Beasiswa Kuliah UIN Jakarta 2018/2019

Beasiswa UIN Jakarta 2018 -- Beasiswa Kuliah UIN Jakarta, Beasiswa Kuliah D3, S1, S2, S3 di UIN Jakarta, Macam-macam Beasiswa di UIN Jakarta, Beasiwa Full Scholarship dan Partial Scholarship, Beasiswa PPA, BLU, Bidikmisi, Beasiswa Prestasi dan Kurang Mampu, Beasiswa untuk Calon Mahasiswa dan Mahasiswa UIN Jakarta, Informasi Beasiswa Pendidikan UINJKT. 2020. 2021.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Beasiswa Kuliah UIN Jakarta 2018/2019. Infomrasi beasiswa ini ditujukan untuk calon mahasiswa ataupun mahasiswa UIN Jakarta. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau yang dikenal dengan nama UIN Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Bagi kalian yang ingin kuliah di UIN Jakarta, maka dapat mendaftarkan diri dengan mengikuti salah satu jalur seleksi yang dibuka seperti jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri, atau penerimaan jenjang Pascasarjana.

Bagi calon mahasiswa UIN Jakarta ataupun yang telah menjadi mahasiswa UIN Jakarta, yang berprestasi ataupun yang memiliki kendala finansial, maka dapat mengajukan permohonan beasiswa.

UIN Jakarta saat ini membuka banyak kesempatan pada mahasiswa dan juga calon mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, baik yang bersumber dari pihak swasta maupun pemerintah pusat maupun daerah.
Baca Juga ; Informasi Biaya Kuliah UIN Jakarta
Jenis pemberian beasiswa bervariasi, ada beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa sebagian (partial scholarship) serta ada juga beasiswa yang diberikan hanya untuk tugas akhir perkuliahan mahasiswa saja.
  • Full scholarship : beasiswa penuh yang mencakup bantuan biaya pendidikan (study cost) beserta biaya hidup (living cost). 
  • Partial scholarship : beasiswa yang mencakup sebagian: bantuan biaya pendidikan (study cost) saja, atau biaya hidup (living cost) saja.

Untuk beasiswa yang ada di lingkungan UIN sendiri, ada beasiswa Badan Layanan Umum (BLU), dan Beasiswa Social Trust Fund yang diberikan setiap tahun.

Sedangkan beasiswa dari pihak beasiswa eksternal seperti pihak yayasan, swasta, perusahaan, atau pemerintah yang bekerja sama dengan UIN Jakarta, diantaranya yaitu :
  • Beasiswa Bidik Misi Pemda,
  • Beasiswa Bidikmisi Ristek Dikti
  • Beasiswa Kementerian Agama
  • Beasiswa Bank Indonesia
  • Beasiswa Yayasan Supersemar
  • Beasiswa Bimantara
  • Beasiswa Dompet Dhuafa
  • Beasiswa PT Gudang Garam
  • Beasiswa JIMS
  • Beasiswa Orbit
  • Beasiswa Bina Amaliyah
  • Beasiswa ISE PT Bank
  • Beasiswa Mandiri
  • Beasiswa Djarum Plus
  • Beasiswa YBJ Rekrutmen
  • Beasiswa Tahfiz Al Quran
  • Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat (KSE)
  • Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)
  • Beasiswa Bazis DKI Jakarta
  • Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ)
  • dan lain-lain.

Untuk memperoleh beasiswa yang ditawarkan, para calon penerima beasiswa dapat mendaftarkan diri ke Bagian Kemahasiswaan secara online melalui Academic Information System (AIS) yang diakses di laman www.uinjkt.ac.id

Calon peserta beasiswa selain merupakan mahasiswa aktif dan terdaftar di Bagian Akademik, calon peserta juga harus memiliki prestasi akademik dan tidak memiliki cacat moral.

Syarat lainnya adalah mahasiswa calon penerima beasiswa berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kantor kelurahan asal mahasiswa,

Syarat lengkap mengenai beasiswa yang akan diikuti dapat dibaca langsung pada saat beasiswa dibuka pada waktunya nanti. 

Di bawah ini diberikan penjelasan lanjutan dari sebagai beasiswa yang ada di UIN Jakarta.

A. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi di UIN Jakarta dibedakan menjadi 2 yaitu Bidikmisi Pemda dan Bidikmisi Ristek Dikti. Keduanya ditujukan untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar dapat meringankan beban biaya kuliah hingga selesai dalam masa studi normal.

Pengajuan dilakukan sejak awal menjadi calon mahasiswa dan setelah diterima menjadi mahasiswa UIN Jakarta, beasiswa bisa langsung diterima dan biaya kuliah akan ditanggung oleh Pemerintah.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi Ristek Dikti dapat dibaca pada artikel Bidikmisi untuk Calon Mahasiswa.

B. Beasiswa Djarum Plus

UIN Jakarta bermitra dengan Djarum Foundation sehingga pada mahasiswa UIN Jakarta yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Djarum Plus dapat mendaftarkan diri. Bagi mahasiswa diperguruan tinggi lain yang tidak bermitra dengan Djarum Foundation maka tidak bisa mendaftarkan diri.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung pada artikel : Beasiswa Djarum Plus

C. Beasiswa Tahfiz Al Quran

Beasiswa Tahfiz Al Quran merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa aktif UIN Jakarta yang berada di semester II sampai dengan semester VIII yang memiliki hafalan Al Quran 30, 20, atau 10 Juz.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Memiliki hafalan Al Quran 30, 20 atau 10 Juz, dibuktikan dengan foto kopi sertifikat, syahadah, ijazah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau lembaga tahfiz Al Quran, dilegalisir oleh Fakultas (Ketua Jurusan);
  2. Telah dites ulang keabsahan hafalannya oleh Ketua atau Sekretaris Jurusan, dibuktikan dengan Surat Keterangan tes ulang hafalan Al Quran dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama;
  3. Mahasiswa aktif semester II sampai dengan semester VIII, dibuktikan dengan cetak (print out) kartu rencana studi (KRS) ditandatangani;
  4. Tidak sedang menerima beasiswa apapun;
  5. Tidak pernah melakukan pelanggaran kode etik mahasiswa, dibuktikan dengan surat keterangan bebas pelanggaran kode etik mahasiswa dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni.
  6. Memiliki rekening bank BNI;
  7. Melakukan pendaftaran daring (on-line), dibuktikan dengan cetak (print out) formulir pendaftaran dan bukti pendaftaran daring (on-line);
  8. Melakukan pemberkasan.

D. Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)

Beasiswa KJMU adalah program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi calon mahasiswa / mahasiswa di PTN (salah satunya UIN Jakarta) yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta untuk program pendidikan Diploma / Sarjana sampai selesai dan tepat waktu.

Persyaratan Mendaftar Beasiswa KJMU
  • Calon pendaftar beasiswa adalah calon mahasiswa / mahasiswa di PTN dan dinyatakan lulus seleksi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau Seleksi Mandiri PTN.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung di alamat website http://kjp.jakarta.go.id/

E. Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ)

Beasiswa YBJ ditujukan bagi mahasiswa program Sarjana pada semester 3 hingga semester 7 yang berasal dari keluarga kurang mampu yang bertempat tinggal di DKI Jakarta dan kuliah di DKI Jakarta (Kopertis Wilayah III).

Persyaratan :
  1. Mahasiswa minimal semester 3 maksimal semester 7
  2. Mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta
  3. Bertempat tinggal di DKI Jakarta dan kuliah di DKI Jakarta (Kopertis Wilayah III)
  4. Umur maksimal 25 Tahun pada tanggal pengajuan permohonan
  5. IPK Minimum 3.00 skala 4
  6. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
  7. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan
  8. Berkelakuan baik, jujur, rajin, dan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi/lembaga lain, dinyatakan dengan surat keterangan Pimpinan Perguruan Tinggi yang bersangkutan
  9. Surat pernyataan tertulis sanggup mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Yayasan Beasiswa Jakarta
  10. Surat persetujuan dari orang tua / wali yang bersangkutan untuk mendapatkan beasiswa
  11. Melampirkan foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (surat keterangan mahasiswa aktif), KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Kartu Keluarga
  12. Usulan permohonan beasiswa untuk mahasiswa program S1 adalah di akhir semester 2, akhir semester 4, dan di akhir semester 6 setiap tahunnya pada pembukaan pendaftaran tahun ajaran baru (semester berlaku sesuai tahun masuk, cuti tetap dihitung semester berjalan)
  13. Pas poto 4×6 berwarna 2 lembar (untuk ditempel di formulir).

Itulah informasi seputar beasiswa kuliah yang ada di UIN Jakarta. Untuk penjelasan beasiswa lainnya yang ada di UIN Jakarta dapat ditemukan langsung di website resmi di alamat
  • http://www.uinjkt.ac.id/id/beasiswa/ dan http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id/beasiswa/

Kedua link tersebut juga merupakan sumber dari informasi ini. Jika ditemukan perbedaan atau perubahan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Bagi kalian yang ingin sekali mendapatkan beasiswa, maka harus bisa memenuhi semua persyaratan pendaftaran, kemudian dapat mengikuti seleksi dengan baik (jika ada), dan semoga kalian bisa mendapatkan salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh UIN Jakarta.


Demikian informasi dari admin mengenai Beasiswa Kuliah UIN Jakarta. Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran beasiswa apa saja yang ada di UIN Jakrta serta bagaimana cara pengajuan pendaftaranya, dan apa saja syaratnya. Cukup sekian info beasiswa ini, terima kasih.