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana setiap mahasiswa baru akan dikenakan pembayaran UKT tiap awal semester yang besarnya sama sejak awal semester 1 hingga semester akhir.

UKT UNEJ memiliki 6 level. Penentukan level UKT tersebut didasarkan pada tingkat penghasilan orang tua anda. Jika orang tua anda termasuk orang kaya, maka UKT anda akan berada pada level tinggi, begitu juga sebaliknya, jika orang tua anda berpenghasilan rendah, maka UKT anda akan berada pada level rendah pula.

Maka dari itu, pada saat pengisian data penghasilan orang tua, maka anda harus mengisi data secara jujur, lengkap, dan benar. Jangan sampai anda melakukan pemalsuan data karena panitia verifikasi UKT UNEJ akan mengecek kebenaran data tersebut.

Ada perbedaan pembayaran biaya kuliah UNEJ antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SNBP dan SNBT, dengan jalur SBMPTBR. 

Berikut kutipan dari web UNEJ :
“Menurut Moh. Hasan (Rektor UNEJ), mahasiswa baru dari jalur SNBP dan SNBT akan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi enam golongan berdasarkan kemampuan ekonomi masing-masing. Sementara bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTBR, membayar UKT yang besarannya sudah ditentukan. Mahasiswa yang diterima dari jalur SBMPTBR juga dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi."
Dari pernyataan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu mahasiswa dari jalur SNBP dan SNBT UKT nya dibedakan menjadi 6 golongan / level dan tidak ada biaya lainnya selain UKT tersebut. Sedangkan mahasiswa dari jalur SBMPTBR UKT nya hanya ada  satu level saja yang besarnya telah ditentukan. UKT SBMPTBR kemungkinan besar lebih mahal dari UKT jalur SNBP atau SNBT. Selain itu, mahasiswa dri jalur SBMPTBR juga harus membayar Sumbangan Pengembangan Institusi.

Selain keterangan di atas, khusus untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu secara ekonomi maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi. Bidikmisi di UNEJ terdiri dari KIP Kuliah jalur SNBP, KIP Kuliah jalur SNBT, dan KIP Kuliah jalur SBMPTBR.


Pengajuan Bidikmisi tersebut dilakukan sejal awal bersamaan dengan pendaftaran mahasiswa baru UNEJ. Apabila pengajuan Bidikmisi diterima, maka biaya UKT anda akan ditanggung oleh Pemerintah selama masa studi normal di UNEJ.

Berikut ini admin berikan informasinya tentang UKT UNEJ Jalur SNBP dan SNBT.

Rincian UKT UNEJ Jalur SNBP dan SNBT



Sumber gambar : unej.ac.id

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di UNEJ
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah infomasi tentang Biaya Kuliah UNEJ (Universitas Negeri Jember) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebur dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. Mari turut berbagi infomasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Cukup sekian dan terima kasih.