Beasiswa Kuliah Universitas Mercu Buana 2024/2025

Beasiswa Kuliah Universitas Mercu Buana 2024 --  Syarat & Cara Daftar Beasiswa Mercu Buana, Info Beasiswa Mercu Buana, Beasiswa Kuliah D3 / S1 di Universitas Mercu Buana, Beasiswa Prestasi Bakat Minat (PBM) dan Beasiswa Unggulan di Universitas Mercu Buana, Pendaftaran Beasiswa Kuliah Mercu Buana, Informasi Beasiswa Kuliah di Universitas Mercu Buana, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Beasiswa Kuliah Universitas Mercu Buana 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama untuk lulusan SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Mercu Buana dan juga untuk mahasiswa Mercu Buana yang berprestasi. Informasi selengkapnya dapat disimak di bawah ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Universitas Mercu Buana Jakarta atau disingkat dengan nama UMB adalah perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia yang berlokasikan di Jakarta.

Lokasi kampus Universitas Mercu Buana yaitu :
  • Kampus Meruya Universitas Mercu Buana di Jl. Meruya Selatan, Kembangan - Jakarta 11650
  • Kampus Bekasi Universitas Mercu Buana di Jl. Raya Keranggan No. 6 Jatisampurna Bekasi

Bagi kamu siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang berkeingin untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Universitas Mercu Buana adalah salah satu pilihan yang tepat.

Dengan bergabung menjadi mahasiswa Universitas Mercu Buana, kamu bisa mempelajari berbagai ilmu pengetahuan terutama di bidang industri. Dengan demikian, maka tenaga ahli di bidang industri yang ada di Indonesia bisa tercukupi.

Bagi yang berminat kuliah di Universitas Mercu Buana, silahkan mendaftarkan diri dengan melengkapi semua persyaratan dan mengikuti prosedur pendaftaran. Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya mengikuti tes sesuai jadwal dan diakhiri dengan melihat pengumuman.

Apabila nantinya kamu dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya kamu harus melakukan pendaftaran ulang. Pada saat pendaftaran ulang, kamu harus menyerahkan berkas pendaftaran dan juga membayar biaya kuliah. Rincian biaya kuliah dapat dibaca pada artikel berikut :
Biaya Kuliah Universitas Mercu Buana Kelas Reguler
Sedangkan untuk rincian biaya kuliah kelas karyawan dapat dibaca pada artikel berikut :
Biaya Kuliah Universitas Mercu Buana Kelas Karyawan
Setelah mengetahui rincian biaya kuliah di Universitas Mercu Buana, mungkin ada beberapa mahasiswa yang merasa keberatan dengan besarnya biaya kuliah tersebut.

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, tidak menyurutkan niat para lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, khususnya ke Universitas Mercu Buana.

Sebagai Institusi yang bergerak di bidang pendidikan, Universitas Mercu Buana Jakarta turut serta membantu mereka yang kurang beruntung di bidang ekonomi untuk mengikuti Test Beasiswa.

A. Kategori Beasiswa di Universitas Mercu Buana

Ada 2 kategori beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Mercu Buana untuk calon mahasiswa baru

1. Beasiswa Prestasi Bakat Minat (PBM)

Beasiswa Prestasi Bakat Minat (PBM) yaitu beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang berbentuk potongan biaya kuliah Semester 1 mulai dari 50%, 75% sampai 100%.

Beasiswa Prestasi Bakat Minat (PBM) bisa ditempuh melalui jalur Prestasi seperti; Olahraga, Seni dan Keahlian Bahasa Asing

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan yaitu beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang dikenal pula dengan nama Beasiswa penuh yang diberikan selama 4 tahun (8 semester).

B. Persyaratan Pendaftaran

Adapun persyaratan untuk mengikuti Test Beasiswa Universitas Mercu Buana, sebagai berikut:
  1. Lulus SMA / SMK
  2. Memiliki Sertifikat Non-Akademik tingkat Provinsi atau Fotokopi raport Semester 1-5
  3. Mengikuti Test Beasiswa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  4. Bagi calon pendaftar Beasiswa Unggulan, harus memiliki nilai rata-rata minimal 80 (semester 1 – 5) saat masih berada di tingkat SLTA.

C. Tata Cara Mendaftar, Alur, dan Tes Beasiswa

Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan secara offline (langsung) di kampus Universitas Mercu Buana dengan menyerahkan berkas-berkas yang disyaratkan. Setelah berkas diterima dan dinyatakan lengkap, peserta dapat mengikuti tes offline (langsung) di kampus Univ. Mercu Buana sesuai jadwal.

Selain itu, pendaftaran beasiswa juga dapat dilakukan secara online di pendaftaran.mercubuana.ac.id

Alur Pendaftaran Beasiswa Online :
  1. Buka alamat pendaftaran.mercubuana.ac.id
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengisi form secara lengkap
  3. Buka email anda, lihat email dari panitia tentang cara mendapatkan token
  4. Melakukan pembayaran di BNI lalu kirimkan bukti bayar tersebut melalui email
  5. Cek email, anda mendapatka nomor token
  6. Buka alamat join.mercubuana.ac.id untuk registrasi dengan memasukkan nomor token
  7. Cek kembali email anda, ada emial verifikasi dari panitia
  8. Klik link pada email verifikasi, anda akan diarahkan ke halaman baru untuk login
  9. Silahkan login dengan email dan password
  10. Setelah login, pilih button online test
  11. Selamat mengikuti tes online

Secara umum, tata cara untuk mendaftar Beasiswa di Universitas Mercu Buana, yaitu :
  1. Mengisi formulir Beasiswa online di http://pendaftaran.mercubuana.ac.id/form-beasiswa/ atau mengisi formulir beasiswa offline di kampus Univ. Mercu Buana
  2. Mengirimkan fotokopi raport Semester 1-5 (Unggulan) atau Sertifikat Non-Akademik (PBM)
  3. Membayar Biaya pendaftaran 
  4. Mengikuti Test Beasiswa sesuai dengan tanggal yang ditentukan oleh Direktorat Pemasaran Universitas Mercu Buana Jakarta

D. Prosedur Pendaftaran

Langsung datang dengan membawa bukti-bukti Asli dan fotocopy (SKHUN, Raport, Sertifikat dan lain-lain) atau dikirim via pos ke Universitas Mercu Buana.

E. Aturan Tambahan
  1. Penerima beasiswa harus menyelesaikan kuliah dalam kurun 4 tahun akademik
  2. Mahasiswa yang mendapatkan nilai IPK di bawah 3,00 pada semester berjalan, maka tidak mendapat beasiswa pada sementer berikutnya.
  3. Nominasi ini akan gugur dengan sendirinya apabila siswa tidak lulus UAN pada saat mendaftar beasiswa
  4. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa lain.

Sumber : http://pendaftaran.mercubuana.ac.id/category/beasiswa/


Itulah informasi mengenai Beasiswa Kuliah Universitas Mercu Buana. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang berharap mendapatkan beasiswa ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kamu bisa memperoleh beasiswa yang kamu inginkan.