Selamat Datang di web www.biayakuliah.web.id. Temukan informasi yang anda butuhkan terutama mengenai biaya kuliah PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, Poltekkes, dan lain sebagainya, serta Informasi Beasiswa Kuliah. Anda dapat menemukan informasi tersebut dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia atau mencari dengan cara lainnya. Mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah dan beasiswa kuliah di web ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses selalu dari admin.

Biaya Kuliah UPI 2017/2018 (Universitas Pendidikan Indonesia)

Biaya Kuliah UPI 2017 -- Info Biaya Kuliah UPI, Biaya Pendidikan UPI, Biaya UKT UPI, Biaya SPP UPI, Biaya Studi UPI, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UPI, Biaya Kuliah Per Semester UPI, Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UPI 2017/2018. Informasi ini disampaikan sebagai gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di UPI. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UPI atau yang memiliki kepanjangan Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954. Moto dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah Universitas Pelopor dan Unggul.

Pada setiap tahunnya, UPI selalu membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur mandiri UPI dikenal dengan nama SM-UPI yang terdiri dari beberapa jalur.

Jika anda berminat untuk kuliah di UPI, maka anda bisa memilih jalur nasional atau juga jalur mandiri. Silahkan anda pilih jalur yang diprediksikan memilih peluang paling besar untuk bisa lulus seleksi.

Setelah anda mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa baru.

Pada saat melakukan registrasi ulang, anda akan diminta untuk melakukan pengisian data-data. Slah satu data yang harus anda isi yaitu biodata penghasilan orang tua yang bertanggung jawab membiayai kuliah anda.

Hasil dari pengisian data-data tersebut digunakan oleh panitia dari UPI untuk menentukan besarnya biaya kuliah yang harus anda bayar. Maka dari itu, anda harus mengisi data secara jujur dan benar.

Biaya kuliah di UPI dibedakan berdasarkan jalur masuknya. Mahasiswa baru yang masuk ke UPI melalui jalur nasional (SNMPTN atau SBMPTN) akan membayar biaya kuliah lebih murah dibandingkan dengan mahasiswa baru lainnya yang lulus seleksi masuk UPI melalui jalur mandiri.

A. Biaya Kuliah UPI Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Biaya kuliah untuk jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN ditetapkan melalui Uang Kuliah Tunggal. (UKT). UKT dibayar didasarkan pada penghasilan orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan. Informasi penghasilan orang tua tersebut diperolah dari data yang anda isi pada saat melakukan registrasi ulang.

Setelah panitia melakukan penilaian terhadap data-data penghasilan orang tua tersebut, maka akan ditetapkan UKT untuk mahasiswa yang bersangkutan. UKT UPI tersebut dikelompokkan menjadi 6 kelompok.

Bagi orang tua dari mahasiswa yang memiliki penghasilan besar, maka UKT dari mahasiswa yang bersangkutan akan berada pada kelompok tinggi, dan bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan kecil, maka UKT mahasiswa tersebut berada pada kelompok rendah. Jadi, dengan sistem UKT ini, pembayaran biaya kuliah akan lebih fleksibel dan terasa adil.

Sedangkan bagi calon mahasiswa yang benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan Bidikmisi agar biaya kuliahnya gratis selama masa studi normal. UKT jalur Bidikmisi ada di UKT I dimana biasa yang harus  biayar oleh mahasiswa penerima Bidikmisi ditanggung oleh Pemerintah.

Baca selengkapnya : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Rincian Biaya UKT UPI jalur SNMPTN dan SBMPTN akan diberikan berikut ini :


Sumber gambar : pmb.upi.edu

B. Biaya Kuliah UPI Jalur Seleksi Mandiri UPI (SM-UPI)

Berbeda dengan biaya kuliah UPI untuk jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN, biaya kuliah jalur mandiri UPI lebih mahal karena penyelenggaraan seleksi dan pendidikan jalur mandiri UPI tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga biaya kuliahnya lebih mahal.

Biaya kuliah jalur mandiri UPI terdiri dari komponen berikut :
  • Biaya Registrasi
  • Biaya Penyelenggaraan Pembelajaran (SPP). Biaya Penyelenggaraan Pembelajaran dibayar Setiap Semester
  • Biaya Pengembangan Fasilitas Dan Mutu Akademik
  • Dana Pengembangan Lembaga

Besarnya biaya jalur mandiri yang harus dibayar oleh mahasiswa adalah jumlah dari nominal setiap komponan tersebut. Berikut nilai nominal dari setiap komponen.


Sumber gambar : pmb.upi.edu

Itulah rincian biaya kuliah UPI. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UPI dan keterangan lain yang anda butuhkan juga bisa dilihat di web resmi UPI

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah UPI. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang akan kuliah di UPI.

Admin mengucapkan terima kaish kepada pengunjung setia yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada. Sekian informasi dari admin dan salam sukses dan mari turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lain yang membutuhkan.