Beasiswa Kuliah UMS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Beasiswa Kuliah UMS 2024 --  Syarat & Cara Daftar Beasiswa UMS, Beasiswa D3 / S1 / S2 di UMS, Beasiswa untuk Lulusan SMA / SMK / MA, Info Pendaftaran Beasiswa UMS, Penawaran Beasiswa UMS, Penerimaan Beasiswa untuk Mahasiswa UMS, Jenis Beasiswa Kuliah di UMS, Beasiswa Kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2026. 2027.

Informasi yang admin akan sampaikan kali ini berjudul Beasiswa Kuliah UMS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa atau yang telah menjadi mahasiswa di UMS. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS adalah Perguruan Tinggi Swasta yang merupakan salah satu dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia yang berkedudukan di Surakarta.

UMS merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia., hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih, diantaranya :
  • Universitas Terakreditasi A
  • Perpustakaan Terakreditasi A
  • Mendapat Kategori sebagai Perguruan Tinggi Utama Bidang Penelitian
  • Terpilih sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen (PTP Serdos) Mandiri dan Sertifikasi Guru (Sergur)
  • Pustakawan Terbaik Tingkat Kopertis VI
  • dan masih banyak lagi lainnya

Bisa kuliah di UMS adalah suatu kebanggaan tersendiri, apalagi bagi kamu yang telah lama bercita-cita untuk kuliah di kampus ini. Persiapan yang cukup lama telah terbayar saat kamu diterima di kampus ini.

Bagi mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama UMS, di setiap awal semester baru, UMS telah menetapkan bahwa setiap mahasiswanya wajib melakukan pembayaran biaya kuliah. Untuk mahasiswa baru, pembayaran biaya kuliah dilakukan pada saat pendaftaran ulang. Sedangkan untuk mahasiswa lama, pendaftaran biaya kuliah dilakukan pada setiap awal semester baru dimulai.

Untuk mengetahui besarnya biaya kuliah UMS, maka dapat dilihat pada artikel berikut :
Biaya Kuliah UMS
Setelah mengetahui besarnya biaya kuliah UMS, mungkin ada diantara kamu yang merasa keberatan dengan besarnya biaya tersebut. 

Tak perlu khawatir, UMS telah menyiapkan beasiswa untuk calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Dengan diberikannya beasiswa ini, diharapkan dapat meringankan beban biaya kuliah mahasiswa selama kuliah di UMS.

Ada beberapa macam beasiswa di UMS, yaitu BBUMD, Beasiswa Unggulan, Prioritas Internasional, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Hafidz Al-Qur’an.

Beasiswa tersebut ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SMA / SMK / MA yang melanjutkan pendidikan ke UMS yang memiliki keunggulan di bidang prestasi akademik atau non akademik, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, penghafal Al-Qur’an, atau prestasi-prestasi lain yang sesuai dengan ketentuan dari UMS.

Semua beasiswa bagi calon mahasiswa UMS memperhatikan faktor-faktor, antara lain prestasi calon, asal daerah, dan keterkaitan dengan Muhammadiyah. Bagi seorang hafidz, UMS juga memberi prioritas dalam penerimaan beasiswa.

Bagi kamu yang memenuhi persyaratan pendaftaran, maka dapat melakukan pendaftaran sesuai alur atau prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Infomasi rinci mengenai Beasiswa Kuliah UMS telah admin sediakan di bawah ini. Silahkan dibaca dan ikuti sesuai kondisimu.

A. BBUMD

BBUMD atau Beasiswa Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah adalah beasiswa yang diberikan kepada siswa yang berada di kelas XII SMA / SMK / MA pada tahun ajaran ini yang mempunyai prestasi dan kemampuan akademik yang baik, namun memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya.

1. Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Siswa kelas XII SMA / SMK / MA pada tahun ajaran ini (dibuktikan dengan fotocopy rapor semester V Gasal).
  2. Siswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah 20% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir BBUMD online).

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Siswa mengisi Formulir Pendaftaran BBUMD online yang dapat diterumkan di laman berikut http://pmb.ums.ac.id/beasiswa/
  2. Siswa mengirim dokumen berikut:
    • Hasil cetak pendaftaran dan portofolio (poin 1) atau formulir pendaftaran beasiswa,
    • Foto copy rapor 5 semester (yang dilegalisir sekolah) dan yang menunjukkan bahwa tahun akademik ini adalah sebagai siswa semester V Gasal, dan sebagai bukti pendukung prestasi akademik 20% terbaik di sekolah.
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (asli).
    • Foto kopi sertifikat-sertifikat penghargaan (dilegalisir sekolah) selama di SMA / SMK / MA (jika ada)

B. Beasiswa Unggulan Muhammadiyah (BU)

Beasiswa Unggulan Muhammadiyah diberikan untuk siswa kelas XII MA/SMA/SMK pada tahun akademik ini yang mempunyai prestasi, berkemampuan akademik tinggi (prestasi di sekolah 5% yang terbaik), aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. 

1. Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Siswa kelas XII MA / SMA / SMK pada tahun akademik ini (dibuktikan dengan foto copy rapor semester V Gasal).
  2. Siswa yang selama di sekolah terlibat aktif dalam organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah (misalnya kegiatan IRM, Aisyiyah, Panti Asuhan Muhammadiyah, dan lain-lain).
  3. Siswa yang memiliki prestasi akademik disekolah 5% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir BU online).

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran dan portofolio secara online di http://pmb.ums.ac.id/beasiswa/
  2. Mengirim berkas pendaftaran :
    • Foto kopi rapor selama 5 semester (yang dilegalisir sekolah) sebagai bukti pendukung prestasi akademik 5% terbaik di sekolah.
    • Surat Rekomendasi Organisasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat (Asli)
    • Hasil cetak Formulir Pendaftaran Beasiswa Unggulan Muhammadiyah online (Asli)
    • Hasil cetak portofolio BU keaktifan dan keterlibatan di Muhammadiyah online (Asli)
    • Fotokopi bukti prestasi lain (dengan legalisir sekolah) jika ada
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (Asli)

C. Beasiswa International Priority (BIP)

Beasiswa International Priority (BIP) merupakan beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda.

1. Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Siswa kelas XII SMA / SMK / MA pada tahun akademik ini (dibuktikan dengan fotocopy rapor semester V Gasal).
  2. Siswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah 5% terbaik (harus ada bukti dari sekolah, dan mengisi formulir BIP online).
  3. Siswa yang memiliki nilai TOEFL Bahasa Inggris institutional minimal 500.
  4. Siswa yang mendapat surat rekomendasi dari sekolahnya untuk mendaftar beasiswa BIP ini.

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran secara online di http://pmb.ums.ac.id/beasiswa/
  2. Menyertakan surat rekomendasi dari sekolah.
  3. Menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua yang disahkan oleh pejabat tempat institusi berkerja ataupun dari kepala desa bagi wirausaha / tani / buruh. Surat tersebut menyebutkan jumlah tanggungan keluarga.
  4. Mengirim hasil cetakan formulir pendaftaran pada poin 1 diatas atau formulir pendaftaran beasiswa dan portofolio.

3. Berkas Pendaftaran
  1. Foto kopi rapor selama 5 semester (yang dilegalisir sekolah) sebagai bukti pendukung prestasi akademik 5% terbaik di sekolah.
  2. Surat rekomendasi dari sekolah.
  3. Hasil cetak Formulir Pendaftaran BIP online (Asli)
  4. Hasil cetak Portofolio BIP online (Asli)
  5. Hasil cetak Formulir Pendaftaran BIP online (Asli)
  6. Foto kopi nilai TOEFL Bahasa Inggris Institutional (legalisir)
  7. Foto kopi bukti prestasi lain (legalisir sekolah) jika ada.
  8. Surat keterangan penghasilan orang tua (asli).

D. Beasiswa Prestasi (BP)

Beasiswa Prestasi (BP) merupakan beasiswa yang ditujukan bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik dan terutama ditunjang dengan prestasi bidang olah raga atau bidang ilmiah dan seni, namun memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya.

1. Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Siswa kelas XII SMA / SMK / MA pada tahun akademik ini (dibuktikan dengan fotokopi rapor semester V Gasal).
  2. Siswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah 25% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir BP online).
  3. Siswa yang memiliki prestasi bidang olah raga atau bidang ilmiah dan seni minimal juara di level propinsi yang diadakan oleh lembaga bereputasi (harus ada bukti sertifikat / piagam kejuaraan / lomba).

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Siswa mengisi Formulir Pendaftaran BP online di http://pmb.ums.ac.id/beasiswa/
  2. Siswa mengirim dokumen berikut:
    • Hasil cetak formulir pendaftaran BP online (asli) atau formulir pendaftaran beasiswa.
    • Foto copy rapor 5 semester (yang dilegalisir sekolah) dan yang menunjukkan bahwa tahun akademik ini adalah sebagai siswa semester V Gasal, dan sebagai bukti pendukung prestasi akademik 25% terbaik di sekolah.
    • Foto kopi sertifikat / piagam kejuaraan bidang olah raga atau bidang ilmiah dan seni (yang dilegalisir sekolah atau lembaga penyelenggara).
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (asli).

E. Beasiswa Hafidz Al-Qur’an (BHA)

Beasiswa Hafidz Al-Qur’an (BHA) adalah beasiswa yang diberikan kepada siswa kelas XII MA / SMA / SMK Sekolah Umum atau Pondok Pesantren dan hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz.

1. Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Siswa kelas XII MA / SMA / SMK pada tahun akademik ini (dibuktikan dengan foto copy rapor semester V Gasal).
  2. Siswa yang hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz.
  3. Siswa yang berasal dari Sekolah Umum/ Pondok memiliki prestasi akademik disekolah 10% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir BU online).
  4. Siswa yang berasal dari jalur Ijazah Ujian Paket, diwajibkan memenuhi syarat/ lolos tes akademik One Day Service Admission (ODS) UMS.

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran dan portofolio beasiswa Unggulan Muhammadiyah secara online
  2. Mengirim berkas pendaftaran
    • Untuk yang dari Sekolah Umum / Pondok: Foto kopi rapor selama 5 semester (yang dilegalisir sekolah) sebagai bukti pendukung prestasi akademik 10% terbaik di sekolah.
    • Untuk jalur Ijazah Ujian Paket: Foto kopi cetak sertifikat lolos tes akademik ODS tahun ini.
    • Surat Rekomendasi dari Sekolah/ Pondok asal (Asli).
    • Hasil cetak Formulir Pendaftaran BHA (Beasiswa Hafidz Al-Qur’an) online (Asli).
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (Asli).


          Untuk semua Jalur Beasiswa, Berkas dikirimkan ke alamat berikut :
          Mengirim berkas melalui pos ke Panitia PMB UMS, Jl. Ahmad Yani Tromol Pos I, Pabelan Surakarta 57102, atau Fax. +62 (271) 715 448, atau diserahkan ke panitia PMB di Gedung Siti Walidah UMS
          Kode :
          • Beri kode BBUMD di sudut kanan atas amplop untuk pendaftar beasiswa BBUMD
          • Beri kode BU di sudut kanan atas amplop untuk pendaftar beasiswa BU
          • Beri kode BP di sudut kanan atas amplop untuk pendaftar beasiswa BP
          • Beri kode BIP di sudut kanan atas amplop untuk pendaftar beasiswa BIP
          • Beri kode BHA di sudut kanan atas amplop untuk pendaftar beasiswa BHA

          Jadwal Pendaftaran

          Pendaftaran biasanya dibuka dalam 2 gelombang yaitu pada bulan April dan Juni. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di website resmi.


          Selain beasiswa-beasiswa di atas, tentunya masih ada lagi beasiswa lainnya di UMS. Silahkan temukan di web resmi UMS.

          Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

          Sumber : http://pmb.ums.ac.id/beasiswa/


          Itulah informasi mengenai Beasiswa Kuliah UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca di web resmi UMS. Apabila ada perubahan, maka ikuti yang ada di web UMS. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan semoga kamu mendapatkan salah satu beasiswa.