Beasiswa Kuliah UNDIP 2019/2020 (Universitas Diponegoro)

Beasiswa Kuliah UNDIP 2019 -- Pendaftaran Beasiswa UNDIP, Info Beasiswa Kuliah D3, S1, S2 dan S3, Beasiswa yang Ada di UNDIP, Cara Mendapatkan Beasiswa di UNDIP, Beasiswa PPA, Beasiswa LPDP, Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa BBP PPA / BBM, Beasiswa Supersemar, Bidikmisi, Daftar Nama Beasiswa Kuliah di UNDIP, Persyaratan dan Cara Daftar Beasiswa UNDIP. 2021. 2022.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Beasiswa Kuliah UNDIP 2019/2020 (Universitas Diponegoro). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa atau yang telah menjadi mahasiswa UNDIP yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNDIP. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Telah kita ketahui bahwa UNDIP adalah salah satu Universitas Negeri ternama di Indonessia yang berlokasikan di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, tepatnya di Jl. Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

Bagi kalian yang ingin kuliah di UNDIP, maka cukup banyak pilihan jalur masuk yaitu jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur PSSB, Jalur Seleksi Bibit Unggul, Jalur Mandiri, dan Jalur Masuk Pascasarjana.

Melalui jalur-jalur tersebut kalian bisa masuk ke UNDIP tentunya setelah melalui serangkian seleksi yang diadakan oleh panitia.

Ketika telah dinyatakan lulus seleksi masuk UNDIP, maka di semester I dan semester-semester berikutnya kalian harus melakukan pembayaran biaya kuliah (UKT) yang besarnya ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua serta pilihan program studi yang diambil.
Baca selengkapnya : Biaya Kuliah UNDIP
Sebagian dari kalian mungkin merasa keberatan dengan besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan. Jangan khawatir, UNDIP memberikan keringanan dan kemudahan bagi mahasiswanya yang mengalami kesulitan ekonomi dengan menawarkan berbagai macam pilihan Beasiswa.

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu serta untuk mahasiswa berprestasi yang memenuhi persyaratan dari beasiswa yang diikuti.

Cukup banyak beasiswa yang ditawarkan UNDIP untuk mahasiswanya, beberapa diantaranya yaitu Beasiswa PPA, Beasiswa LPDP, Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa BBP PPA / BBM, Beasiswa Supersemar, dan Bidikmisi.

Kalian dapat mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan salah satu beasiswa tersebut. Pengajuan beasiswa ini ada yang dilakukan sejak menjadi calon mahasiswa baru UNDIP dan ada juga yang diajukan setelah menjadi mahasiswa UNDIP. Nah, kalian harus membaca dengan teliti dan lengkap mengenai informasi beasiswa yang akan kalian ajukan.

Berikut ini admin berikan penjelasan lebih lanjut mengenai Beasiswa Kuliah UNDIP. Silahkan baca.

A. Bantuan Biaya Pendidikan (Bidikmisi)

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi baik yang pengajuan pendaftarannya dilakukan sejak menjadi calon mahasiswa UNDIP.

Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel : Bidikmisi untuk Calon Mahasiswa

B. Beasiswa PPA

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa UNDIP yang berprestasi. Pengajuan dapat dilakukan minimal di semester II. 

Berikut Ketentuan dari Beasiwa PPA :
  1. Mengisi formulir permohonan beasiswa PPA;
  2. Mahasiswa Reguler bukan mahasiswa Ekstensi / transfer dari Program Diploma Tiga (D3) ke Program Sarjana (S1) pada waktu mengajukan permohonan beasiswa;
  3. Mahasiswa Program S1 min. duduk di semester II max. duduk di semester VII dan mahasiswa Program D3 min. duduk di semester II max. duduk di semester V pada waktu mengajukan permohonan beasiswa;
  4. Mahasiswa Aktif dibuktikan dengan Copy KRS (Kartu Rencana Studi) yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  5. Copy Kartu Mahasiswa (KTM);
  6. Copy KHS (Kartu Hasil Studi) terakhir dengan IPK min. 3.00 yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  7. Copy Kartu Keluarga (KK);
  8. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Fakultas, disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  9. Surat Keterangan Rincian Gaji Orang Tua/ Wali;
  10. Copy piagam/ sertifikat Penghargaan prestasi yang dicapai;
  11. Copy Pajak Rekening Listrik bulan terakhir;
  12. Surat keterangan tidak/ sedang mengajukan beasiswa dari instansi lain dan atau mengajukan permohonan bebas SPP atau keringanan SPP;
  13. Penulisan nama calon penerima Beasiswa PPA harus sesuai dengan nama yang tercantum dalam buku rek. PT. Bank BTN KCP UNDIP Tembalang;
  14. Membuat Proposal (PKM) Program Kreativitas Mahasiswa, Pedoman dapat diunduh di Web.bak.undip.ac.id dan bakundip.blogsport;
  15. Copy rekening Bank BTN dikelompokkan per Fak. per Prodi/Jurusan.

Masa berlakunya Beasiswa PPA yaitu selama 12 bulan dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Desember. Pencairan dana dilakukan per 6 bulan sekali. Besarya beasiswa per bulan yaitu Rp. 350.000 / mahasiswa / bulan. Besarnya beasiswa tersebut dapat berubah sesuai ketentuan.

Usulan calon penerima beasiswa disampaikan ke Universitas berupa : Surat Usulan ke Universitas sesuai dengan alokasi disertai Soft Copy dan Hard Copy Verifikasi atau melalui email : kesma_undip@yahoo.co.id


C. Beasiswa BBP PPA

Beasiswa BBP PPA dulunya bernama Beasiswa BBM. Beasiswa BBP PPA adalah beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa UNDIP yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Berikut Ketentuan dari Beasiwa BBP PPA :
  1. Mengisi formulir permohonan Bantuan Biaya Pendidikan PPA;
  2. Mahasiswa Reguler bukan mahasiswa Ekstensi/ transfer dari Program Diploma Tiga (D3) ke Program Sarjana (S1) pada waktu mengajukan permohonan beasiswa;
  3. Mahasiswa Program S1 min. duduk di semester II max. duduk di semester VII dan mahasiswa Program D3 min. duduk di semester II max. duduk di semester V pada waktu mengajukan permohonan beasiswa;
  4. Mahasiswa Aktif dibuktikan dengan Copy KRS (Kartu Rencana Studi) yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  5. Copy Kartu Mahasiswa (KTM);
  6. Copy KHS (Kartu Hasil Studi) terakhir dengan IPK min. 2,75 yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  7. Copy Kartu Keluarga (KK);
  8. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Fakultas, disyahkan oleh pejabat yang berwenang;
  9. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan/ Kepala Desa;
  10. Copy Pajak Rekening Listrik bulan terakhir;
  11. Surat keterangan tidak/ sedang mengajukan beasiswa dari instansi lain dan atau mengajukan permohonan bebas SPP atau keringanan SPP;
  12. Copy piagam/ sertifikat Penghargaan prestasi yang dicapai;
  13. Penulisan nama calon penerima Bantuan Biaya Pendidikan PPA  harus sesuai dengan  nama yang tercantum dalam buku rek. PT. Bank BTN KCP UNDIP Tembalang;
  14. Membuat Proposal (PKM) Program Kreativitas Mahasiswa, Pedoman dapat diunduh di Web.bak.undip.ac.id;
  15. Copy rekening Bank BTN dikelompokkan per Fak. per Prodi/Jurusan.

Masa berlaku beasiswa, pencairan dana beasiswa, besarnya dana beasiswa, dan cara pengajuan beasiswa sama seperti pada beasiswa PPA. Jadi, silahkan lihat kembali ke atas.

D. Beasiswa Supersemar

Beasiswa Supersemar adalah beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa UNDIP yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Melampirkan Formulir Permohonan Beasiswa
  2. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Fakultas
  3. Melampirkan copy KHS semester 1 s.d. terakhir
  4. Melampirkan copy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  5. IPK minimal 2.50
  6. Minimal duduk di semester 3 dan maksimal semester 8
  7. Melampirkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik
  8. Berasal dari keluarga kurang mampu dengan dilampiri Surat Keterangan Kurang Mampu dari pejabat yang berwenang
  9. Calon penerima diutamakan bagi mahasiswa penerima beasiswa Supersemar Tahun sebelumnya (perpanjangan untuk Tahun berikutnya) dengan ketentuan yang bersangkutan masih memenuhi persyaratan

E. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation sebagai bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia. UNDIP adalah salah satu mitra dari Djarum Foundation. Jadi, mahasiswa UNDIP dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Djarum Beasiswa Plus.

Persyaratan Umum :
  1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III.
  3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
  4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  6. Kuliah di Mitra Perguruan Tinggi Program Djarum Beasiswa Plus.
  7. Mengisi form pendaftaran online di website djarumbeasiswaplus.org

Persyaratan Administrasi :
  1. Bukti PDF dari form registrasi online.
  2. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.
  3. Fotokopi Kartu Mahasiswa.
  4. Transkrip nilai sampai dengan semester III yang telah dilegalisir.
  5. Surat keterangan aktif organisasi / fotokopi sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / fotokopi sertifikat prestasi yang dimiliki.
  6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat atau Fakultas ) tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Baca selanjutnya ; Djarum Beasiswa Plus

F. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin studi lanjut ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3) ke perguruan tinggi di luar negeri ataupun di dalam negeri.


G. Beasiswa Lainnya

Selain Beasiswa - beasiswa di atas, tentu masih ada lagi beasiswa lainnya yang ada di UNDIP. Silahkan kalian temukan sendiri beasiswany di website resmi UNDIP (undip.ac.id) atau bertanya langsung pada bagian Kemahasiswa UNDIP.

Itulah informasi mengenai beasiswa kuliah yang ada di UNDIP. Silahkan raih salah satu beasiswa yang cocok untuk kalian. Informasi lebih lanjut silahkan baca di website UNDIP atau bertanya langsung pada Kemahasiswaan UNDIP.

Catatan : Jika ad perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di website resmi UNDIP

Sumber : https://www.undip.ac.id/ kategori Layanan -> Beasiswa


Demikianlah informasi mengenai Beasiswa Kuliah UNDIP (Universitas Diponegoro). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk kalian yang ingin sekali mendapatkan beasiswa. Thanks