Beasiswa Kuliah UI 2024/2025 (Universitas Indonesia)

Beasiswa Kuliah UI 2024 -- Syarat Daftar Beasiswa di UI, Info Pendaftaran Beasiswa UI, Penawaran Beasiswa UI, Beasiswa D3 / D4 / S1 / S2 / S3 di UI, Penerimaan Beasiswa UI, Macam-macam Beasiswa di UI, Beasiswa untuk Mahasiswa Lama dan Mahasiswa Baru UI. Beasiswa Kuliah Universitas Indonesia, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Beasiswa Kuliah UI 2024/2025 (Universitas Indonesia). Informasi beasiswa UI ini ditujukan bagi mahasiswa lama dan mahasiswa baru UI. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Menjadi mahasiswa UI adalah suatu kebanggaan tersendiri. Mengapa? karena cukup sulit masuk ke UI mengingat banyak sekali saingannya dan butuh perjuangan yang besar untuk bisa masuk ke UI.

Setelah diterima, wajar kalau kita merasa bangga. Namun jangan sampai berlebihan hingga terlihat sombong ya teman-teman.

Bagi teman-teman yang sudah diterima menjadi mahasiswa UI, dan mungkin saja mengalami kesulitan mengenai biaya kuliah UI, maka bisa mengajukan beasiswa kuliah UI.

Di web UI disebutkan bahwa Beasiswa adalah bantuan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial.

A. Kategori Beasiswa Kuliah UI

Menurut Direktorat Kemahasiswaan UI, ada dua kategori beasiswa di UI, yaitu beasiswa yang berasal dari UI dan beasiswa yang berasal dari sponsor.

Pihak UI tidak memisahkan antara beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu atau mahasiswa berprestasi. Sedangkan untuk beasiswa dari sponsor, UI membantu menyosialisasikan informasi beasiswa dan menyalurkannya berdasarkan permintaan dan syarat yang diberikan oleh sponsor.

Jadi, nanti teman-teman yang ingin mendaftar beasiswa UI yang disediakan dari sponsor harus melengkapi persyaratan pendaftaran yang ditentukan oleh pihak sponsor. Sedangkan yang ingin mendaftar beasiswa yang disediakan oleh pihak UI, maka harus memenuhi syarat pendaftaran yang ditentukan oleh pihak UI.

Biasanya beasiswa dari sponsor terbagi dari tiga jenis, yaitu beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan beasiswa campuran. Berikut penjelasannya :
  • Beasiswa kurang mampu biasanya ditujukan bagi mahasiswa yang kondisi perekenomian keluarganya kurang mampu, biasanya beasiswa ini mewajibkan surat keterangan kurang mampu dari RT/RW setempat sebagai salah satu syarat pengajuan.
  • Beasiswa prestasi adalah beasiswa yang menyeleksi penerimanya melalui nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang didapatkan dari oleh mahasiswa di semester-semester tertentu. 
  • Beasiswa campuran adalah beasiswa yang mempunyai kriteria berdasarkan gabungan antara kebutuhan dan prestasi. 

Beasiswa dari sponsor dapat berasal pemerintah, perusahaan, perseorangan, yayasan, dan lain-lain dengan jenis pembiayaan dan jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang membiayai sampai selesai kuliah, ada yang hanya membiayai sampai semester tertentu saja.

Besaran biaya yang diberikan pun berbeda-beda, ada yang membayari uang kuliah per bulannya saja, ada yang membayari uang kuliah ditambah dengan uang saku per bulannya, dan ada pula yang menambahi dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepemimpinan.

B. Beasiswa Kuliah UI Berdasarkan Timeline Pengajuan

Jenis beasiswa UI berdasarkan timeline pengajuannya ada dua jenis, yaitu :
  1. Beasiswa yang diajukan sebelum mahasiswa masuk atau memulai kuliah (sebelum semester pertama dimulai) yaitu beasiswa KIP Kuliah.
  2. Beasiswa yang diajukan setelah mahasiswa yang bersangkutan menempuh kuliah selama beberapa semester tertentu, biasanya minimal dua semester awal. Hal ini terkait dengan persyaratan bahwa mahasiswa yang bersangkutan harus memiliki IPK, biasanya ini berlaku untuk beasiswa prestasi.

Yang terpenting adalah mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan serta mengikuti setiap proses atau langkah pendaftaran yang telah ditentukan oleh pihak yang menawarkan beasiswa.

C. Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Kuliah UI secara Umum

Persyaratan setiap beasiswa kuliah UI biasanya berbeda-beda. Hal itu tergantung dari persyaratan yang diajukan oleh pihak UI atau pihak sponsor yang memberikan beasiswa, tetapi secara umum persyaratan pengajuan beasiswa biasanya meliputi :
  1. IPK minimal 3.01
  2. Salinan slip gaji orang tua
  3. Salinan Kartu Keluarga
  4. Salinan Kartu Identitas Mahasiswa (KTM)
  5. Daftar riwayat hidup
  6. Mengisi formulir beasiswa dan surat pernyataan bukan perokok aktif. 

Ingat!!! persyaratan di atas adalah persyaratan beasiswa secara umum. Untuk lebih rincinya maka bisa dilihat langsung saat ada pembukaan pendafaran beasiswa.

D. Cara Mendaftar Beasiswa Kuliah UI

Setiap pengajuan beasiswa yang melalui pihak UI, maka wajib dilengkapi dengan Form Umum Beasiswa UI yang bisa di download di alamat http://mahasiswa.ui.ac.id/ atau bisa didapatkan di KESMA BEM fakultas, Dekanat Fakultas.

Cara Pendaftaran Beasiswa UI :
  • Buka alamat http://beasiswa.ui.ac.id
  • Lakukan pendaftaran dengan klik nama beasiswa yang sedang dibuka dan anda minati
  • Kemudian anda akan diminta untuk login. silahkan Login menggunakan username dan password UI Anda. Bagi yang belum memiliki akun, silahkan melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan mengklik tombol Daftar Akun.
  • Setelah login, kemudian lengkapi biodata pendaftaran
  • Cetak bukti pendaftaran

E. Daftar Beasiswa UI

Banyak sekali beasiswa yang di tawarkan oleh UI atau sponsor untuk mahasiswa UI. Beberapa beasiswa yang ada di UI, antaranya: 
  • KIP Kuliah, PPA-BBM, BP MIGAS, Bank Indonesia, Sumitomo, Indocement, Exxon-Mobil, BRI, POSCO, UFJ, BMU, Beasiswa Seribu Anak Bangsa, BAZNAZ, Unilever, BCA, Shell, Karya Salemba 4, Beasiswa Yayasan Googwill International,  Beasiswa Citiasia - Oracle, dan masing banyak lagi lainnya

Itulah informasi mengenai Beasiswa Kuliah UI. Bagi teman-teman yang berminat untuk mendaftar, maka silahkan baca informasinya lebih lanjut di alamat web resmi UI yang telah admin berikan di atas.

Setelah teman-teman mengunjungi alamat web resmi tersebut, silahkan pahami dan baca secara rinci infomasi beasiswa terutama beasiswa yang teman-teman minati.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Beasiswa Kuliah UI (Universitas Indonesia). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semua.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Terima kasih dan don't forget for come back again.