Biaya Sekolah Pramugari di FAAST Penerbangan dan PSPP Penerbangan 2024/2025

Biaya Sekolah Pramugari di FAAST Penerbangan dan PSPP Penerbangan 2024 - Rincian Biaya Sekolah Pramugari di PSPP Penerbangan dan FAAST Penerbanga, Update Biaya Sekolah Pramugari Terbaru dan Pendaftarannya, Biaya Menjadi Pramugari, Rincian Biaya Sekolah Pramugari Terbaru Tahun Ini Daftar Kisaran Biaya Sekolah Pramugari, Biaya Pendidikan Sekolah Pramugari. 2026.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Biaya Sekolah Pramugari di FAAST Penerbangan dan PSPP Penerbangan 2024/2025. Informasi ini ditujukan khususnya bagi kalian yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan di Sekolah Pramugari. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Pramugari adalah awak kabin yang bertugas menjaga penumpang dan memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang selama perjalanan. Pramugari adalah karyawan perusahaan pengangkutan umum seperti pesawat udara.

Meskipun berprofesi sebagai pramugari bertaruhkan nyawa, namun tidak menyurutkan semangat bagi banyak kaula wanita muda untuk mendapatkan profesi tersebut. Penampilan yang menawan, cantik, rapi, cerdas, dam bisa keliling nusantara bahkan keliling dunia dengan gratis adalah beberapa hal yang menjadi motivasi untuk menjadi seorang pramugari.

Berprofesi sebagai seorang pramugari akan sering berkomunikasi dengan banyak orang, khususnya para penumpang pesawat. Maka dari itu, penampilan fisik yang menarik sangat harus sangat diperhatikan. Pastikan anda percaya diri dengan itu.

Untuk menjadi seorang pramugari, maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh yaitu :
  • Mengikuti rekrutmen karyawan baru dari maskapai penerbangan, atau
  • Menempuh pendidikan tersebut dahulu di Sekolah Penerbangan

Pada bahasan kali ini akan dibahas tentang cara masuk ke Sekolah Pramugari melalui pendidikan, khususnya ditinjau dari Biaya Sekolahnya.

Biaya sekolah pramugari tidaklah murah. Biayanya cukup mahal. Oleh karena itu, kalian yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan di sekolah pramugari harus menyiapkan biaya-biayanya sejak sekarang. 

Perlu diketahui bahwa biaya sekolah pramugari antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain berbeda-beda. Namun sebagai perkiraaan biayanya antara 25 jutaan hingga 40 jutaan.

Terlihat bahwa biaya tersebut cukup besar. Namun biaya tersebut akan mudah dikembalikan saat kalian telah menjadi pramugari. Gaji yang cukup fantastik sebagai pramugari akan berbanding lurus dengan besarnya biaya yang dikeluarkan.

Di bawah ini akan diberikan informasi mengenai biaya sekolah pramugari khususnya biaya sekolah pramugari di FAAST Penerbangan dan PSPP Penerbangan. Tentunya selain kedua sekolah pramugari tersebut juga masih banyak sekolah pramugari lainnya. Namun disini difokusnya untuk kedua sekolah tersebut.

1. FAAST Penerbangan

FAAST merupakan singkatan dari Flight Attendant & Airline Staff Training. FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training) merupakan lembaga pendidikan & pelatihan pramugari & staff airline yang berdiri pada tahun 2019.

Lokasi kampus pramugari yang satu ini terletak di Yogyakarta dengan alamat Jl. Siliwangi (Ringroad Utara), Jombor, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285.

Fasilitas Kampus :
  • Ruangan Ber-AC, Free Wifi, Ruang Kelas Nyaman, Lokasi Kampus Stategis, Mudah dijangkau (dekat dengan bandara & terminal jogja), Kawasan kampus besar, Dekat dengan tempat perbelanjaan & tempat wisata, Dekat dengan hotel & penginapan, Mushola, Perpustakaan, dan Laboratorium komputer terintegrasi

Fasilitas Pendidikan :
  • Seragam, Modul, Asuransi, Wings & Name Plate, Sepatu, Make Up, Stocking, Kimono, Tas pendidikan, T-Shirt, Instruktur Berpengalaman, Tur Wisata, Magang, dan Bursa Kerja

Lama pendidikan di FAAST Penerbangan hanya membutuhkan 7 bulan yang terdiri dari 5 bulan pendidikan teori di kampus, 2 bulan PKL untuk semua jurusan.

Adapun jurusan yang ada di FAAST Penerbangan yaitu :  Jurusan Pramugari / pramugari, Staff Airline, dan AVSEC.

# Pramugari / Pramugara
  • Pramugari / pramugara adalah staf / karyawan perusahaan penerbangan yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.

# Staff Airline

Staff Airline adalah adalah staf maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Ia bertanggung jawab untuk membantu penumpang pada proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, dan penjualan tiket.

# AVSEC / Aviation Security

Avsec (Aviation Security) adalah Personil Keamanan Penerbangan yang telah (wajib) memiliki lisensi atau surat tanda kecakapan petugas (SKTP) yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan

Avsec (Aviation Security) adalah Personil Keamanan Penerbangan yang telah (wajib) memiliki lisensi atau surat tanda kecakapan petugas (SKTP) yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan

Biaya Pendidikan Jurusan Pendidikan Pramugari : Rp 32.000.000,-

Biaya pendidikan sebesar Rp. 32.000.000,- tersebut dapat diangsur dengan angsur maksimal 4 kali.
  • Angsuran I dibayarkan pada saat daftar ulang sebesar Rp 15.000.000,-
  • Angsuran II dibayarkan pada bulan 1 masa pendidikan sebesar Rp 10.000.000,-
  • Angsuran III dibayarkan pada bulan 2 masa pendidikan sebesar Rp 5.000.000,-
  • Angsuran IV dibayarkan pada bulan 3 masa pendidikan sebesar Rp 2.000.000,-

Biaya Jurusan Pendidikan Staff Penerbangan : Rp. 27.000.000,-

Biaya pendidikan sebesar Rp. 27.000.000,- dapat dicicil dengan rincian angsuran sebagai berikut :
  • Angsuran I dibayarkan pada saat daftar ulang sebesar Rp 12.000.000,-
  •  Angsuran II dibayarkan pada bulan 1 masa pendidikan sebesar Rp 8.000.000,-
  • Angsuran III dibayarkan pada bulan 2 masa pendidikan sebesar Rp 5.000.000,-
  • Angsuran IV dibayarkan pada bulan 3 masa pendidikan sebesar Rp 2.000.000,-

Biaya Pendidikan Tidak Termasuk :
  • Uang Makan
  • Uang Transport
  • Tempat Tinggal
  • Biaya Perekrutan
  • Biaya OJT / PKL / Magang

Besarnya biaya tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan dari FAAST Penerbangan. Oleh karena itu, kalian perlu untuk memantau informasi update terkait biaya sekolah pramugari di website resmi FAAST Penerbangan di alamat https://faast.co.id/biaya-pendidikan.html

2. PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan merupakan salah satu lembaga pendidikan staff penerbangan & pramugari terbaik yang ada di Indonesia untuk menjadikan karyawannya terampil di dunia penerbangan baik domestik maupun international.

PSPP Penerbangan telah didirikan pada 1 Maret 2010. Pada saat ini PSPP Penerbangan telah memiliki 4 kampus cabang yang tersebar dibeberapa wilayah Indonesia yaitu Kampus Jakarta, Kampus PSPP Lampung, Kampus Yogyakarta, dan Kampus Makassar.

Alamat Kampus :
  • PSPP Lampung Jl. Jend Urip Sumoharjo 3/LK I Gunung Sulah, Way Halim, Bandar Lampung. Telp./Fax:0721-772277
  • PSPP Jakarta (Aeropolis Commercial Park ACP 2Lt.UG No.07) Jl. Marsekal Suryadharma Neglasari Tangerang Banten Indonesia. Telp./Fax:021-222 51 227 
  • PSPP Yogyakarta Jl. Seturan Raya No.13B Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta. Telp./Fax:0274-486287
  • PSPP Makassar Manggala Junction Park Blok B No.17 Biringkanaya, Makassar. Telp/Fax:0411-4727272

Adapun pilihan program studi yang ada di PSPP Penerbangan yaitu :
  • Pramugari. Pramugari adalah karyawan bandara yang bertugas melayani penumpang selama penerbangan
  • Staff Airlines. Staff Penerbangan merupakan karyawan yang bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat baik pelayanan sebelum keberangkatan maupun pelayanan saat kedatangan
  • AVSEC. Aviation Security (AVSEC) adalah keamanan penerbangan yang bertugas menjamin keselamatan dan keamanan bagi pengguna jasa penerbangan

Lama Pendidikan : 4 Bulan di kampus, 2 Bulan OJT (On The Job Training) / PKL di Bandara.

Fasilitas Pendidikan dan Kampus :
  • Baju seragam 2 stell, Seragam Formal PSPP, Seragam Batik, Sepatu Formal, Tas, T-Shirt, Name Plate, Wing, ID Card, Stocking (putri), Cepol (putri), Dasi (putra), Travel Bag, Baju Renang (putri), Kimono Renang (putri), Modul Belajar, Satu set alat make up, dan Asuransi Jiwa, tur wisata, dan ruang kampus yang nyaman & free wifi

Biaya Pendidikan Pramugari Total Rp. 42.000.000,- . Dapat diangsur dengan rincian :
  • Daftar Ulang Sebelum Kuliah Dimulai : Rp. 15.500.000,-
  • Angsuran Ke 2 Bulan Ke Satu : Rp. 13.500.000
  • Angsuran Ke 3 Bulan Ke Dua : Rp. 9.500.000
  • Angsuran Ke 4 Bulan Ke Tiga : Rp. 3.500.000

Biaya Pendidikan Staff Penerbangan Total Rp. 42.000.000,- . Dapat diangsur dengan rincian :
  • Daftar Ulang Sebelum Kuliah Dimulai : Rp. 13.500.000,-
  • Angsuran Ke 2 Bulan Ke Satu : Rp. 10.500.000
  • Angsuran Ke 3 Bulan Ke Dua : Rp. 6.500.000
  • Angsuran Ke 4 Bulan Ke Tiga : Rp. 1.500.000

Biaya Pendidikan AVSEC Total Rp. 42.000.000,- . Dapat diangsur dengan rincian :
  • Daftar Ulang Sebelum Kuliah Dimulai : Rp. 13.500.000,-
  • Angsuran Ke 2 Bulan Ke Satu : Rp. 10.500.000
  • Angsuran Ke 3 Bulan Ke Dua : Rp. 6.500.000
  • Angsuran Ke 4 Bulan Ke Tiga : Rp. 1.500.000

Keterangan Tambahan :
  1. Syarat untuk mengikuti perekrutan kerja harus lunas biaya pendidikan.
  2. Praktik hanya diikuti siswa-siswi PSPP Penerbangan yang telah melunasi angsuran di bulan akan di adakan praktik tersebut.
  3. Biaya pendidikan tidak termasuk :
    1. Uang makan
    2. Uang transport
    3. Tempat tinggal
    4. Biaya perjalanan perekrutan
    5. Biaya OJT / PKL / magang
  4. Biaya perekrutan disesuaikan dengan jarak tempuh tempat diadakannya perekrutan.
  5. Biaya pendidikan hanya dilakukan melalui nomor rekening resmi bank BRI 0098-0100-2137-303 atas nama PSPP Penerbangan. PSPP tidak bertanggung jawab apabila transaksi tidak dilakukan di kantor PSPP atau bank yang tercantum diatas.

Besarnya biaya yang tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah. Maka dari itu, kalian harus mengupdate informasi terbaru di website resmi PSPP Penerbangan di alamat http://pspp-integrated.com/beta/#biaya

Itulah informasi mengenai biaya sekolah pramugari dan penjelasan lainnya. Kalian bisa memilih salah satu dari daftar Sekolah Pramugari di atas atau sekolah pramugari lainnya.

Berikut beberapa Sekolah Pramugari lainnya :
  • Jogja Flight
  • Wira Angkasa Academy
  • Sekolah Pramugari P3 Nusantara
  • Metschool
  • Intersky Study Balikpapan, Kalimantan Timur
  • dan lain-lain

Ingat!!! Jika ada perubahan atau perbedaan informasi terkait biaya sekolah pramugari ini, maka ikuti informasi terbaru yang ada di website resminya di alamat yang telah diberikan di atas.

Baca Juga :

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Biaya Sekolah Pramugari di FAAST Penerbangan dan PSPP Penerbangan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat yang baik untuk kalian semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo bantu bagikan pada teman lainnya juga. Cukup sekian dan salam sukses selalu.