Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir

Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir -- Perkiraan Biaya Kuliah Semester Akhir, Rincian Biaya Kuliah Negeri dan Swasta, Rincian Biaya Proposal dan Skripsi, Rincian Biaya Yudisium dan Wisuda, Rincian Biaya Mata Kuliah Semester 8, Rincian Biaya Pendidikan Semester Akhir, Rincian Biaya Perkuliahan Semester Akhir di PTN dan PTS, Rincian Biaya Kuliah Mahasiswa Semester Akhir.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir. Informasi ini ditujukan khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan segera menyelesaikan perkuliahnya dalam 1 / 2 / 3 semester lagi. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Semester akhir merupakan semester yang menjadi penentu segera lulus atau tidaknya mahasiswa tersebut. Di semester akhir ini, mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhir. Jika bisa menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu, maka mahasiswa yang bersangkutan bisa segera lulus kuliah.

Tugas akhir di beberapa jenjang pendidikan tinggi dikenal dengan nama yang berbeda-beda, yaitu :
  • Tugas akhir jenjang DI, DII, DIII, DIV, dikenal dengan nama Laporan Tugas Akhir
  • Tugas akhir jenjang S1, dikenal dengan nama Skripsi
  • Tugas akhir jenjang S2, dikenal dengan nama Tesis
  • Tugas akhir jenjang S3, dikenal dengan nama Disertasi

Dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun masih terjangkau. Tentunya ini menjadi tambahan biaya yang harus dikeluarkan di semester akhir ini.

Terkait masalah biaya kuliah di semester akhir, akan dibahas secara rinci untuk biaya kuliah semester akhir di perguruan tinggi negeri (PTN dan PTKIN) dan biaya kuliah semester akhir di perguruan tinggi swasta (PTS).

A. Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir di Kampus Negeri (PTN dan PTKIN)

Seperti yang telah dibahas pada bahasan sebelumnya bahwa di kampus negeri (PTN dan PTKIN), pembayaran biaya kuliah telah mengunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Dalam sistem UKT tersebut, tidak ada lagi yang namanya biaya uang pangkal, biaya SKS, biaya UTS, biaya UAS, biaya almamater, biaya skripsi, biaya proposal, biaya wisuda, dan semacamnya, kecuali biaya praktek kemungkinan ada tambahannya. 

Pembayaran biaya UKT cukup satu kali dalam satu semester oleh setiap mahasiswa. Besarnya sama dari semester satu hingga semester akhir. Penentuan besar kecilnya level UKT didasarkan pada tingkat penghasilan orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan yang diketahui dari isian formulir registrasi ulang.

Jika pada semester sebelumnya, mahasiswa membayar biaya UKT misal sebesar Rp. 3.000.000,- , maka di semester akhir ini juga membayar Rp. 3.000.000,-

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan untuk biaya kuliah semester akhir yang kuliah di kampus negeri sebagai berikut :
  • Biaya kuliah semester akhir di kampus negeri (PTN dan PTKIN) besarnya sama seperti pada semester-semester sebelumnya. 
  • Pembayaran biaya kuliah semester akhir dilakukan di awal semester seperti biasanya
  • Tidak ada lagi biaya uang pangkal, biaya SKS, biaya UTS, biaya UAS, biaya almamater, biaya skripsi, biaya proposal, biaya wisuda, dan semacamnya.

Bagi mahasiswa semester akhir yang belum bisa menyelesaikan tugas akhirnya di semester tersebut, maka harus membayar biaya kuliah lagi untuk semester berikutnya.

Misalkan seperti ini ; ada mahasiswa semester 8 yang sedang dalam proses penyelesaian skripsi, tetapi mahasiswa tersebut belum bisa menyelesaikan skripsinya di semester 8 ini, otomatis harus menambah satu semester lagi, maka harus membayar biaya kuliah lagi.

Mengenai besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan, itu tergantung kebijakan pihak kampus masing-masing. Ada yang menentukan sama besarnya seperti pada semester-semester sebelumnya. Namun ada pula yang memberikan keringan biaya dengan menguranginya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai baya skripsi akan dibahas pada artikel berikutnya tentang Biaya Proposal dan Skripsi. Tunggu pembahasannya disini.

Bagi yang kuliah di kampus negeri, di semester akhir kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan sama seperti pada semester sebelumnya ditambah sedikit yang baru, berupa :
  • Biaya kos-kosan, biaya makan minum, biaya transportasi, biaya fotocopi, biaya beli kertas untuk ngeprint, biaya sumbangan buku ke perpustakaan, dan semacamnya.

Kita misalkan saja membuat perkiraan biaya kuliah semester akhir seperti ini :
  • Biaya kos-kosan untuk 6 bulan : Rp. 1.800.000,-
  • Biaya makan minum : Rp. 3.000.000,-
  • Biaya transportasi : Rp. 1.500.000,-
  • Biaya beli kertas untuk ngeprint : Rp. 150.000,-
  • Biaya fotocopy : Rp. 100.000,-
  • Biaya sumbangan buku ke perpustakaan : Rp. 100.000,-

Kira-kira biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 6.650.000,-

Total keseluruhan biaya kuliah semester akhir untuk mahasiswa yang kuliah di kampus negeri yaitu :
  • Biaya UKT ditambah biaya lainnya seperti diuraikan di atas, yaitu Rp. 3.000.000,- + Rp. 6.650.000,- = Rp. 9.650.000,-

Itulah rincian biaya kuliah semester akhir bagi mahasiswa yang kuliah di kampus negeri (PTN / PTKIN). Tentunya biaya kuliah tersrbut hanya perkiraan saja.

B. Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir Di Kampus Swasta (PTS)

Lain halnya dengan kuliah di kampus swasta (PTS), biaya kuliah mahasiswa semester akhir terbagi dalam beberapa macam, seperti :
  • Biaya SKS Skripsi, 6 SKS kira-kira dikali 50 ribu : Rp. 300.000,-
  • Biaya Ujian Skripsi : sekitar Rp. 500.000,-
  • Biaya Yudisium : sekitar Rp. Rp. 300.000,- 
  • Biaya Wisuda : sekitar Rp. 1.300.000,-
  • Biaya Toga dan Administrasi Akhir : sekitar Rp. 450.000,-
  • Biaya Cetak Ijazah : sekitar Rp. 200.000,-
  • Biaya Legalisir : sekitar Rp. 200.000,-
  • Biaya SKS Mata Kuliah (jika masih ada)
  • Biaya Lain-lain : sekitar Rp. 200.000,-

Jika ditotalkan dari perkiraan di atas, maka jumlahnya adalah Rp. 3.990.000,-

Itu belum ditambah dengan biaya di luar kampus. Pada perhitungan di atas, jumlahnya sekitar Rp. 6.650.000,-

Jika dijumlahkan seluruhnya, maka Rp. 3.990.000,- + Rp. 6.650.000,-. = Rp. 10.640.000,-

Itulah rincian biaya kuliah semester akhir bagi mahasiswa yang kuliah di kampus swasta (PTS). Tentunya biaya kuliah di atas hanyalah perkiraan saja. Untuk  biaya kuliah yang sesungguhnya bisa kalian hitung sendiri sesuai ketentuan di kampus masing-masing.

Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Rincian Biaya Kuliah Semester Akhir. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua, serta bisa memberikan gambaran seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan di semester akhir.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu luang yang kalian berikan untuk membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Ayo bantu like dan share artikel ini pada teman lainnya.