Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan UMY 2020/2021

Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan UMY 2020 -- Info Beasiswa UMY, Beasiswa di UMY, Beasiswa Kuliah UMY, Beasiswa Jalur Prestasi, Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM), Beasiswa Hafizh Muhammadiyah UMY (Hafizh), Beasiswa Prestasi Unggulan UMY (BPU), Beasiswa Dokter Muhammadiyah, Beasiswa Bidikmisi, Bantuan Dana Pendidikan di UMY. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan UMY 2020/2021 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Infomasi ini ditujukan khususnya bagi calon mahasiswa UMY atau yang telah menjadi mahasiswa UMY. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

UMY atau yang kepanjangan namanya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi muhammadiyah yang ada di Indonesia yang terletak di Yogyakarta.

Dalam website resmi UMY (www.umy.ac.id) dijelaskan bahwa UMY sebagai universitas yang Unggul dan Islami merupakan pilihan bijaksana untuk memulai pembangunan karakter diri di perguruan tinggi, karena sistem perkuliahan maupun kehidupan di kampus telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Nah, bagi kalian yang masih bingung dalam menentukan pilihan untuk memilih tempat kuliah, UMY bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kalian. Kalian bisa memilih salah satu jurusan kuliah yang ada di UMY tentunya disesuaikan dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki.

Setelah diterima menjadi mahasiswa baru di UMY, disini kehidupan kampus akan dimulai. Pertama, kalian harus membayar biaya kuliah semester 1 dan biaya lainnya yang telah ditetapkan oleh UMY, kemudian kalian harus mengikuti peraturan-peraturan yang ada di kampus UMY.

Mengenai biaya kuliah, bagi sebagian orang mungkin tidak berat untuk membayarnya, namun bagi sebagian lainnya, merasa berat untuk membayar biaya tersebut. Hal ini dikarenakan perbedaan mengenai penghasilan keluarga dari mahasiswa tersebut.

Untuk memberikan keringanan bagi mahasiswa yang kesulitan dalam membayar biaya kuliah serta untuk proses kelancaran selama kuliah, UMY memberikan bantuan dana pendidikan serta beasiswa bagi para mahasiswanya.

Berikut ini akan diuraikan lebih rinci mengenai Beasiswa Kuliah UMY dan Bantuan Dana Pendidikan di UMY.

I. Beasiswa Kuliah UMY

UMY memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Adapun macam-macam beasiswa yang ditawarkan yaitu :
  1. Beasiswa Jalur Prestasi
  2. Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM)
  3. Beasiswa Hafizh Muhammadiyah UMY (Hafizh)
  4. Beasiswa Prestasi Unggulan UMY (BPU)
  5. Beasiswa Dokter Muhammadiyah
  6. Beasiswa Bidikmisi

Berikut penjelasannya :

1. Beasiswa Jalur Prestasi

Beasiswa Jalur Prestasi ditujukan kepada calon mahasiswa baru yang diterima melalui Jalur Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan (PMDK), Jalur Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB), dan Jalur Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP). 

Beasiswa Jalur Prestasi akan diberikan kepada calon mahasiswa baru yang lulus seleksi dengan peringkat 1, 2, dan 3 dengan rincian sebagai berikut :

Peringkat 1 :
  • Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Tahun Pertama
  • Bebas Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tetap dan variabel Tahun Pertama

Peringkat 2 :
  • Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Semester Pertama
  • Bebas Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tetap dan variabel Semester Pertama

Peringkat 3 :     
  • Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Semester Pertama

Persyaratan Calon Penerima :
  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK dan sederajat yang lulus pada tahun ini
  2. Pendaftaran online di http://jalurprestasi.umy.ac.id/
  3. Melengkapi formulir dengan mengupload :
    1. Scan nilai raport kelas X – XII/semestar 1 s/d semester 5 (khusus PMDK, PSB, dan PBUP)
    2. Scan nilai UAN SMP khusus pendaftar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (khusus PMDK, PSB, dan PBUP)
    3. Pas foto terbaru
    4. Scan sertifikat bukti prestasi non akademik (jika ada)
    5. Scan surat keterangan aktif pada organisasi Muhammadiyah dari Pimpinan Muhammadiyah setempat (khusus Jalur PBUP)
    6. Scan surat keterangan aktif sebagai pengurus dari pimpinan organisasi (khusus Jalur PBUP)
    7. Scan kartu anggota organisasi (khusus Jalur PBUP)

Tidak semua mahasiswa baru bisa mengikuti seleksi beasiswa ini. Hanya mahasiswa pada program studi tertentu yang bisa mengikutinya. Untuk melihat program studi ada saja yang bisa mendaftar, silahkan lihat langsung di website resmi.

2. Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah

Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah diberikan pada mahasiswa baru yang memiliki potensi dan prestasi akademik yang baik serta aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah khususnya Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah.

Beasiswa yang diberikan adalah pembebasan seluruh biaya studi selama 4 tahun, yang akan dievaluasi setiap semester.  

Persyaratan Calon Penerima :
  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK atau yang sederajat yang lulus tahun ini atau tahun kemaren
  2. Mempunyai Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (NBM : Nomor Baku Muhammadiyah);
  3. Aktif di Ortom Muhammadiyah yang dibuktikan dengan SK kepengurusan atau Surat keterangan Aktif;
  4. Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Ortom Muhammadiyah setempat;
  5. Sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga lain;
  6. Bersedia aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah setelah dinyatakan lolos mendapatkan beasiswa;
  7. Kurang mampu secara ekonomi dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan / Desa setempat, dengan kriteria :
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp. 3.000.000, 00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir, atau
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,00 setiap bulannya.

Calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah diterima tahun akademik ini dapat mendaftar Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah dengan cara mengisi formulir pendaftaran Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah yang dikeluarkan oleh Biro Admisi UMY lalu mengumpulkannya bersama berkas persyaratan lainnya.

3. Beasiswa Hafizh Muhammadiyah UMY (Hafizh)

Beasiswa Hafizh Muhammadiyah UMY (Hafizh) diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa penghafal Al-Qur’an sebanyak – banyaknya 20 mahasiswa. Beasiswa yang diberikan adalah pembebasan seluruh biaya studi selama 4 tahun, yang akan dievaluasi setiap semester.

Persyaratan Calon Penerima :
  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK atau yang sederajat yang lulus tahun ini atau tahun kemaren
  2. Memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz ditunjukkan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga yang mempunyai kewenangan
  3. Sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga lain.

Calon mahasiswa atau mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dengan cara yang sama seperti pada Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah yang telah dijelaskan di atas.

4. Beasiswa Prestasi Unggulan UMY (BPU)

Beasiswa Prestasi Unggulan diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau non akademik tingkat provinsi, nasional atau internasional. Beasiswa yang diberikan adalah pembebasan biaya studi selama 1 tahun.

Kriteria Prestasi Unggulan UMY (BPU)

Yang dimaksud prestasi dalam beasiswa ini adalah menjuarai lomba atau kontes di bidang akademik atau non akademik antara lain :
  1. Olimpiade (Sosial / Sains)
  2. Penelitian dan Karya Tulis Ilmiah
  3. Pidato dan Debat
  4. Olah Raga
  5. Seni Budaya
  6. Delegasi perwakilan Indonesia dalam event Internasional

Persyaratan Calon Penerima :
  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK atau yang sederajat yang lulus tahun ini atau tahun kemaren
  2. Memiliki prestasi tingkat provinsi, nasional atau internasional yang dibuktikan dengan sertifikat;
  3. Sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga lain.

Cara melakukan pendaftaran sama seperti pada Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah ataupun Beasiswa Hafizh Muhammadiyah UMY (Hafizh) yaitu mengisi formulir pendaftaran beasiswa yang disediakan oleh Biro Admisi UMY lalu mengumpulkannya bersama berkas persyaratan lainnya.

5. Beasiswa Dokter Muhammadiyah

Beasiswa Dokter Muhammadiyah diberikan kepada mahasiswa baru yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah / Aisyiyah dan Pondok Pesantren Muhammadiyah / Aisyiyah yang mempunyai motivasi dan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang mampu secara ekonomi.

Beasiswa yang diberikan adalah biaya selama kuliah (SPP, DPP, bantuan biaya hidup, buku dan penelitian) kepada calon mahasiswa baru program studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Persyaratan Calon Penerima :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulus Sekolah Menengah Umum dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang lulus tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi (lulusan 3 tahun terakhir)
  3. Pendidikan orang tua / wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  4. Berpotensi akademik baik
  5. Tidak buta warna
  6. Tidak mampu secara ekonomi yang ditunjukkan oleh surat keterangan dari Kelurahan / Desa setempat
  7. Merupakan anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah atau Pondok Pesantren Muhammadiyah/Aisyiyah dari keluarga kurang mampu
  8. Merupakan kader Muhammadiyah

Calon mahasiswa atau mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran yang dikeluarkan oleh Biro Admisi UMY lalu mengumpulkannya bersama berkas persyaratan lainnya.

6. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik yang baik.

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program sarjana (S1). Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima bantuan uang saku untuk biaya hidup yang diterimanya setiap 3 bulan sekali.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Bidikmisi untuk Calon Mahasiswa Baru

Catatan Penting :
  • Ketentuan pendaftaran beasiswa bisa saja berubah, maka dari itu baca juga panduan pendaftaran beasiswa yang ada di website resmi UMY. Lakukan pendaftaran beasiswa sesuai prosedur dan jadwal.

II. Bantuan Dana Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, melalui BMT (Baitul Maal wa Tamwil) UMY senantiasa menyediakan bantuan untuk para mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana pendidikan.

1. Program Pembiayaan Akademik

BMT UMY memberikan dana talangan kepada mahasiswa yang terkendala dalam pembayaran biaya kuliah seperti SPP, KKN dan lainnya. Syarat utama pengajuan Pembiayaan Akademik adalah pengajuan mahasiswa ini harus diketahui oleh pihak orang tua. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3.00 skala 4.00.

Secara rinci, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan dana talangan bagi mahasiswa, sebagai berikut:
  1. Mengisi Formulir Pengajuan Pembiayaan (Formulir dapat diambil di BMT UMY, Gedung AR. Fachruddin B lantai Dasar)
  2. Foto Copy KTP dan KTM
  3. Foto Copy KRS dan KHS
  4. Foto Copy KTP Orang Tua
  5. Foto Copy Kartu Keluarga
  6. Foto Copy Formulir Registrasi
  7. Foto Copy Slip Pembayaran semester sebelumnya

Dana Talangan SPP sendiri dibuka pada masa pembayaran semester baru. Setelah mengumpulkan seluruh persyaratan, mahasiswa juga akan diminta untuk mendapatkan persetujuan dari Dekan Fakultas mahasiswa yang bersangkutan.

2. Program Pembiayaan Sarana Akademik

Selain bantuan pembiayaan akademik, BMT UMY juga memberikan bantuan pembiayaan sarana akademik seperti laptop, sepeda motor dan handphone kepada mahasiswa yang membutuhkan. 

Syarat utama pengajuan Pembiayaan Sarana Akademik adalah mahasiswa aktif minimal semester 2, dengan Indeks Prestasi minimal 3.00 skala 4.00. Mahasiswa juga diwajibkan sudah menyelesaikan pembayaran akademik pada semester yang ditempuh untuk dapat mengajukan program ini. Sedangkan lama cicilan maksimal adalah satu tahun, tergantung pada masa studi mahasiswa yang bersangkutan.

Syarat-syarat lengkap pengajuan Pembiayaan Sarana Akademik sama dengan Pembiayaan Akademik, dengan tambahan sebagai berikut:
  1. Foto Copy Slip Pembayaran semester yang sedang ditempuh
  2. Uang Muka minimal 20%

Selain itu, BMT UMY juga memiliki program Gada dan Titip Kendaraan di BMT UMY. Program ini berlaku setiap masa libur mahasiswa. Keunggulan dari program ini adalah perawatan kendaraan akan tetap terjaga setiap harinya seperti pemanasan mesin motor.

Untuk biaya penitipan kendaraan ini adalah sebesar Rp 7.000,- per hari. Penitipan kendaraan ini tidak ada batas minimal, mahasiswa juga dapat menitipkan kendaraan hanya selama satu atau dua hari saja.

Sumber :
  • http://www.umy.ac.id/kuliah-di-umy/bantuan-dana-pendidikan
  • http://www.umy.ac.id/kuliah-di-umy/beasiswa

Catatan :
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UMY.
  • Untuk melengkapi informasi ini, silahkan baca di website resmi UMY


Demikianlah informasi mengenai Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan di UMY. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan salam sukses selalu.