Selamat Datang di web www.biayakuliah.web.id. Temukan informasi yang anda butuhkan terutama mengenai biaya kuliah PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, Poltekkes, dan lain sebagainya, serta Informasi Beasiswa Kuliah. Anda dapat menemukan informasi tersebut dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia atau mencari dengan cara lainnya. Mari ajak teman lainnya untuk membaca informasi biaya kuliah dan beasiswa kuliah di web ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses selalu dari admin.

Biaya SNMPTN 2016/2017

Biaya SNMPTN 2016 -- Info Biaya Seleksi SNMPTN, Biaya Pendaftaran SNMPTN, Biaya PMB Jalur SNMPTN, Biaya Peserta SNMPTN, Biaya Kuliah Jalur SNMPTN, Uang Kuliah Tunggal (UKT) Jalur SNMPTN, Tata Cara Pembayaran Biaya SNMPTN, Biaya UKT Jalur SNMPTN, Besarnya Biaya SNMPTN.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini adalah tentang Biaya SNMPTN 2016/2017. Informasi ini dapat anda jadikan sebagai informasi tambahan mengenai SNMPTN. Berikut penjelasan selengkapnya.


SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undngan masuk ke PTN di Indonesia yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Siswa-siswi yang secara konsisten terus menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Pada saat anda akan melakukan pendaftaran SNMPTN, maka anda mungkin menanyakan "berapa besarnya biaya pendaftaran SNMPTN?"

Sejak awal dibukanya penyelenggaraan SNMPTN Undangan, setiap calon peserta SNMPTN tidak dipungut biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran SNMPTN adalah gratis karena biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah yang telah ditetapkan pada subsidi biaya anggaran.

Pada tahun 2016 ini, ada 2 pendapat berbeda tentang biaya SNMPTN, yaitu :
  • Pendapat A menyatakan bahwa biaya SNMPTN tidak gratis lagi dikarenakan anggaran Kemenristek Dikti sedang mengalami penurunan sehingga dampaknya biaya SNMPTN tidak akan digratiskan lagi. Dampak lain dari penurunan anggaran Kemenristek Dikti yatu kuota penerima Bidikmisi tidak mengalami penambahan.
  • Pendapat B menyatakan bahwa biaya SNMPTN tetap harus gratis karena SNMPTN adalah seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah harus menganggarkan biaya SNMPTN untuk biaya pelaksanaan.
Berdasarkan pendapat yang ada di atas, maka kita belum bisa memastikan apakah biaya SNMPTN akan tetap digratiskan atau tidak?

Jika kita sebagai calon peserta SNMPTN, tentunya berharap bahwa biaya SNMPTN tetap gratis. Dengan biaya gratis, maka dapat meringankan beban calon peserta mengenai biaya pendaftaran SNMPTN.

Pada kenyataannya, saat ini telah diinformasikan bahwa biaya SNMPTN adalah gratis seperti pada pelaksanaan SNMPTN tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat anda lihat pada website resmi SNMPTN yang menyatakan bahwa biaya SNMPTN gratis.

Pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul berkaitan dengan Biaya SNMPTN adalah "berapa biaya kuliah di PTN yang harus dibayar jika lulus seleksi melalui jalur SNMPTN?".

Melihat informasi-informasi yang beredar, bahwa besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur SNMPTN adalah sama dengan jalur lainnya.

Telah kita ketahui bahwa biaya kuliah di PTN untuk jenjang sarjana saat ini dilakukan sesuai sistem pembayaran Uang Kuliah Tungga (UKT).

Besarnya biaya UKT yang paling utama dipengaruhi oleh penghasilan masing-masing orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan, dan juga dipengaruhi oleh pilihan fakultas.

Sebagai contoh, jika Rahman kuliah di Fakultas Kedokteran, tentunya akan memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan dengan Rudi yang kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Secara umum, mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran, biasanya penghasilan orang tua mereka besar. Maka UKT yang harus dibayar juga dalam kategori tinggi. Sedangkan mahasiswa yang kuliah di FKIP, penghasilan orang tua mereka berada pada kategori tinggi, sedang, dan kurang, maka UKT yang harus dibayar disesuaikan dengan penghasilan tersebut.

Untuk lebih jelas berapa besarnya biaya UKT yang harus di bayar oleh setiap mahasiswa, maka dapat anda baca pada web ini tentang UKT masing-masing PTN. Ketik kata kunci tujuan anda pada kolom search yang tersedia. Misalnya seperti ini "biaya kuliah UGM, biaya kuliah UNSRI, biaya kuliah UI, dan biaya kuliah PTN atau PTS lainnya sesuai yang akan anda cari".

Dari keterangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jalur seleksi SNMPTN tidak mempengaruh besar kecilnya biaya UKT yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa. karena penentuan UKT tidak didasarkan pada jalur masuk yang diikuti oleh mahasiswa, namun yang utama didasarkan pada penghasilan orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya SNMPTN. Mudah-mudahan informasi yang telah disampaikan di atas dapat menambah wawasan anda. Sekian informasi dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Amin.