Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2024/2025

universitaspertamina.ac.id 2024 -- Biaya Kuliah Universitas Pertamina (UP), Biaya Universitas Pertamina (UP), Biaya Kuliah di Universitas Pertamina (UP), Biaya Pendaftaran Universitas Pertamina (UP), Biaya Kuliah Per Semester di Universitas Pertamina, Biaya SPP Universitas Pertamina, Biaya SPI Universitas Pertamina, Biaya Kuliah Jalur Reguler UP, Biaya Kuliah Jalur Nilai UTBK, Biaya Pendidikan Universitas Pertamina, Biaya Kuliah Universitas Swasta, 2026. 2027.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa Universitas Pertamina yang akan segera mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur-jalur yang dibuka. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Universitas Pertamina (UP) merupakan perguruan tinggi yang bergerak di bidang bisnis dan teknologi energi yang dikelola oleh PT Pertamina.

Universitas Pertamina (UP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina. 

Sementara itu, peresmian universitas dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Adapun alamat Universitas Pertamina yaitu di Jalan Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta 12220.

Dalam perjalanan kedepan, Universitas Pertamina (UP) diproyeksikan menjadi universitas yang masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia (Top World University). Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Pertamina harus mememuni sejumlah kriteria agar visi yang dicita-citakan dapat terwujudkan. Salah satu kriteria yang telah ditetapkan yaitu menghasilkan para lulusan atau sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan dapat menjadi global champion.

Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan ketika kalian kuliah di kampus ini yaitu Lulusan terbaik memiliki kesempatan untuk bergabung dengan PT. Pertamina. Artinya, setelah lulus dari Universitas Pertamina, bisa langsung berkarir di PT Pertamina tanpa harus mengikuti tes.

Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menjadi seorang yang ahli dan berwawasan di bidang bisnis dan teknologi energi, maka Universitas Pertamina adalah pilihan tepat untuk kalian dalam menuntut ilmu.

Untuk bisa masuk ke Universitas Pertamina, maka terlebih dahulu harus mengikuti seleksi dengan memilih salah satu jalur seleksi yang dibuka. Namun jika tidak lulus dari satu jalur seleksi, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka. Adapun jalur seleksi yang dibuka yaitu jalur reguler dan jalur nilai UTBK.

Nantinya, setelah diterima menjadi mahasiswa baru Universitas Pertamina, maka selanjutnya melakukan pendaftaran ulang dengan mengisi formulir dan juga membayar biaya kuliah.

Biaya kuliah di Universitas Pertamina terdiri dari biaya Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) dan Biaya SPP . Biaya SPP dibayarkan sekali pada awal semester 1, sedangkan biaya SPP dibayarkan tiap awal semester baru.

Bagi yang mengalami kendala keuangan, maka dapat mengajukan cicilan dengan mengikuti mekanisme yang telah ditentukan. Informasi lebih lanjut akan diuraikan di bagian inti di bawah.

Setelah semua proses pembayaran biaya kuliah selesai, tinggal belajar saja di kampus dan memikmati berbagai fasilitas yang ada seperti Perpustakaan, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Indoor, Kolam Renang, Auditorium, Laboratorium Universitas yang cukup banyak, dan lain-lain.

Itulah sedikit gambaran mengenai Universitas Pertamina agar kalian bisa mengenal kampus tersebut sebelum kuliah disana. 

Langsung saja masuk ke bagian inti pembahasan ini yaitu mengenai Biaya Kuliah Universitas Pertamina. Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

A. Biaya Pendaftaran Ujian Masuk Universitas Pertamina

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Universitas Pertamina, maka harus mempersiapkan biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi pada jalur yang dipilih. Adapun jalur seleksi yang dibuka oleh Universitas Pertamina yaitu jalur Reguler dan jalur nilai UTBK.

1. Biaya Pendaftaran Jalur Reguler terbagi menjadi dua tipe, yaitu :
  • UM IPA/IPS : Rp. 300.000,00
  • UM IPC* : Rp. 375.000,00

2. Biaya Pendaftaran Jalur Nilai UTBK terbagi menjadi dua tipe, yaitu :
  • UM IPA/IPS : Rp. 100.000,00
  • UM IPC* : Rp. 150.000,00

*  Kelompok IPC hanya bisa diikuti oleh siswa SMA/MA dengan jurusan IPA.
** Untuk siswa SMK, daftar Program keahlian SMK yang diterima oleh masing-masing Program Studi dapat dilihat di poin pertanyaan terkait.

B. Biaya SPP dan Biaya SPI Universitas Pertamina

Bagi mahasiswa baru yang baru diterima di Universitas Pertamina, maka harus membayar biaya kuliah yang terdiri dari biaya SPI dan biaya SPP.

Biaya Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) hanya dibayarkan sekali pada awal semester 1. Biaya tersebut berbeda antara mahasiswa yang mendaftar dan diterima pada jalur yang satu dan lainnya dan juga dipengaruhi oleh periode masuknya.

Mahasiswa yang mendaftar dan diterima pada jalur reguler yang lebih awal akan lebih murah biaya SPI-nya jika dibanding dengan mahasiswa yang mendaftar dan diterima pada jalur reguler di bulan berikutnya.

Misal, si A mendaftar jalur reguler pada bulan Januari dan setelah seleksi diterima di Universitas Pertamina. Si B mendaftar pada bulan Maret, dan setelah seleksi juga diterima di Universitas Pertamina. Nah, ketika mereka membayar biaya SPI, besarnya akan berbeda, si A akan membayar biaya SPI yang lebih murah dibanding dengan biaya SPI si B.

Jadi, bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Pertamina, ada baiknya untuk mendaftarkan diri segera dengan mengikuti seleksi di jalur yang dibuka paling awal agar biaya SPI-nya bisa lebih murah.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada 2 jalur seleksi yang dibuka oleh Universitas Pertamina, yaitu jalur reguler dan jalur nilai UTBK. Jalur reguler dibuka dalam beberapa periode, biasanya hingga 4 periode. Sedangkan jalur nilai UTBK biasanya dibuka hingga 2 periode.

Berikut ini informasi mengenai biaya SPI Universitas Pertamina untuk jalur reguler dan jalur nilai UTBK :
  • Jalur Reguler Periode Januari : Rp 15.000.000,00
  • Jalur Reguler Periode Maret : Rp 17.500.000,00
  • Jalur Reguler Periode Mei : Rp 20.000.000,00
  • Jalur Reguler Periode Juli : Rp 22.500.000,00
  • Jalur Nilai UTBK 1 : Rp 22.500.000,00
  • Jalur Nilai UTBK 2 : Rp 22.500.000,00

Selain membayar biaya SPI, mahasiswa baru juga harus membayar biaya SPP semester 1 yang besarnya Rp. 10.000.000,00. Biaya tersebut dibayarkan pada saat registrasi ulang mahasiswa baru.

Biaya SPP ini juga harus dibayar setiap awal semester baru, yaitu di awal semester 2, awal semester 3, dan seterusnya hingga akhir semester yang jumlahnya kemungkinan besar tetap sama.

Jika mengalami kendala keuangan, adakah cicilan untuk pembayaran biaya SPI dan SPP?

Bagi mahasiswa baru yang mengalami kendala keuangan, dan baru saja telah dinyatakan lulus dari jalur seleksi yang diikuti, maka segera / secepatnya menghubungi pihak Universitas melalui email pmb@universitaspertamina.ac.id untuk mendapatkan informasi mekanisme pencicilan pembayaran biaya SPI dan biaya SPP.

Adapun subjek pengiriman pesan melalui email di atas yaitu :
  • CICILAN_JALUR SELEKSI_NAMA_NOMOR TES

Harap diperhatikan bahwa penutupan permohonan mekanisme pencicilan adalah H-7 dari tanggal batas akhir pembayaran di masing-masing periode seleksi.

Itulah informasi mengenai biaya pendaftaran dan biaya kuliah di Univrsitas Pertamina. Untuk informasi lain yang dibutuhkan, dapat menghubungi pihak kampus.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi terkait biaya kuliah ini, maka ikuti yang ada di website resmi Universitas Pertamina. Bisa saja biaya kuliah yang sekarang berbeda dengan biaya kuliah tahun sebelumnya karena mengalami peningkatan.

Sumber : 
  • https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/#1545281104385-821581b0-cd59
  • https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/#1545281574259-2339bff9-5bc1
  • https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/#1545282329322-e76b550a-767f


Demikianlah informasi mengenai Biaya Kuliah Universitas Pertamina. Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran bagi kalian yang ingin kuliah di kampus tersebut.

Terima kasih atas waktu yang kalian luangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca juga artikel terkait lainnya di blog ini. Bantu juga untuk like dan share informasi ini.