Biaya Kuliah IPB 2024/2025 (Institut Pertanian Bogor)

Biaya Kuliah IPB 2024 -- Info Biaya Kuliah IPB, Biaya Pendidikan IPB, Biaya UKT IPB, Biaya SPP IPB, Biaya Studi IPB, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana IPB, Biaya Kuliah Per Semester IPB, Rincian Biaya Kuliah Institut Pertanian Bogor. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi penting mengenai Biaya Kuliah IPB 2024/2025 (Institut Pertanian Bogor). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi tambahan infomasi bagi anda yang akan kuliah di IPB. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Seperti kita ketahui bahwa IPB atau yang memiliki kepanjangan nama Institut Pertanian Bogor adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) terletak di Bogor tepatnya di jln. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan Perguruan Tinggi yang bergerak dibidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

Berbagai prestasi ditingkat nasional maupun internasional pernah diraih oleh IPB. Bukan hanyak oleh mahasiswa, tetapi juga dosen IPB.

Dari keterangan-keterangan di atas, mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anda untuk kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ketika anda ingin kuliah di IPB, maka anda perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai IPB, yaitu fakultas dan program studi yang ada di IPB dan biaya kuliah IPB.

Adanya pilihan program studi yang diminati menjadi salah satu pertimbangan untuk kuliah dimanapun itu, tidak terkecuali ketika ingin kuliah di IPB.

Sebelum mendaftar untuk kuliah di IPB, maka anda perlu mengetahui apakah program studi yang akan anda pilih saat kuliah di IPB, ada atau tidak. Maka dari itu, anda dapatmelihat terlebih dahulu daftar program studi yang ada di IPB.

Setelah mengetahui daftar program studi di atas, dan program studi yang anda minati ada, maka selanjutnya silahkan daftarkan diri anda untuk kuliah di IPB.

Biaya Kuliah IPB

Selain pertimbangan program studi, pertimbangan lain yang perlu anda perhatikan ketika akan kuliah di IPB adalah biaya kuliah IPB.

Sejak diberlakukannya pembayaran biaya kuliah melalui sistem UKT atau yang dikenal dengan Uang Kuliah Tunggal pata tahun 2013 lalu, maka IPB juga menerapkan sistem UKT tersebut.

Pembayaran biaya kuliah dengan sistem UKT ini didasarkan pada jumlah penghasilan orang tua. Jadi, pembayaran biaya kuliah menggunakan sistem UKT ini lebih fleksibal karena menyesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Kita ketahui bahwa penghasilan setiap orang berbeda-beda, maka biaya UKT yang harus dibayar oleh mahasiswapun berbeda-beda tergantung dari penghasilan orang tua. Semakin besar penghasilan orang tua anda, maka semakin besar pula biaya UKT yang harus dibayar.

Bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang menerima KIP Kuliah, maka biaya UKT mahasiswa tersebut di bayar oleh Negera sesuai dengan ketentuan KIP Kuliah.

Untuk mengetahui berapa jumlah UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa yang kuliah di IPB, maka anda diberikan informasi biaya kuliah IPB berikut ini.

Biaya Kuliah Jenjang Diploma IPB

Biaya Kuliah Jenjang Diploma IPB menggunakan sistem UKT untuk semua Program Keahlian atau jurusan.
  • Biaya UKT : Rp. 6.000.000,- per semester

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB Jalur SNBP dan SNBT

Untuk mahasiswa yang kuliah jenjang Sarjana di IPB yang lulus seleksi melalui jalur SNBP dan SNBT, maka harus mengeluarkan biaya kuliah yang besarnya seperti keterangan pada tabel berikut :


Sumber gambar : http://admisi.ipb.ac.id

Biaya Pendidikan bagi mahasiswa baru Jalur Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) selama kuliah di IPB sesuai dengan Form PPMB BK16u meliputi:
  • BPIF, UKT, Biaya Asrama, dan Iuran BPJS

Itulah besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa jenjang sarjana yang kuliah di IPB.

Biaya Kuliah jenjang Pascasarjana


Sumber gambar : http://admisi.ipb.ac.id

Catatan:
  • Biaya Pendidikan nomor 1-2 sesuai dengan SK Rektor 117/IT3/KU/2015
  • Biaya Pendidikan nomor 3 sesuai dengan SK Rektor 203/II/PP/2009

Info :
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di IPB
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi IPB
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan bisa anda lihat di web resmi IPB
Itulah rincian Biaya Kuliah IPB (Institut Pertanian Bogor) yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya dan sekaligus sebagai pertimbangan bagi anda yang akan kuliah di IPB.

Sebagai penutup, admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjungi untuk membaca informasi biaya kuliah yang ada disini. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya.

Slogan Kita Hari ini : "Mari kita kuliah agar berilmu dan sukses sejak muda"