Dapatkan informasi mengenai Biaya Kuliah di www.biayakuliah.web.id. Terus kunjungi web ini untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Biaya Kuliah IPB 2016/2017

Biaya Kuliah IPB 2016 -- Info Biaya Kuliah IPB, Biaya Pendidikan IPB, Biaya UKT IPB, Biaya SPP IPB, Biaya Studi IPB, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana IPB, Biaya Kuliah Per Semester IPB, Rincian Biaya Kuliah Institut Pertanian Bogor

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi penting mengenai Biaya Kuliah IPB 2016/2017. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi tambahan infomasi bagi anda yang akan kuliah di IPB. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


Seperti kita ketahui bahwa IPB atau yang memiliki kepanjangan nama Institut Pertanian Bogor adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) terletak di Bogor tepatnya di jln. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan Perguruan Tinggi yang bergerak dibidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

Berbagai prestasi ditingkat nasional maupun internasional pernah diraih oleh IPB. Bukan hanyak oleh mahasiswa, tetapi juga dosen IPB.

Dari keterangan-keterangan di atas, mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anda untuk kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ketika anda ingin kuliah di IPB, maka anda perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai IPB, yaitu fakultas dan program studi yang ada di IPB dan biaya kuliah IPB.

Fakultas dan Program Studi IPB

Salah satu yang menjadi pertimbangan awal ketika akan kuliah dimanapun itu adalah ketersediaan program studi di suatu Perguruan Tinggi, tidak terkecuali di IPB.

Sebelum mendaftar untuk kuliah di IPB, maka anda perlu mengetahui apakah program studi yang akan anda pilih saat kuliah di IPB, ada atau tidak. Mari kita lihat daftar fakultas dan program studi yang ada di IPB.

Fakultas dan Program Studi Program Diploma IPB
  • Terdiri dari Program Keahlian : Komunikasi, Ekowisata, Manajemen, Teknik Komputer, SJMP, Gizi, Teknik Industri Benih, Perikanan Budidaya, Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Program Diploma Manifaktur / Jasa, Analisis Kimia, Teknik Lingkungan, Akuntansi, Teknik Perkebunan, Produksi Pertanian, Perkebunan Kelapa Sawit.
Fakultas dan Program Studi Program Sarjana IPB
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi Dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lansekap.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (Fkh) terdiri dari program studi Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari program studi Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, dan Ilmu Dan Teknologi Kelautan.
  • Fakultas Peternakan (FAPET) terdiri dari program studi Teknologi Produksi Ternak, dan Nutrisi Dan Teknologi Pakan.
  • Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) terdiri dari program studi Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata, dan Silvikultur.
  • Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi Teknik Mesin Dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil Dan Lingkungan.
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.
  • Fakultas Ekonomi Dan Manajemen (FEM) terdiri dari program studi Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, dan Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) terdiri dari program studi Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.
  • Sekolah Bisnis terdiri dari program studi Bisnis.
Fakultas dan Program Studi Program Pascasarjana IPB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Tanah (TNH), Agroteknologi Tanah (ATT), Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan (MBK), Bioteknologi Tanah dan Lingkungan (BTL), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Ilmu dan Teknologi Benih, Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Entomologi (ENT), Fitopatologi (FIT), dan Arsitektur Lanskap (ARL).
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari program studi Anatomi dan perkembangan Hewan (APH) / Biologi Perkembangan (BPK), Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Kesehatan Masyarakat Verteriner (KMV), Mikrobiologi Medik (MKM), Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK), Biologi Reproduksi (BRP), dan Ilmu Biomedis Hewan (IBH),
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari program studi Ilmu Akuakultur (AKU), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Kelautan (TEK), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP), Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL), Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap (SPT), Teknologi Perikanan Tangkap (TPT), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP), dan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP).
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan (THH), Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan (RPM), Teknologi Serat dan Komposit (TSK), Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT), Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ), Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), dan Silvikultur Tropika (SVK).
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Pangan (IPN), Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP), Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Teknologi Pascapanen (TPP), Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dan Teknologi Industri Pertanian (TIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biokimia (BIK), Biologi Tumbuhan (BOT), Biosains Hewan (BSH), Mikrobiologi (MIK), Biofisika (FIS), Klimatologi Terapan (KLI), Ilmu Komputer (KOM), Kimia (KIM), Matematika Terapan (MAT), Statistika (STK), dan Statistika Terapan (STT)
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (EKO), Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Ilmu Manajemen (MAN), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (ESK), Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN), dan Magister Sains Agribisnis (AGB)
  • Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari program studi Ilmu Gizi Manusia (GMA), Ilmu Gizi Masyarakat (GMS), Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak (IKA), Ilmu Konsumen (IKO), Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP), Sosial Pedesaan (SPD).
Program Multidisiplin di IPB
  • Bioteknologi (BTK), Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), dan Primatologi (PRM).
Program Profesional di IPB
  • Magister Profesional Hortikultura, Magister Profesional Perbenihan, Magister Profesional Perkebunan, Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Magister Profesional Industri Kecil dan Menengah, Magister Profesional Teknologi Pangan, Magister Teknologi dan Informasi untuk Perpustakaan, Magister Manajemen Pembangunan Daerah, Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Magister Manajemen Ketahanan Pangan, Program Manajemen dan Bisnis, dan Master of Science in Information Technology for Natural Resources Management.

Setelah mengetahui daftar fakultas dan program studi di atas, dan program studi yang anda minati ada, maka selanjutnya silahkan daftarkan diri anda untuk kuliah di IPB.

Biaya Kuliah IPB

Selain pertimbangan program studi, pertimbangan lain yang perlu anda perhatikan ketika akan kuliah di IPB adalah biaya kuliah IPB.

Sejak diberlakukannya pembayaran biaya kuliah melalui sistem UKT atau yang dikenal dengan Uang Kuliah Tunggal pata tahun 2013 lalu, maka IPB juga menerapkan sistem UKT tersebut.

Pembayaran biaya kuliah dengan sistem UKT ini didasarkan pada jumlah penghasilan orang tua. Jadi, pembayaran biaya kuliah menggunakan sistem UKT ini lebih fleksibal karena menyesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Kita ketahui bahwa penghasilan setiap orang berbeda-beda, maka biaya UKT yang harus dibayar oleh mahasiswapun berbeda-beda tergantung dari penghasilan orang tua. Semakin besar penghasilan orang tua anda, maka semakin besar pula biaya UKT yang harus dibayar.

Bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang menerima Bidikmisi, maka biaya UKT mahasiswa tersebut di bayar oleh Negera sesuai dengan ketentuan Bidikmisi.

Untuk mengetahui berapa jumlah UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa yang kuliah di IPB, maka anda diberikan informasi biaya kuliah IPB berikut ini.

Biaya Kuliah Jenjang Diploma IPB

Biaya Kuliah Jenjang Diploma IPB menggunakan sistem paket dalam SPP untuk semua Program Keahlian atau jurusan.
  • Biaya SPP : Rp. 6.000.000,- per semester

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB

Untuk Mahasiswa yang kuliah jenjang Sarjana di IPB, maka harus mengeluarkan biaya kuliah yang besarnya seperti keterangan pada tabel berikut :

Kelompok Pembayaran
Kelompok Program Studi
Sosial dan EkonomiSains dan TeknologiKedokteran Hewan dan Bisnis
I 0 0 0
II 2.400.000 2.400.000 2.400.000
III 5.000.000 6.000.000 7.000.000
IV 7.000.000 8.000.000 9.000.000
V 9.000.000 10.000.000 11.000.000

* Peserta Bidikmisi, UKT dibayar oleh Negara sesuai dengan ketentuan Bidikmisi.

Itulah besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa jenjang sarjana yang kuliah di IPB.

Biaya Kuliah Program Sarjana BUD IPB

Untuk mahasiswa yang masuk ke IPB melalui jalur BUD, maka besarnya biaya kuliah ditentukan berbeda. Rincian biaya kuliah jalur BUD IPB diberikan berikut ini.
  • Biaya Pendaftaran Rp 400.000,- disetor ke Rekening BRI Cabang Bogor a.n Rektor IPB cq BUD Nomor 0595-01-000042-30-6 (dengan mencantumkan Nama, Sponsor, dan Asal Sekolah)
  • Biaya Pendidikan Rp 25.000.000,-/tahun (termasuk Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan/BPMP dan Biaya Penyelenggaraan Mata Kuliah/BPMK)
  • Biaya Asrama TPB-IPB Rp 1.200.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama)
  • Biaya Deposit Asrama Rp 100.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama)
  • Biaya Perlengkapan Mahasiswa Baru Rp 700.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama)
  • Biaya Perhimpunan Orang Tua Mahasiswa/POM IPB  Rp. 750.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama)
  • Biaya Akses Layanan Internet untuk Mahasiswa Rp. 500.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama)
  • Total Biaya Pendidikan tahun pertama Rp. 28.650.000
  • Biaya pendidikan Tahun kedua dan selanjutnya Rp. 25.000.000/mhs/tahun

Itulah rincian biaya kuliah IPB yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya dan sekaligus sebagai pertimbangan bagi anda yang akan kuliah di IPB.

Sebagai penutup, admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjungi untuk membaca informasi biaya kuliah yang ada disini.

Slogan Kita Hari ini : "Mari kita kuliah agar berilmu dan sukses sejak muda"

Mari Baca Juga :
Pendaftaran Online IPB
Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB