Biaya Kuliah ITB 2024/2025 (Institut Teknologi Bandung)

Biaya Kuliah ITB 2024 -- Info Biaya Kuliah ITB, Biaya Pendidikan ITB, Biaya UKT ITB, Biaya SPP ITB, Biaya Studi ITB, UKT ITB, Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ITB, Biaya Kuliah Per Semester ITB, Rincian Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini adalah tentang Biaya Kuliah ITB 2024/2025 (Institut Teknologi Bandung). Informasi ini diharapkan dapat menjadi gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di ITB. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


ITB atau yang memiliki kepanjangan Institut Teknologi Bandung adaah Perguruan Tinggi Negeri yang ternama di Indonesia yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat.

Program-program pendidikan yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) terdiri dari program Diploma, Sarjana Manajemen, Sarjana Kewirausahaan, Magister Administrasi Bisnis, Magister Sains Manajemen, dan Doktor Sains Manajemen.

Begitu banyaknya pilihan jenjang Pendidikan yang ada di ITB, maka anda yang berminat kuliah di IPB, silahkan saja mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IPB.

Ketika anda akan mendaftarkan diri and di ITB, maka anda harus tahun jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh ITB. Berikut informasinya.
  • Jalur SNBP : jalur seleksi undangan masuk PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi untuk kuliah jenjang Sarjana
  • Jalur SNBT : merupakan jalur tertulis masuk  PTN untuk siswa berprestasi dan yang tidak berprestasi untuk kuliah jenjang Sarjana
  • Seleksi masuk untuk program Diploma dilakukan melalui ujian tertulis.
  • Seleksi masuk untuk program Pascasarjana dilakukan melalui ujian tertulis.
  • Seleksi masuk untuk program Apoteker
  • Seleksi masuk untuk mahasiswa dari luar negeri
  • Jalur KIP Kuliah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi

Melalui jalur-jalur masuk yang disebutkan di atas, maka anda bisa memilih salah satu sesuai keinginan dan ketentuan yang berlaku.

Jika anda telah mengikuti seleksi dan anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda perlu melakukan registrasi ulang, salah satunya membayar biaya kuliah yang saat ini di kenal dengan sebutan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

UKT dalam bahasa sederhana di artikel sebagai biaya kuliah yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa yang besarnya ditentukan dari awal masuk kuliah yang didasarkan pada penghasilan orang tua mahasiswa.

Jika penghasilan orang tua mahasiswa tersebut besar, maka UKT yang harus dibayar berada pada kelompok tertinggi yang jumlahnya juga besar, Sedangkan jika penghasilan orang tua mahasiswa kecil, maka bayaran biaya UKT juga kecil.

Pada saat melakukan pengisian data registrasi ulang mahasiswa baru, anda akan diminta untuk mengisi biodata diri termasuk penghasilan orang tua anda. Lakukan pengisian data dengan lengkap dan jujur karena data tersebut berguna untuk penentuan besarnya biaya UKT di IPB.

Pembayaran biaya UKT di IPB telah dilaukan sejak tahun 2013 yang lalu. Biaya UKT inidiperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah jenjang Sarjana. Untuk yang kuliah jenjang Diploma dan Pascasarjana, besarnya biaya kuliah ditentukan tersendiri oleh IPB.

Biaya UKT untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) di ITB berbeda dengan biaya UKT untuk fakultas/sekolah non SBM. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tidak menawarkan subsidi UKT bagi calon mahasiswa, kecuali calon mahasiswa yang mengikuti program KIP Kuliah.

Biaya UKT untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen yang harus dibayar oleh mahasiswa sebesar RP. 20.000.000,00 per semester, Sedangkan biaya UKT Fakultas / Sekolah non SBM sebesar Rp. 10.000.000,00 per semester.

Untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan bantuan dana pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah. Untuk bisa lulus seleksi KIP Kuliah, salah satunya calon mahasiswa harus lulus melalui seleksi jalur SNBP atau SNBT.

Setelah lulus melalui salah satu dari kedua jalur tersebut, selanjutnya melakukan pengisian data-data yang diperlukan untuk menentukan besarnya biaya UKT mahasiswa tersebut.

Mahasiswa yang mendapatkan KIP Kuliah maka biaya UKT-nya akan ditanggung oleh Pemerintah sehingga bisa kuliah secara gratis.

Untuk lebih memudahkan dalam memahami biaya UKT ITB, maka anda dapat melihatnya pada tabel yang diberikan berikut ini.

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana ITB


Sumber gambar : http://usm.itb.ac.id

Biaya Kuliah Jenjang Pascasarjana ITB

Besarnya biaya kuliah ITB untuk jenjang Pascasarjana di tentukan seperti pada tabel berikut ini.


Sumber gambar : http://usm.itb.ac.id

Biaya Kuliah Profesi Apoteker

Biaya pendidikan yang dibebankan pada mahasiswa program studi Profesi Apoteker adalah sebesar Rp. 14.000.000,- (empat belas juta rupiah) per semester, dibayarkan pada setiap awal semester.

Catatan :
  • Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi ITB
  • Info biaya kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin biaya kuliah saat ini telah berubah. Jika demikian, setidaknya informasi ini bisa menjadi perkiraan bagi kalian yang ingin kuliah di ITB
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi ITB

Artikel Lanjutan : Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung untuk Anak Kost

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah ITB (Institut Teknologi Bandung). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda terutama yang akan kuliah di ITB. Sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk semua.