Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost -- Biaya Hidup Kuliah di Banjarmasin, Biaya Hidup Kuliah di ULM, Biaya Hidup di Banjarmasin untuk Mahasiswa, Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Banjarmasinn, Asrama ULM Banjarmasin, Estimasi Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin, Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Banjarmasin Dalam Sebulan, Biaya Kost di Banjarmasin, Biaya Hidup Dekat Kampus, Biaya Makan di Banjarmasin, Biaya Transportasi di Banjarmasin, Biaya Akomodasi di Banjarmasin, Biaya Keperluan Kuliah di Banjarmasin.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di Banjarmasin. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost bisa dikatakan tidak jauh berbeda seperti pada kehidupan Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kuliah selain kota Banjarmasin.

Kota Banjarmasin saat ini menjelma menjadi salah kota di Pulau Kalimantan yang memiliki banyak kemajuan di segala bidan, sehingga layak jika menjadi kota yang patut diperhitungkan di Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan sebagai salah satu tempat menuntut ilmu.

Banjarmasin merupakan kota dengan penduduk terpadat yang ada di Pulau Kalimantan serta merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke kota ini maka hal yang paling menonjol ialah banyaknya aliran sungai. Karena hal inilah yang membuat Banjarmasin mendapatkan julukan kota seribu sungai. 

Tak cukup sampai disitu saja, sebagai ibu kota Kalimantan Selatan, di sini banyak berdiri Mall serta kampus yang memiliki kualitas yang cukup baik dan banyak di minati oleh para Mahasiswa. Hal ini tentunya membuat nama Banjarmasin semakin dikenal ke seluruh penjuru tanah air. 

Banyaknya kampus yang berdiri juga menjadi salah satu kemajuan dari sisi SDM yang merupakan aset jangka panjang. Banyaknya tempat belajar di Banjarmasin inilah yang membuat banyak anak muda yang tinggal di Kalimantan ingin sekali meneruskan study mereka di salah satu kampus yang ada.

Meskipun ada banyak kampus yang berdiri di Banjarmasin, baik itu kampus PTN atau PTS, Kesemuannya memiliki satu tujuan yakni memberikan tempat pendidikan yang berkualitas serta menciptakan lulusan yang pintar, cerdas serta berahlak mulia.

Kampus yang namanya sudah tidak perlu diragukan lagi di Banjarmasin diantaranya yaitu Universitas Lambung Mangkurat, Politeknik Negeri Banjarmasin, Institut Agama Islam Negeri Antasari, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Akademi Kebidanan Abdi Persada, Universitas Achmad Yani, Politeknik Hasnur, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary, dll.

Anda tinggal memilih salah satu kampus tersebut sesuai dengan minat, bakat atau kemampuan terkait fakultas serta jurusan apa yang cocok.

Mengenai biaya hidup, untuk Biaya hidup selama menjadi mahasiswa di Kota Banjarmasin meliputi biaya tempat tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi dan biaya lain-lain yang mana kesemuannya perlu dipikirkan secara serius dan matang.

Anda juga harus meminta pendapat guru dan orang tua sebelum memutuskan ngekost di sekitar kampus tempat Anda menuntut ilmu. Kenapa demikian? hal ini karena masalah biaya ini akan sangat mempengaruhi keberlangsungan kuliah.

Sering kali kita mendengar banyak mahasiswa yang harus putus kuliah karena masalah biaya. Atau biasa dikenal dengan drop out. Hal ini sungguh sangat disayangkan jika sampai terjadi pada diri Anda.

Biaya hidup untuk anak kost di Banjarmasin selama sebulan kira-kira antara Rp. 1.000.000 – 3.000.000 Rupiah. Hal  ini tentu tidak jauh berbeda tentunya jika dibandingkan dengan biaya hidup anak kost khusus mahasiswa di tempat lainnya selama menempuh pendidikan.

Tetapi kebutuhan biaya hidup anak Kost ini tentunya juga bisa ditekan, agar tidak telalu membebani keuangan orang tua selama Anda menempuh pendidikan sebagai mahasiswa di kampus PTN atau PTS.

Selain kampus yang memiliki kualitas baik, untuk urusan sumber keilmuan di Banjarmasin ini cukup mudah untuk menemukan toko buku yang siap melayani segala kebutuhan sumber referensi yang di butuhkan oleh para pelajar.

Harga bukunya juga sangat beragam tentunya dan buku yang diperjualbelikan pun cukup beragam seperti buku tentang Ekonomi, Hukum, Tehnik, Kesehatan, Sastra, Kesehatan, Politik, Hubungan Internasional, Sejarah, Novel, Agama, dan seterusnya.

Nah, jika Anda sudah ada niatan untuk menempuh pendidikan ke salah satu perguruan tinggi yang ada di Banjarmasin, maka Anda harus menyiapkan diri untuk mengikuti jalur seleksi masuk yang dibuka.

Jika Anda lulus dan diterima sebagai mahasiswa di kampus PTN atau PTS yang ada di Banjarmasin. Maka hal selanjutnya yang harus Anda fikirkan adalah mencari tempat tinggal disana.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai biaya tempat tinggal serta biaya makan, biaya transportasi, dan biaya lain-lain.

1. Biaya Tempat Tinggal Selama Kuliah di Banjarmasin

Untuk pilihan tempat tinggal selama menjadi Mahasiswa di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Akademi Kebidanan Abdi Persada, Universitas Achmad Yani, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Hasnur, Institut Agama Islam Negeri Antasari, dan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary, banyak mahasiswa baru yang memilih tinggal di Kost meski ada juga yang tinggal di rumah kontrakan atau asrama Mahasiswa. Harga sewa Kost untuk mahasiswa sendiri di kisaran harga 250.00 – 500.000

Harga tersebut tentunya tergantung dari fasilitas apa saja yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa melakukan penawaran dengan pemilik Kost untuk deal mengenai harga Kost yang sudah di tentukan.

Tentunya kesemua pilihan tempat tinggal ini memiliki kelebihan serta kekurangan masing – masing. Anda tentunya bisa menentukan mana yang sekirannya membuat Anda nyaman serta tidak membuat menambah masalah baru selama kuliah.

Akan tetapi, bagi Anda yang kuliah di ULM, selain bisa ngekost juga bisa tinggal di dalam asrama selama kuliah, berikut ini adalah pilihan asrama yang bisa Anda pilih.

1. Asrama Wasaka I

Asrama ini berlokasi di Jl Universitas Lambung Mangkurat I Nomor 13, Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang mana bisa menampung mahasiswa sebanyak 36 orang dengan kapasistas kamar ada 18 kamar. Setiap kamar hanya bisa dihuni oleh 2 orang mahasiswa saja.

2. Asrama Wasaka II

Untuk asrama yang kedua ini letaknya tidak jauh dari asrama Wasaka I tetapi memiliki jumlah kamar lebih banyak yakni 21 kamar yang mana bisa menampung sebanyak 42 orang Mahasiswa.

3. Asrama Wasaka III

Untuk asrama yang ketiga ini letaknya juga sama. Tidak jauh dari letak asrama Wasaka I dan Wasaka II. Untuk asrama Wasaka yang ke tiga ini memiliki jumlah kamar yang sedikit yakni 6 kamar dengan daya tampung 12 orang mahasiswa.

Untuk biaya yang harus di bayar selama Anda tinggal di Asrama atau di Rusun Mahasiswa tentunya akan sangat berbeda. Hal ini karena harga nya lebih murah jika Anda harus tinggal ngekost

Karena banyaknya jumlah mahasiswa serta banyaknya minat mahasiswa yang ingin tinggal di asrama maka pihak kampus ULM telah menambah gedung baru berupa rusun yang di beri nama Rusunawa Universitas Lambung Mangkurat

Namanya juga rusun tentunya mampu menampung jumlah Mahasiswa yang lebih banyak yakni sekitar 204 orang mahasiswa dengan fasilitas yang didapatkan tidak jauh berbeda seperti Asrama Wasaka.

Buat Anda yang sudah mengikuti seleksi masuk kampus ULM dan dinyatakan lulus atau diterima maka Anda harus segera melakukan pendaftaran untuk tinggal di lingkungan asrama atau rusun ULM.

Kenapa demikian, ini karena jumlah Mahasiswa baru yang ingin tinggal diasrama dan rusun setiap tahun ajaran baru peminatnya selalu meningkat sedangkan jumlah kamar sangat terbatas.

Meski demikian, Anda tidak perlu berkecil hati jika tidak dapat kamar di asrama karena Anda masih bisa memilih untuk tinggal di tempat kost yang ada disekitar likungan kampus.

Selain kost, Anda juga bisa tinggal dengan menyewa rumah secara kolektif dengan beberapa teman mahasiswa seangkatan selama Anda menempuh kuliah di kampus ULM. Dengan demikian harga sewa rumah sedikit lebih ringan jika harus ditinggali sendiri.

Baca Juga : Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal

2. Biaya Makan Selama Kuliah di Banjarmasin

Jika untuk biaya hidup selama kuliah dan biaya tempat tinggal sudah ditentukan maka hal berikutnya yang harus dipersiapkan yakni biaya makan selama Anda menempuh pendidikan.

Makanan yang wajib Anda cicipi ketika sedang berada di Banjarmasin seperti; Soto Banjar, Ketupat Kandangan, Cacapan Asam, Lontong Orani, Sate Tulang, Bubur Bayaak, Nasi Itik Gambut, Gangan Humbut.

Harga seporsi makanan disekitar tempat Kost Mahasiswa di Banjarmasin secara umum di harga 10.000 – 15.000. Harga ini tentunya tergantung dari menu serta lauk makanan seperti apa yang Anda pesan. Kalau di hitung untuk biaya makan sebulan di kisaran angka 900.000 – 1.300.000.

Buat Anda yang merupakan Mahasiswa dari luar kota atau luar pulau Kalimantan maka harus belajar menyesuaikan dengan beragam menu masakan khas Banjarmasin yang mana tentunya memiliki rasa dan harga yang mungkin bisa dikatakan mahal atau murah untuk seporsi makanan.

Untuk itu Anda harus mulai membiasakan diri untuk menyantap makanan yang ada disekitar kampus. Seperti biasa untuk menekan biaya pengeluaran untuk makan setiap harinnya, maka Anda bisa membeli makanan di warung - warung yang ada di sekitar kampus.

Anda juga bisa memasak nasi sendiri di tempat kost dan membeli lauknya saja ke warung. Hal ini cukup efektif menekan biaya makan dan cara ini seperti ini banyak dilakukan oleh Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Banjarmasin.

3. Biaya Transportasi Selama Kuliah di Banjarmasin

Selain biaya tempat tinggal, biaya makan dan biaya hidup selama kuliah di Banjarmasin. Maka hal yang tak kalah penting berikutnya ialah biaya transportasi yang harus dikeluarkan jika jarak kampus dengan tempat Kost Anda memang memiliki jarak yang lumayan jauh.

Untuk alat transportasi yang menuju ke kampus ULM sendiri cukup mudah kok, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir atau takut untuk pilihan moda transportasi yang bisa dipilih.

Alat transportasi yang umum digunakan oleh mahasiswa yang ada di ULM seperti Bus, Angkot, Ojek dan Ojol. Anda tinggal sesuaikan dengan kemampuan keuangan mu mana yang menurutmu paling nyaman.

Penerapan tarif sesuai dengan jarak yang ditempuh, tetapi umunya dikisaran harga 3.000 – 10.000 untuk sekali jalan. Biaya transportasi ini tidak berlaku buat Anda yang memilih tinggal di Kost atau asrama kampus yang memang letaknya tidaklah jauh dari kampus sehingga bisa diakses dengan jalan kaki.

4. Biaya Lain-lain Selama Kuliah di Banjarmasin

Nah, setelah membahas beberapa Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost seperti biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi, kini perlu dipahami juga biaya-biaya lainya yang dikeluarkan.

Biaya lain-lain biasanya muncul secara tak terduga karena memang tidak ada di rincian. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi pembengkakan, sebaiknya Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan sedetail mungkin.

Terlebih lagi jika Anda mengambil jurusan fakultas kedokteran, tentunya biaya yang harus dikeluarkan akan lebih banyak jika dibandingkan dengan fakultas lainya. Seperti tugas-tugas kuliah yang harus Anda selesaikan.

Nah, biaya tugas-tugas kuliah di fakultas kedokteran seperti ngeprint, biaya praktek, biaya magang. Tentunya Anda harus bisa menyisihkan uang jajan untuk biaya yang tak terduga ini agar keuangan Anda tetap stabil.

Bukan hanya itu saja, biaya lain-lain juga meliputi kegiatan kumpul bareng teman-teman. Gak mungkin kan, jika lagi kumpul gak beli apa-apa. Setidaknya hanya sekedar beli minum dan bakso.

Itu juga termasuk biaya yang tak terduga loh. Biaya jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang ada di kota Banjarmasin rasanya juga perlu untuk merefresh otak agar tidak terlalu panas kebanyakan belajar meskipun cuma 1 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Hehehe..

Namun tetap dengan rincian biaya yang masih bisa Anda atur sedemikian rupa. Sebenarnya jalan-jalan itu gak terlalu penting sih, namun Anda juga perlu melakukan hal itu agar tidak terlalu jenuh ketika belajar, meskipun gak setiap hari jalan-jalanya.

Jika Anda tidak ingin membebankan orang tua untuk semua biaya kuliah yang akan Anda tempuh, Anda bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti berjualan sampingan. Anda bisa berjualan apa saja yang Anda bisa.

Jika Anda bisa membuat kue, apa salahnya berjualan kue. Jualan kue gak harus punya toko kue atau berkeliling dijalan menawarkan jualan Anda loh. Anda bisa berjualan kue secara online dengan cara menawarkan kue Anda ke teman-teman di sosial media dan jika ada yang pesan baru Anda bikinkan kuenya.

Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost tentunya harus diperhatikan secara detail, terlebih lagi biaya lain-lain yang tak terduga agar keuangan Anda ketika berkuliah masih tetap stabil dan tidak akan merasa kekurangan.

Baca Juga :

Itulah ulasan mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Banjarmasin untuk Anak Kost. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan gambaran bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo berikan like dan share artikel ini pada teman-teman lainnya.