Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) Untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) Untuk Anak Kost -- Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Solo,  Biaya Hidup di Solo untuk Mahasiswa Dalam Sebulan, Estimasi Biaya Hidup di Solo untuk Anak Rantau Kuliah, Biaya Hidup Kuliah di Solo, Biaya Asrama - Biaya Kost - Biaya Makan  Biaya Transportasi - Biaya Sehari-hari - Biaya Kebutuhan Kuliah, Biaya Di UNS dan UMS, Biaya Hidup di Solo untuk Anak Rantau Kost, Biaya Kost Deket Kampus di Solo. 2022. 2023.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) Untuk Anak Kost. Infomasi ini ditujukan bagi para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi terutama di kampus-kampus yang ada di Kota Solo. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Kota Surakarta atau disebut juga dengan kota Solo adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah, yang juga dikenal sebagai kota budaya.

Selain itu, terkenal pula akan keramah-tamahan warganya. Surakarta atau Solo juga terkenal akan universitasnya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Cukup banyak putra-pteri terbaik yang memilih melanjutkan pendidikannya di Solo. 

Hal tersebut karena universitas yang ada di Solo terkenal akan lulusannya yang berkualitas. Selain itu biaya hidup mahasiswa di Surakarta (Solo) untuk anak kost pun cukup terjangkau.

Apa saja biaya hidup yang harus kalian persiapkan sebelum memilih kuliah di kota solo? Yuk, simak ulasannya di bawah ini beserta tips-tips hemat untuk tinggal di kota Solo.

A. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) Untuk Anak Kost

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Solo, tidak usah khawatir mengenai biaya hidupnya. Karena biaya hidup di Solo sendiri terbilang cukup terjangkau dibanding dengan kota-kota besar lainnya yang ada di Jawa Tengah. Penasaran biaya hidup mahasiswa di Solo untuk anak kos berikut ini adalah rinciannya :

1. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Tempat Tinggal

Perihal tempat tinggal, seperti di kota-kota lainnya, di Solo pun banyak sekali pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih. Adapun pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih antara lain kost-kostan, sewa rumah, dan masih banyak lagi tempat tinggal yang bisa dipilih. 

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan pilihan dan keinginan sendiri. Namun bagi yang ingin lebih menghemat dan tidak ingin mengeluarkan biaya tempat tinggal yang terlalu besar, maka kostan adalah pilihan yang tepat.

Bagi yang ingin memilih kost sebagai tempat tinggal, biaya kost di Solo sendiri sangat terjangkau dan beragam. Hal tersebut disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan fasilitas yang disediakan. 

Semakin besar budget yang disediakan serta semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harga kostan. Rata-rata harga kostan di Solo sendiri kurang lebih berkisar diantara Rp. 1.500.000 sampai 3.000.000 per tahunnya.

Sedangkan bagi yang ingin menyewa rumah maka anggaran yang harus disiapkan harus lebih besar lagi dari kost. Rata-rata di Solo sendiri biaya sewa rumah berkisar Rp. 6.000.000 sampai dengan Rp. 12.000.000 per tahunnya. Tentunya biaya kostan lebih murah dibanding dengan sewa rumah. 

Bagi yang ingin berhemat, tentunya kostan menjadi pilihan tempat tinggal yang cocok selama menuntut ilmu di Solo.

2. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Makan

Bukan menjadi sebuah rahasia umum lagi jika rumah makan dekat kampus menyediakan berbagai macam menu dengan harga yang sangat terjangkau. Begitupun warung makan yang terletak di universitas yang tersebar se kota Solo. Setiap warung makan menyediakan berbagai macam menu dengan harga anak kuliahan alias sangat murah meriah dan terjangkau.

Harga yang ditawarkan dari warung maka Solo tentunya lebih murah dari harga warung makan yang ada di Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Di Solo sendiri, mahasiswa atau anak kost bisa makan dengan harga yang paling murah yakni Rp. 7.000 sampai dengan Rp. 20.000 dalam satu kali makan. Tentunya harga tersebut sangat murah dang terjangkau sekali bagi mahasiswa bukan.

Namun bagi yang ingin lebih hemat lagi, maka bisa dengan cara memasak sendiri. Dengan memasak sendiri, tentunya biaya untuk makan akan lebih hemat dibanding dengan makan di warteg atau warung makan. 

Gambaran kecilnya jika makan di warteg selama satu hari tiga kali makan di kali selama 30 hari yakni 7.000 X 3 = 21.000 X 30 = 630.000. Sedangkan jika masak sendiri ambillah satu kali masak untuk tiga kali makan Rp. 18.000. Maka 18.000 x 30 = 540.000.

Tentunya biaya masak sendiri lebih kecil dibanding dengan beli ke warteg. Selain itu, dengan memasak sendiri, maka menu yang akan dibuat pun bisa disesuaikan dengan selera makan pada saat itu.

Selain itu tentunya bisa berkreasi sendiri dan tidak bosna karena menu di warung makan yang itu-itu saja setiap harinya. Bakat memasak pun tentunya senantiasa di latih setiap harinya.
3. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Transportasi

Untuk masalah transportasi dari kostan ke kampus tidak usah khawatir, karena Solo merupakan kota yang tidak besar. Selain itu, berbagai macam transportasi ke kampus pun tersedia dan bebas untuk memilih.

Transportasi di Solo sendiri dimulai dari Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 15.000 sesuai dengan alat transportasi yang digunakan dan titik dari pemberangkatan. Tentunya biaya transportasi di Solo jauh lebih murah dibanding dengan transportasi di kota lain.

Namun bagi yang ingin lebih menghemat biaya transportasi, maka bisa memilih kostan atau tempat tinggal yang dekat dengan kampus. Sehingga tidak usah mengeluarkan biaya untuk transportasi sepeser pun. Selain itu, dengan berjalan ke kampus dari kostan bisa membuat tubuh sehat, karena hitung-hitung olahraga rutin setiap harinya.

4. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Liburan

Meskipun tujuan datang ke Solo untuk menuntut ilmu, namun tidak ada salahnya jika menyisihkan anggaran untuk biaya liburan. Agar pikiran dan tubuh yang senantiasa dipakai untuk kepentingan kuliah bisa fresh kembali. Anggaran untuk biaya liburan pun tidak usah besar-besar, terlebih di Solo sendiri banyak destinasi wisata yang menyuguhkan tiket masuk gratis.

Itu artinya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh sendiri hanya mengeluarkan ongkos naik transportasi umum saja. Usahakan untuk menganggarkan minimal Rp. 200.000 untuk biaya liburan per bulannya. Dengan biaya minim tersebut, tubuh dan pikiran pun bisa segar kembali setelah menjalankan aktifitas kuliah yang padat.

5. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Kebutuhan Pribadi

Biaya hidup mahasiswa di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang selanjutnya adalah biaya kebutuhan hidup. Untuk kebutuhan hidup sendiri anggarkan sebesar Rp. 400.000, anggaran tersebut untuk membeli kebutuhan pribadi seperti membeli makeup, sabun mandi, pasta gigi, shampo, kuota, dan kebutuhan pribadi yang lainnya. Usahakan kebutuhan pribadi yang benar-benar penting saja yang dibeli.

6. Biaya Hidup Mahasiswa Di Surakarta (Solo) : Biaya Membeli Buku Dan Tugas

Dan biaya hidup mahasiswa di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang terakhir adalah biaya membeli buku dan tugas. Biaya yang satu ini tentunya harus benar-benar diperhatikan, karena tujuan datang ke Solo sendiri memang untuk kuliah. 

Anggarkan biaya untuk membeli buku serta tugas seperti print, membuat map maping, dan tugas lainnya terpenuhi. Kira-kira anggarkan untuk biaya ini sebesar Rp. 250.000 per bulannya.

B. Tips Hemat Bagi Mahasiswa Yang Tinggal Di Surakarta (Solo) Untuk Anak Kost

Bagi yang ingin memilih Solo sebagai tempat menuntut ilmu, dan memilih kostan sebagai tempat tinggal. Maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Adapun tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost antara lain sebagai berikut.

1. Mengatur Keuangan Pribadi

Tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang pertama adalah mengatur keungan pribadi. Mengatur keaungan pribadi sendiri sangat penting dilakukan, terlebih jauh dari orangtua maka harus pintar-pintar mengatur keuangan. Terlebih bagi yang diberi jatah bulanan tidak terlalu besar, maka mengatur keuangan sangat perlu dilakukan.

Langkah kecil dalam mengatur keuangan adalah membuat list keuangan sederhana. Catatlah berbagai macam kebutuhan serta pengeluaran dengan catatan yang rapih. Dengan mencatat kebutuhan serta pengeluaran maka sangat berguna untuk mengevaluasi apa yang dibeli merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak atau bukan. Jadi dengan catatan maka dapat membantu mengatur keuangan pribadi pada setiap bulannya.

2. Membawa Bekal Ke Kampus

Membawa bekal ke kampus merupakan tips yang selanjutnya. Meskipun membawa bekal terdengar seperti anak kecil, namun tidak ada salahnya jika ingin berhemat selama menuntut ilmu.

Selain menghemat pengeluaran, membawa bekal dari kostan ke kampus pun tentunya mampu menghemat waktu istirahat. Tentunya dengan membawa bekal, maka tidak harus ngantri dan berdesak-desakkan di kantin untuk memesan makanan.

Untuk membawa bekal ke kampus sendiri, tidak usah membawa bekal menu yang sulit. Pilihlah menu makan yang sederhana namun kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi. Seperti telur dadar dan sayuran.

Selain sehat, menu tersebut tidak memakan banyak waktu untuk membuatnya, selain itu sangat mudah sekali untuk dibuat. Sehingga tidak perlu khawatir kesiangan pergi ke kampus.

3. Membawa Minum Sendiri

Selain membawa bekal, tentunya membawa minum menjadi salah satu tips anak kost untuk menghemat pengeluaran dan waktu. Dengan membawa minum air sendiri, tentunya tubuh pun menjadi lebih sehat. Karena setiap hari meminum air mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Selain itu, waktu yang tadinya digunakan untuk membeli air minum bisa dimanfaatkan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

4. Mencuci Baju Sendiri

Tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mencuci baju sendiri. Harga laundry baju di kota Solo sendiri memang sangat murah, namun alangkah baiknya jika mencuci baju dilakukan sendiri. Karena meskipun harga laundry sangat murah, namun jika dihitung-hitung uang yang harus dikeluarkan tentunya bisa digunakan untuk kepentingan yang lain.

Terlebih jika mahasiswa yang ingin berhemat selama di perantauan, maka mencuci baju menjadi sendiri merupakan kegiatan yang tepat. Dengan begitu anggaran untuk mencuci baju pun bisa digunakan untuk membeli buku, atau keperluan tugas seperti print makalah, laporan, atau untuk biaya tambahan penelitian.

5. Cari Diskonan Atau Gunakan Aplikasi Yang Memberikan Cashback

Kebutuhan pribadi atau kebutuhan kampus seperti buku tentunya tidak terlepas dari mahasiswa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak ada salahnya mahasiswa mencari diskonan atau menggunakan aplikasi yang memberikan cashback.

Dengan melakukan cara tersebut, tentunya bisa menghemat pengeluaran bukan. Terlebih bagi yang ingin membeli keperluan secara langsung ke pasar tradisional, maka cara tawar menawar pun bisa dilakukan. Terlebih masyarakat kota Solo yang ramah dan baik tentunya akan memberikan harga yang miring, terlebih kepada seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu.

6. Jangan Lupa Untuk Menabung

Tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang bisa dilakukan selanjutnya adalah jangan lupa untuk menabung. Menabung sendiri sangat perlu sekali dilakukan, karena selama masa kuliah ada saja pengeluaran yang tidak terduga, baik itu pengeluaran pribadi maupun pengeluaran untuk kepentingan kuliah. Dengan menabung tentunya keperluan yang mendadak tersebut bisa teratasi dan tidak perlu khawatir lagi saat tidak punya uang.

7. Menjadi Pekerja Paruh Waktu

Selain ke enam tips di atas, tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menjadi pekerja paruh waktu. 

Di Solo sendiri, banyak sekali mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Biasanya mereka bekerja sebagai pelayan rumah makan, menjaga toko di pusat perbelanjaan, sebagai tukang bantu di fotocopy, dan masih banyak lagi pekerjaan paruh waktu lainnya.

Tentunya dengan menjadi pekerja paruh waktu sambil kuliah, selain menambah uang saku juga bisa hidup secara mandiri. Uang kiriman per bulannya dari orang tua pun sebagian bisa disisihkan.

Selain itu, pengalaman berharga susahnya mencari uang bisa didapatkan. Sehingga kamu bisa lebih menghargai uang dan waktu, karena sudah merasakan susahnya mencari uang.

8. Mengikuti Kegiatan Mahasiswa Atau Organisasi

Meskipun kuliah nyambi sebagai pekerja paruh waktu, namun mengikuti kegiatan mahasiswa atau organisasi pun harus tetap diikuti. Hal tersebut karena sangat penting sekali untuk pengalaman serta perkembangan bakat. Karena di kegiatan dan organisasi mahasiswa sendiri banyak sekali yang dapat dipelajari, tentunya pelajaran di luar dari mata kuliah itu sendiri.

Selain itu, dengan banyaknya mengikuti kegiatan mahasiswa atau berorganisasi tentunya semakin banyak menambah teman. Saat sedang membutuhkan pertolongan pun tidak usah khawatir karena teman baik itu di kegiatan mahasiswa atau organisasi tentunya akan membantu. Semakin banyak teman pun tentunya akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

9. Jangan Tergoda Ajakan Teman Atau Pergaulan Yang Salah

Tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost selanjutnya adalah jangan tergoda ajakan teman atau pergaulan yang salah. Untuk menghindari hal tersebut, sibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan positif, tentunya dengan menyibukkan diri dengan kegiatan positif ajakan teman atau pergaulan yang salah pun bisa dihindari.

Karena tidak sedikit anak kost yang banyak terjerumus ke dalam pergaulan bebas selama masa kuliah. Dengan menyibukkan diri seperti bekerja paruh waktu, kegiatan mahasiswa, organisasi, maka ajakan tersebut bisa hindari. 

Tentunya jangan lupakan niat awal datang sebagai perantau yakni untuk menuntut ilmu. Dengan kembali ke niat awal serta menyibukkan diri dengan kegiatan positif, maka ajakan orang-orang yang salah untuk bergabung dengan mereka pun bisa dicegah dan dihindari.

10. Menjaga Diri

Selain ke sepuluh tips di atas, tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost selanjutnya adalah menjaga diri. Meskipun kota solo terkenal dengan masyarakatnya yang ramah tamah, namun untuk tetap menjaga diri sangat lah penting. Karena dikhawatirkan ada orang yang berniat jahat. Untuk bisa menjaga diri, selain mengikuti olahraga bela diri, pastikan tidak jalan sendiri dengan perjalanan jauh terlebih saat malam hari.

11. Senantiasa Mengingat Keluarga

Tips selanjutnya adalah senantiasa mengingat keluarga. Mengingat keluarga disini bukan untuk bersedih-sedihan, namun sebagai penyemangat saat sedang kuliah atau mengerjakan tugas. Karena dengan senantiasa mengingat keluarga, maka motivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh pun akan tinggi.

Selain itu, dengan mengingat keluarga maka motivasi untuk cepat-cepat wisuda pun akan semakin bertambah.

12. Jangan Banyak Nongkrong

Dan tips bagi mahasiswa yang tinggal di Surakarta (Solo) untuk anak kost yang terakhir adalah jangan banyak nongkrong. Nongkrong yang tidak jelas sendiri selain tidak bermanfaat, menghabiskan waktu dan uang, juga bisa membawa terjerumus ke pergaulan bebas. Maka dari itu sebisa mungkin batasi kegiatan nongkrong-nongkrong yang tidak jelas.

Lebih baik waktu nongkrong tersebut diganti dengan masuknya ke dalam organisasi atau kegiatan mahasiswa yang lebih bermanfaat. 

Selain bermanfaat, wawasan pun bisa bertambah luas karena nongkrongnya organisasi atau kegiatan mahasiswa tentunya mempunyai topik obrolan yang jelas dan tentunya sangat bermanfaat. Untuk itu, usahakan hindari atau batasi kegiatan nongkrong yang tidak jelas. Karena selain menghabiskan uang dan waktu, tentunya sangat tidak bermanfaat sekali.


Baca Juga :

Itulah biaya hidup mahasiswa di Surakarta (Solo) untuk anak kost beserta tipsnya yang bisa dilakukan. Bagi yang ingin meneruskan studinya maka tidak usah ragu lagi untuk memilih kota Solo menjadi pilihan kota sebagai tempat menimba ilmu.

Dengan membaca ulasan di atas, tentunya dapat megetahui bahwa biaya hidup di Solo pun cukup terjangkau. Terlebih jika menjalankan beberapa tips di atas, maka akan menambah hemat pengeluaran selama menuntut ilmu di Solo. Jadi, tidak usah ragu lagi untuk menuntut ilmu di kota Solo.