Selamat Datang di web www.biayakuliah.web.id. Temukan informasi yang anda butuhkan terutama mengenai biaya kuliah PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, Poltekkes, dan lain sebagainya, serta Informasi Beasiswa Kuliah. Anda dapat menemukan informasi tersebut dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia atau mencari dengan cara lainnya. Mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah dan beasiswa kuliah di web ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses selalu dari admin.

Biaya Kuliah ITB 2017/2018 (Institut Teknologi Bandung)

Biaya Kuliah ITB 2017 -- Info Biaya Kuliah ITB, Biaya Pendidikan ITB, Biaya UKT ITB, Biaya SPP ITB, Biaya Studi ITB, UKT ITB, Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ITB, Biaya Kuliah Per Semester ITB, Rincian Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung. 2019. 2020.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini adalah tentang Biaya Kuliah ITB 2017/2018. Informasi ini diharapkan dapat menjadi gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di ITB. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


ITB atau yang memiliki kepanjangan Institut Teknologi Bandung adaah Perguruan Tinggi Negeri yang ternama di Indonesia yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat.

Program-program pendidikan yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) terdiri dari program Diploma, Sarjana Manajemen, Sarjana Kewirausahaan, Magister Administrasi Bisnis, Magister Sains Manajemen, dan Doktor Sains Manajemen.

Begitu banyaknya pilihan jenjang Pendidikan yang ada di ITB, maka anda yang berminat kuliah di IPB, silahkan saja mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IPB.

Ketika anda akan mendaftarkan diri and di ITB, maka anda harus tahun jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh ITB. Berikut informasinya.
  • Jalur SNMPTN : jalur seleksi undangan masuk PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi untuk kuliah jenjang Sarjana
  • Jalur SBMPTN : merupakan jalur tertulis masuk  PTN untuk siswa berprestasi dan yang tidak berprestasi untuk kuliah jenjang Sarjana
  • Seleksi masuk untuk program Diploma dilakukan melalui ujian tertulis.
  • Seleksi masuk untuk program Pascasarjana dilakukan melalui ujian tertulis.
  • Seleksi masuk untuk program Apoteker
  • Seleksi masuk untuk mahasiswa dari luar negeri
  • Jalur Bidikmisi untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi

Melalui jalur-jalur masuk yang disebutkan di atas, maka anda bisa memilih salah satu sesuai keinginan dan ketentuan yang berlaku.

Jika anda telah mengikuti seleksi dan anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda perlu melakukan registrasi ulang, salah satunya membayar biaya kuliah yang saat ini di kenal dengan sebutan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

UKT dalam bahasa sederhana di artikel sebagai biaya kuliah yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa yang besarnya ditentukan dari awal masuk kuliah yang didasarkan pada penghasilan orang tua mahasiswa.

Jika penghasilan orang tua mahasiswa tersebut besar, maka UKT yang harus dibayar berada pada kelompok tertinggi yang jumlahnya juga besar, Sedangkan jika penghasilan orang tua mahasiswa kecil, maka bayaran biaya UKT juga kecil.

Pada saat melakukan pengisian data registrasi ulang mahasiswa baru, anda akan diminta untuk mengisi biodata diri termasuk penghasilan orang tua anda. Lakukan pengisian data dengan lengkap dan jujur karena data tersebut berguna untuk penentuan besarnya biaya UKT di IPB.

Pembayaran biaya UKT di IPB telah dilaukan sejak tahun 2013 yang lalu. Biaya UKT inidiperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah jenjang Sarjana. Untuk yang kuliah jenjang Diploma dan Pascasarjana, besarnya biaya kuliah ditentukan tersendiri oleh IPB.

Biaya UKT untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) di ITB berbeda dengan biaya UKT untuk fakultas/sekolah non SBM. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tidak menawarkan subsidi UKT bagi calon mahasiswa, kecuali calon mahasiswa yang mengikuti program Beasiswa Bidikmisi.

Biaya UKT untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen yang harus dibayar oleh mahasiswa sebesar RP. 20.000.000,00 per semester, Sedangkan biaya UKT Fakultas / Sekolah non SBM sebesar Rp. 10.000.000,00 per semester.

Untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan bantuan dana pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Untuk bisa lulus seleksi Bidikmisi, salah satunya calon mahasiswa harus lulus melalui seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Setelah lulus melalui salah satu dari kedua jalur tersebut, selanjutnya melakukan pengisian data-data yang diperlukan untuk menentukan besarnya biaya UKT mahasiswa tersebut.

Mahasiswa yang mendapatkan Bidikmisi maka biaya UKT-nya akan ditanggung oleh Pemerintah sehingga bisa kuliah secara gratis.

Untuk lebih memudahkan dalam memahami biaya UKT ITB, maka anda dapat melihatnya pada tabel yang diberikan berikut ini.

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana ITB


Sumber gambar : http://usm.itb.ac.id

Biaya Kuliah Jenjang Pascasarjana ITB

Besarnya biaya kuliah ITB untuk jenjang Pascasarjana di tentukan seperti pada tabel berikut ini.


Sumber gambar : http://usm.itb.ac.id

Biaya Kuliah Profesi Apoteker

Biaya pendidikan yang dibebankan pada mahasiswa program studi Profesi Apoteker adalah sebesar Rp. 14.000.000,- (empat belas juta rupiah) per semester, dibayarkan pada setiap awal semester.

Itulah rincian biaya kuliah ITB. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi ITB. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITB.

Baca juga : Biaya Kuliah PTN lainnya

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah ITB. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda terutama yang akan kuliah di ITB. Sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk semua.